Cara Perawatan Bekas luka Yang Efektif di Rumah

Cara Perawatan Bekas luka Yang Efektif di Rumah

Cara perawatan bekas luka yang efektif di rumah - Cara merawat bekas luka yang menonjol secara efektif selalu menjadi perhatian banyak orang. Jika Anda tidak ingin menggunakan intervensi intensif dan mahal seperti operasi atau suntikan steroid, Anda dapat mengobati bekas luka ini di rumah dengan saran-saran berikut.
Cara Perawatan Bekas luka Yang Efektif di Rumah
Cara perawatan bekas luka yang efektif di rumah
Oleskan tabir surya ke bekas luka

Bekas luka biasanya lebih sensitif daripada area kulit lainnya. Ini membuat bekas luka rentan terbakar sinar matahari dan hiperpigmentasi saat terkena sinar ultraviolet dari matahari. Penting untuk mengaplikasikan tabir surya ke bekas luka saat Anda berada di luar ruangan atau terpapar matahari untuk jangka waktu yang lama.
Anda harus menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi 30 atau lebih dan menerapkan setidaknya 20-30 menit sebelum keluar.
Sinar ultraviolet sangat merusak kulit, bahkan ketika itu cerah atau tidak. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan tabir surya tanpa memperhatikan cuaca.

Gunakan minyak jarak untuk memecah bekas luka dan mendetoksifikasi kulit
Minyak jarak memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam kulit dan secara bertahap mengganggu bekas luka. Dalam sel-sel kulit yang sehat, minyak jarak juga membantu meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan racun.
Untuk perawatan bekas luka yang menonjol, rendam kain bersih dalam minyak jarak dan tutupi bekas luka selama 1-2 jam sehari. Selain itu, Anda juga bisa memijat minyak langsung ke bekas luka yang menonjol setiap hari.
Anda harus menggunakan minyak segera setelah luka telah menyembuhkan kulit. Ini akan membantu proses pemulihan lebih baik.

Letakan kantong teh hijau pada bekas luka
Para peneliti mengklaim bahwa teh hijau memiliki potensi menyebabkan bekas luka karena sifat antioksidannya. Dengan cara ini, Anda merendam kantong teh hijau organik dalam air hangat. Kemudian oleskan penutup kantong teh langsung pada bekas luka selama 10-15 menit. Anda melakukan ini sekitar 3-4 kali sehari.

Gunakan jus lemon untuk meringankan bekas luka
Anda menggunakan jus lemon untuk bekas luka yang gelap untuk membuatnya lebih cerah. Vitamin C alami yang ditemukan dalam lemon sangat penting dalam proses penyembuhan luka yang normal. Gunakan kapas yang direndam dalam jus lemon lalu oleskan langsung ke bekas luka. Biarkan kulit mengering dan bilas dengan air hangat. Dilakukan secara teratur satu kali sehari.
Berhati-hatilah untuk menghindari bekas luka setelah jus lemon terkena sinar matahari karena jus lemon membuat kulit tipis dan mudah menangkap sinar matahari.
Jika Anda ingin menggunakan metode lain secara bersamaan saat menggunakan jus lemon untuk mengobati bekas luka, Anda harus membersihkan jus lemon dan menunggu dua hingga tiga jam sebelum melakukan metode lain.

Sebaiknya anda baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Bertahun-tahun

Sekian yang dapat kami sampaikan semoga tips tentang Cara perawatan bekas luka yang efektif di rumah, bisa bermanfaat untuk kita semua.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top