Manfaat Kulit Nanas Untuk Shampo Anti Ketombe

Manfaat Kulit Nanas Untuk Shampo Anti Ketombe


Manfaat Kulit Nanas – Nanas atau Ananas Comosus adalah buah tropis yang banyak mengandung air, kaya akan kalium, kalsium, Iodium, Sulfur dan Khlor. Juga banyak mengandung Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta enzim Bromelin. Selain daging buah nanas, kulit buah nanas juga bermanfaat. Manfaat Kulit Nanas menurut penelitian kulit nanas dapat menyehatkan Rambut dan dapat dibuat menjadi shampo. Kulit nanas Mengandung bromelin yang mampu menstabilkan pembuluh darah dan saraf manusia, kulit nanas juga mengandung Niasi atau Vitamin B3 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Selain itu untuk melengkapi manfaat kulit nanas juga mengandung karbohidrat, protein, gula reduksi, Air dan Serat kasar. Selain untuk rambut, kulit dan daging buah nanas dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, dengan dioleskan pada bagian kepala yang bermasalah. Kandungan Niasin Dan Bromelin Pada Kulit Nanas mempunyai manfaat dapat mningkatkan sirkulasi darah pada kulit, dapat memproduksi minyak alami rambut, memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan rambut. [ Baca juga : Manfaat Kulit Pisang Bagi Tubuh ]

Shampo Kulit Nanas Anti Ketombe

Manfaat Kulit Nanas Untuk Rambut


Kulit nanas mengandung banyak nutrisi untuk rambut, manfaat kulit nanas dapat digunakan untuk membuat shampo, berikut cara membuat shampo dari kulit nanas.

Bahan :

  1. 200cc air perasan kulit nanas dan 100 cc air perasan jeruk nipis
  2. 100 cc santan kelapa dan 50 cc air panas

Cara membuat :

  1. Untuk mendapatkan air perasan kulit nanas, bersikan kulit buah nanas (secukupnya) dari segala kotoran sampai bersih, lalu potong tidak beraturan dan haluskan dengan menggunakan blender. Saring untuk menghasilkan sari pati dari kulit nanas lebih halus, dan gunakan kain untuk menyaring sari pati yang lebih halus, lakukan hal ini sampai takaran yang dibutuhkan.
  2. Panaskan 50 cc air hingga panasnya mencapai 85 derajat celcius, masukan air kedalam wadah (baskom/ Mangkuk). Kemudian secara perlahan masukan sari pati kulit nanas sambil diaduk beraturan.
  3. Peraslah jeruk nifis dengan alat pemeras, setelah mendapatkan airnya, peras menggunakan penyaring, setelah itu saring lagi dengan menggunakan kain penyaring agar mendapatkan air yang benar – benar bersih dari ampas jeruk, lakukan hal ini sampai takaran yang telah ditentukan.
  4. Lalu masukan air jeruk nipis ke wadah yang berisikan air panas dan sari pati nanas tadi. Aduk beraturan dan perlahan.
  5. Kemudian gunakan 1 kelapa yang tidak terlalu tua, belah dan ambil dagingnya, harus bersih dari kulit kelapa yang di gunakan hanya daging buahnnya saja yang berwarna putih, lalu haluskan dengan menggunakan parutan, masukan air 100cc kedalam wadah dan masukan kelapa yang telah dihaluskan, dan saring menggunakan penyaring. Setelah menggunakan penyaring untuk mendapatkan sari pati yang optimal gunakan pula kain pemeras, sehingga hasil yang di dapatkan benar halus. Teruskan hingga jumlah takaran yang di butuhkan.
  6. Setelah itu, masukan santan ke dalam wadah yang berisikan campuran air kulit nanas, air hangat dan perasan air jeruk. Tuangkan perlahan dan aduk berarah.
  7. Gunakan bekas botol sampo yang sudah di bersihkan dan dikeringkan sebelumnnta, lalu masukan larutan kedalam botol dan tutup secepatnya.
  8. Gunakan shampo 3 sampai 4 kali dalam seminggu.
Shampo Kulit Nanas Anti Ketombe


Manfaat  Kulit Nanas Untuk Rambut
Kulit nanas dalam bentuk shampo ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, menghilangkan sakit kepala, mencegah kerontokan rambut, menstabilkan minyak rambut, menjaga kelembaban kulit kepala dan menyehatkan rambut. Terima kasih kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top