Tips Menyusui Saat Hamil Yang Efektif

Ketika seorang ibu sedang mengandung dan harus tetap menyusui, bumil atau ibu hamil memerlukan pengetahuan yang cukup untuk menjaga janin dan kesehatan dirinya. Banyak mitos yang berkembang bahwa menyusui saat kehamilan bisa menyebabkan ibu hamil keguguran, namun benarkah demikian? Mitos tersebut tidak selamanya benar. Ibu hamil tetap bisa menyusui anaknya yang telah lahir, dengan mengetahui langkah yang tepat.

Tips Ibu Hamil dan Menyusui

Tips Ibu Hamil dan Menyusui kali ini akan membantu bumil saat harus menyusui. Tak sedikit masalah yang timbul saat wanita sedang mengandung buah hatinya sekaligus menyusui anaknya yang telah lahir dan membutuhkan ASI. Ibu hamil yang sedang menyusui umumnya memang memiliki hormon progesterone yang sedang meningkat. Hal itu lah yang menjadi pengaruh dalam produksi ASI, sehingga menyebabkan volumenya menjadi berkurang. Selain itu, rasa ASI yang diproduksi saat kehamilan juga kerap berkurang rasanya, atau kurang enak. Berikut ini beberapa tips ringan bagi ibu hamil saat tetap menyusui: Baca Juga : Ini Dia Tips Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Cukupi asupan makanan bernutrisi
Ibu hamil sebenarnya tetap bisa menyusui, asalkan tetap melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan makan makanan bergizi yang baik untuk janin maupun buah hati yang diberi ASI. Banyak makan berserat akan lebih baik bagi ibu hamil, untuk menghindari pencernaan yang terganggu sehingga mempengaruhi BAB atau menimbulkan sembelit. Selain itu, makanan berkalori juga diperlukan bagi nutrisi buah hati dalam kandungan.

Cukupi kebutuhan air minum
Ibu hamil tetap harus menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi, apalagi ketika sedang menyusui. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa mengganggu tubuh sehingga dapat mengakibatkan bumil cepat lelah. Oleh karena itu, minum air yang cukup sebagai tips ibu hamil dan menyusui yang efektif menjaga tubuh dari gangguan akibat dehidrasi.

Istirahat yang cukup
Sekedar berbaring juga perlu dilakukan oleh bumil dalam menjaga tubuhnya agar tetap fit. Ibu hamil apalagi yang sedang menyusui harus bisa meluangkan waktu setiap harinya untuk beristirahat dengan cukup, seperti tidur dalam waktu yang dirasa cukup. Bila anak sedang rewel, usahakan untuk tidak sering-sering menggendongnya. Lebih baik minta suami atau kerabat untuk menggendongnya, karena bumil bisa cepat lelah. Baca Juga : Tips Perawatan Kulit Wajah Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Cerah

Tetap waspada
Tetaplah waspada terutama bila terjadi gejala kontraksi dini berupa nyeri panggul, tekanan di atas panggul, kram, hingga keluar lendir, darah bahkan air ketuban. Bila terjadi masalah yang membahayakan, sebaiknya pemberian ASI memang perlu dihentikan. Namun anak yang telah lahir (yang sedang diberikan ASI) juga tetap diperhatikan nutrisinya dengan memberikan makanan-makanan sehat sebagai asupan gizi yang cukup bagi pertumbuhannya.


Periksa ke dokter
Rutin pergi ke dokter memang menjadi kebutuhan yang perlu bumil lakukan secara rutin. Periksakan diri dan kandungan Anda ke dokter untuk mengetahui kondisi janin dan ibu hamil. Hal ini akan menjaga ibu maupun bayi yang dikandungnya agar tetap sehat dan terhindar dari masalah serius, serta mengkonsultasikan apa saja yang bisa dilakukan dan hal apa saja yang perlu dihindari.
Itu tadi beberapa tips bagi wanita yang sedang hamil sekaligus menyusui. Bila memang sudah tidak perlu dan buah hati ingin berhenti, ibu hamil sebaiknya menghentikan pemberian ASI karena rasanya memang tidak enak saat ibu sedang hamil. Bagi bumil, tetap jaga kesehatan dan perhatikan asupan makanan. Semoga tips ibu hamil dan menyusui kali ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: