Menu Makanan Sehat Dan Bergizi Bagi Bayi 1 Tahun

Menu Makanan Sehat Dan Bergizi Bagi Bayi 1 Tahun

loading...
Menu Makanan Bayi - Kini, makanan nutrisi bagi bayi yang  berumur 1 tahun sudah bervariasi. Sehingga  memudahkan Anda, khususnya para bunda memberikan cemilan padat dan bergizi pada si buah hati. Pada usia 1 tahun, bayi sudah bisa berganti dari mengonsumsi ASI beralih ke susu sapi segar yang kaya akan nutrisi bagi perkembangan buah hati Anda. Namun, perlu berhati-hati agar tidak memberikan susu rendah lemak karena usia ini, bayi sangat memerlukan penambahan lemak bagi pertumbuhan otaknya. Jika Anda ingin memberikannya, tunggulah saat bayi memasuki umur dua tahun dengan saran dari ahli gizi.

Makanan untuk bayi 1 tahun


Bayi yang sudah berumur 1 tahun akan mengalami pola perubahan makan. Sehingga memudahkan ia tumbuh berkembang pesat mencapai tiga kali lipat berat bedan pada sejak lahir.Namun, jika terlalu banyak aktivitas kemungkinan besar berat badan akan melambat disertai dengan selera makan yang kian berubah. 

Perlu diketahui oleh bunda, saat anak mulai tidak menyukai makanan tertentu yang awalnya menyukai. Bila terjadi pada bayi Anda, itu menandakan perubahan pola makan yang terjadi secara signifikan. Namun jangan khawatir, hal ini normal terjadi pada bayi yang berumur 1 tahun. Anda pun juga tak perlu bingung, bila sang buah hati tidak selera makan karena kami akan sajikan resep menu makanan yang bisa Anda coba di rumah. 

Menu Resep Makanan Pada Bayi 1 Tahun


1. Seafood 
Bila anak Anda menyukai seafood, makanan laut. Anda bisa mencampurkan ikan salmon dengan 2 sendok makan keju. Lalu aduk rata dan tambahkan kentang rebus yang sudah dilumatkan sebagai pengganti nasi. 

2. Semangka 
Buah satu ini kaya akan vitamin. Anda juga bisa mencampurkan dua mangkok semangka yang sudah dihancurkan dan diambil bijinya. Kemudian tambahkan satu mangkok buah strowberi dan ¼ cangkir yogurt dengan varian rasa vanilla. Setelah itu masukan kulkas dan tunggu sekitar 5 menit. Minuman sehat siap dihidangkan. 

3. Pisang 
Buah Pisang sangatlah disukai oleh bayi. Apalagi pisang ini cocok bagi nutrisi buah hati Anda. Anda bisa menjadikan menu makanan untuk bayi caranya, Potonglah pisang sekitar 2 cm, lalu tambahkan susu coklat kental manis. Aduk rata dan hidangan siap disajikan.

4. Kacang- Kacangan
Sediakan kacang-kacangan  yang sudah direbus, lalu tumbuk hingga lumat. Setelah itu Anda bisa menambahkan yogurt sesuai selera bayi Anda.

5. Penekuk
Anda bisa menggunaka adonan  penekuk sebagai bahan makanan secara instan. Setelah matang, tambahkan yogurt dan buah diatasnya.

Menu makanan bagi bayi 1 tahun sangatlah banyak. Namun perlu diketahui pula untuk memberikan waktu yang sesuai. Pada umunya, waktu yang disarankan sebanyak tiga kali makanan utama dan 2-3 kali makanan selingan. Makanan selingan biasa disebut cemilan, atau makanan ringan seperti biscuit, dll. Selalu berikan porsi yang kecil karena kapasitas perut sang bayi masih sedikit, dan belum bisa memakan dalam porsi yang besar dalam satu kali makan.

Makanan untuk bayi 1 tahun


Jika menu makanan yang kami sajikan, belum tersedia bahannya. Tak perlu khawatir makanan bayi yang sudah berumur 1 tahun juga sudah bisa disamakan dengan makanan bagi orang dewasa. Namun perlu diperhatikan makanan tersebut tidak boleh mengandung garam. Selain itu, hindari makanan yang siap saji karena mengandung banyak garam di dalamnya. Hal ini akan membahayakan kinerja perkembangan otak anak.

Jangan lupa, selalu berikan peluang agar anak Anda bisa makan sendiri. Biasanya anak mulai tertarik untuk makan sendiri saat umur 1 tahun. Oleh karena itu, berilah kesempatan baginya untuk melatih jari-jarinya menyuapkan makanannya ke dalam mulutnya. Hal ini akan melatih sistem koordinasi motorik pada otaknya. 
Nah inilah menu makanan yang bisa Anda hidangkan untuk sang buah hati. Selamat mencoba. 


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top