4 Bahaya Makan Terlalu Kenyang

4 Bahaya Makan Terlalu Kenyang

loading...
Bahaya Makan Terlalu Kenyang - Dalam sebuah jamuan, tentu kita akan disuguhkan dengan berbagai macam makanan menggiurkan dan menggugah selera. Biasanya kita akan tergoda untuk menyantapnya hingga perut kenyang. Ternyata makan sampai kenyang bisa menimbulkan dampak buruk yang serius bagi kesehatan. Apalagi jika menjadi sebuah kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi adalah jenis junk-and-fast food, ini jelas merugikan tubuh.

Dibawah ini kami sampaikan apa saja bahaya makan terlalu kenyang. Tips terbaik untuk menghindari makan banyak sampai kekenyangan adalah mengkonsumsi makanan rendah kalori dan kaya akan nutrisi seperti sayuran, nasi merah, singkong, ikan salmon dan tuna, serta beragam sayuran rebus. Jika dirasa masih belum cukup kenyang, mengemil kacang-kacangan seperti almond panggang dan jenis buah berry akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini 4 Bahaya Makan Terlalu Kenyang :

Kegemukan dan Rusaknya Pola Diet Sehat
Studi "Obesity" yang diadakan tahun 2001 silam mengungkapkan bahwa bahaya makan terlalu kenyang akan menimbulkan penumpukan karbohidrat yang tidak sanggup dibakar tubuh dan menyebabkan kegemukan secara signifikan, terlebih jika tidak berolahraga secara rutin. Dan kegemukan ini sangat identik dengan kemalasan seseorang dalam bergerak apalagi berolahraga.

Penekanan Kerangka Tubuh
Tidak akan menjadi masalah jika hanya meningkatkan porsi makanan yang mengandung semua jenis bahan makanan alami yang termasuk dalam menu makanan diet sehat. Sebab sistem pencernaan akan lebih mudah mengontrol penyerapan nutrisi meski porsi makanan sehat ditambah. Namun tidak bagi makanan yang tidak mengandung nutrisi atau hanya sedikit didalamnya, seperti junk food dan fast food. Makanan tidak sehat ini akan mengganggu kinerja optimal sistem pencernaan dan akan mengakibatkan produksi gas lambung berlebih, sehingga energi yang dihasilnya hanya sedikit dari yang dibutuhkan tubuh.

Selain bahaya makan terlalu kenyang diatas, penumpukan lemak dan gula buatan ini akan menyebabkan pertambahan berat badan yang tidak dapat dikontrol sehingga menyebabkan penekanan pada tulang dan persendian. Bagian tulang yang paling terasa menahan beban pertambahan berat badan ini adalah bagian tulang punggung dan area pinggang.

Rasa Percaya Diri Menurun
Terutama wanita, kegemukan adalah masalah serius yang wajib untuk dihindari. Bertambah 1 kilo saja sudah buat kepala pusing, apalagi beberapa kilo dan tidak bisa dikontrol. Bahaya makan terlalu kenyang ini bisa berupa depresi, penurunan rasa percaya diri, kecemasan, serta obsesi pada makanan dan kalori. Jika gangguan mental ini berlanjut terus-menerus, bahkan berat badan akan terus naik tanpa disadari.

Banyak Penyakit Yang Timbul
Bahaya makan terlalu kenyang terakhir adalah munculnya banyak penyakit. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan memicu obesitas, resiko terkena serangan jantung, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, penyakit kandung kemih, kolesterol tinggi dan sleep apnea. Penyakit kardiovaskular juga bisa timbul karenanya.

Nah, dari ulasan 4 bahaya makan terlalu kenyang diatas, masihkan Anda mengkonsumsi junk food dan fast food secara tak terkontrol? Ganti pola makan Anda dengan pola makan diet sehat, dan menyeimbangkannya dengan pola olahraga yang rutin serta teratur. Hindari makanan yang digoreng dan perbanyak makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus dan dipanggang. Selamat menjalani hidup sehat!

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top