5 Tips Agar Anak Mau Makan

5 Tips Agar Anak Mau Makan

Tips agar anak mau makan – Anak susah makan adalah hal yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan para orang tua. Beberapa cara sudah ditempuh, namun kerap kali masih sulit untuk mengatasi anak susah makan. Anak dalam pertumbuhannya membutuhkan asupan gizi yang cukup, namun kerap kali kurang. Masa-masa anak adalah masa-masa dimana rasa ingin tahunya sedang berkembang dan mereka lebih senang bermain. Sehingga anak kerap kehilangan nafsu makannya yang disebabkan karena beberapa hal.

Tips paling Ampuh Agar Anak Mau Makan



Tips agar anak mau makan yang bisa ibu perhatikan:


Penyebab anak susah makan bisa jadi karena didasari faktor fisik atau faktor psikologis. Namun penyebab anak sulit makan dan tips agar anak mau makan pada umumnya sama pada si kecil kebanyakan, karena masalah yang dihadapi dan juga dikeluhkan oleh para orang tua rata-rata hampir sama.

Orang tua kehabisan akal untuk mengatasi anak susah makan sebagai tips agar anak mau makan? Di bawah ini ada 10 tips agar anak mau makan yang bisa ayah dan bunda terapkan pada si kecil.

1. Jangan sajikan makanan ringan atau snack jika si kecil belum makan nasi atau makan besar. Pemberian snack seperti camilan, coklat atau makanan ringan lainnya sebelum anak makan nasi akan dapat membuatnya susah makan. Karena, ia sudah merasa kenyang duluan sebelum sampai waktunya makan nasi tiba. Oleh karena itu, sebagai tips agar anak mau makan, cukup berikan anak makan besar berupa nasi dan lauk pauknya tanpa didahului memakan camilan.

2. Begitu pula dengan pemberian susu. Baiknya susu diberikan setelah jam makan. Sama halnya dengan snack yang diberikan sebelum makan besar, maka tips agar anak mau makan selanjutnya adalah mengusahakan untuk tidak memberikannya susu terlebih dahulu. Sama dengan poin di atas, jika sudah minum susu sebelum makan maka anak sudah merasa kenyang dan enggan makan nasi.

3. Libatkan anak dalam makan bersama keluarga sebagai tips agar anak mau makan setiap harinya. Karena anak adalah peniru, maka dengan makan bersama keluarga ia akan melihat dan mencoba meniru orang dewasa yang makan dengan baik. Nah, bunda juga perlu mengusahakan agar sekeluarga makan sayur dan makan makanan sehat lainnya. Makan bersama keluarga juga sekaligus menerapkan jadwal makan yang tepat agar anak bisa mengenal waktunya untuk makan. Penerapan jadwal makan ini juga untuk mengatasi anak susah makan yang sering dikeluhkan.

4. Selanjutnya untuk tips agar anak mau makan, adalah dengan menerapkan hal-hal yang menarik di jam makan anak. Karena anak sangat suka pada sesuatu yang menarik, baik dari penampilan maupun rasanya. Bunda bisa menyiapkan peralatan makan seperti piring, gelas dan sendok yang berwarna-warni atau bergambar lucu. Resep makanan yang bervariasi setiap harinya juga akan meningkatkan nafsu makan anak. Jadi para ibu, sebaiknya jangan sediakan makanan itu-itu saja setiap hari. Baca juga : Makanan sehat untuk anak

5. Berikan makanan dengan porsi yang kecil untuk si kecil. Berikan ia pujian jika ia bisa menghabiskannya. Sebaliknya, jangan paksa anak atau mengancamnya jika ia tidak menghabiskan makanannya. Sebagai tips agar anak mau makan, menerapkan kondisi makan yang nyaman adalah bagian dari meningkatkan nafsu makan anak. Oleh karena itu tidak perlu memaksanya atau memberikan kesan buruk saat makan.

Demikian kelima tips agar anak mau makan. Semoga bermanfaat bagi ayah buna yang memiliki buah hati yang sulit atau enggan makan. 

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top