Manfaat Kunyit Obat Alami Kesehatan

Manfaat Kunyit Obat Alami Kesehatan


Manfaat Kunyit – kunyit atau Curcuma domestica Val adalah tanaman rempah yang barasal dari asia tenggara. Kunyit termasuk tanaman yang mempunyai banyak kegunaan, secara umum manfaat kunyit digunakan sebagai pelengkap, perwarna dan pengawet alami dalam makanan. Kunyit juga dapat di gunakan sebagai obat alternatif beberapa penyakit seperti pada sendi, tekanan darah dan pencernaan.
Manfaat kunyit didapatkan dari unsur kandungan alami di dalamnya, kunyit memiliki kandungan senyawa kimia kurkuminoid yang terdiri atas kurkumin, desmotoksikumin 10% dan bisdesmetoksi kurkumin 1-5%, kurkumin adalah senyawa aktif yang dapat digunakan sebagai anti tumor, dalam obat medis kandungan kurkumin relatif mahal.

Kunyit juga mengandung zat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton Serquiterpen, Turmeron, Turmeon 60%, Zingi Beren 25%, Felandren, Salanen, Borneol dan Sineil. Didalam kunyit juga mengandung Lemak, Karbohidrat, Protein, Pati, Vitamin C dan beberapa jenis Mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Manfaat Kunyit untuk kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


Kunyit dapat diolah menjadi obat tradisional, diantaranya :
Manfaat Kunyit Sebagai Obat Diare
Cara membuat ramuan obat diare dari kunyit. Caranya bersihkan dan iris kunyit berukuran sedang, lalu rebus dengan air secukupnya, campur satu sendok air kapur sirih, aduk campuran tersebut sampai rata. Setelah mendidih, saring ampas kunyit dan dingingkan airnya. Minum 3 x sehari sampai sembuh. [ Baca juga : Manfaat Kulit Kayu Manis Untuk Kecantikan ]
Manfaat Kunyit Mengobati borok
Gunakan kunyit yang berukuran sebesar ibu jari, bersihkan lalu diparut, tambahkan satu sendok teh air apur sirih dan perasan air jeruk nipis 1 buah, aduk hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada tubuh yang terkena borok.
Cacar air
Kunyit dapat mengobati cacar air. Cara membuat ramuannya dengan mengambil 1 potong kunyit dan bersihkan, lalu blender bersamaan dengan segenggam daun asam yang telah di cuci bersih. Blender hingga halus seperti bubur. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terkena cacar air.
Kunyit untuk keputihan
Gunakan 159 g kunyit tua, 150ml air asam dan gula jawa secukupnya. Parut kunyit, setelah di parut tambahkan air asam jawa dan gula jawa, didihkan hingga gula jawa larut, setelah mendidih, diamkan sejenak, lalu peras dengan kain dan minum ramuan tersebut setiap hari secara rutin, minimal 1 kali sehari.
Merangsang Asi
Untuk merangsang pengeluaran ASI saat menyusui dapat menggunakan bubuk kunyit yang di sapukan pada payudaranya.
Untuk pengobatan dalam
Gunakan satu sendok teh kunyit bubuk, bisa ditambahkan susu, madu ataupun gula jawa. Tambahkan air hangat, aduk dan minum secara teratur.

Manfaat Kunyit untuk kecantikan


Manfaat kunyit Bagi Kesehatan
• Kunyit dapat membatu menyembuhkan luka.
• Mengurangi terkena kanker.
• Memperlambat proses penuaan.
• Mendetoksifikikasi racun berbahaya.
• Dengan mengelolah kunyit untuk pengobatan dalam kunyit dapat menyebuhkan rheumatoid.
• Dapat menurunkan berat badan.
• Menyembuhkan memar.
• Dan menyehatkan organ dalam tubuh.
Namun kunyit juga mempunyai kekurangan, yaitu zat didalam kunyit sukar di serap oleh tubuh dan bagi wanita hamil harus mengurangi konsumsi kunyit karena dapat menimbulkan ransangan pada rahim. Kunyit juga bisa di konsumsi dalam bentuk jamu untuk menyembuhkan penyakit dalam. Selain itu kunyit juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dengan diolah menjadi masker wajah.
Kunyit untuk Cantikan Wajah
Cara membuatnya dengan tambahan tomat, campurkan satu sendok bubuk kunyit dengan satu buah tomat yang sudah dihaluskan sebelumnya. Oleskan pada wajah sebagai masket selama 20 menit. Masker kunyit akan membuat wajah anda menjadi cerah, mampu mengankat sel – sel kulit mati pada kulit dan dengan tambahan tomat akan memberikan nutrisi lebih untuk kulit. Terima kasih atas kunjunganya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top