Tips Perawatan Kulit Kering dan Kusam

Tips Perawatan Kulit Kering dan Kusam

Tips Perawatan Kulit Kering dan Kusam Jika diantara anda ada yang mempunyai masalah dengan kulit yang kusam dan kering, jangan khawatir. Kami akan membantu anda dengan memberikan tips-tips merawat kulit kusam dan kering. Sebaiknya sejenak anda luangkan waktu untuk menyimak dan memahami penjelasan pada artikel di bawah ini.

Tips Perawatan Kulit Kering dan Kusam
Tips Perawatan Kulit Kering dan Kusam
 Mungkin kebanyakan orang ada yang beranggapan kulit kusam dan kering akan mengganggu penampilan seseorang. Selain itu mungkin juga ada yang merasa minder untuk bergaul dengan teman-teman sebayanya. Bila penyakit minder telah melandanya, maka biasanya ia akan mengurung diri dirumah dan tidak akan bersedia untuk bergaul dengan masyarakat luas.

Definisi dan penyebab kulit kusam dan kering
Kulit kusam dan kering biasanya dapat terjadi karena berkurangnya kadar minyak pada kulit (minyak sebum). Hal ini akan mengakibatkan kulit cepat kering dan kusamg.

Definisi dan kegunaan Minyak Sebum
 Minyak sebum adalah  suatu kelenjar minyak alami yang dihasilkan dari kulit tubuh seseorang. Minyak sebum ini memiliki kegunaan untuk membantu memberikan kelembaban pada kulit tubuh.

Jika anda termasuk orang yang memiliki kelenjar minyak sebum yang berkurang, jangan khawatir dan putus asa terlebih dahulu. Percayalah setiap penyakit pasti ada obatnya kecuali kematian. Dibawah ini kami akan memaparkan tips perawatan kulit kering dan kusam anda yang kusam dan kering.

Tips Perawatan Kulit Kering dan Kusam :

1. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Salah satu penyebab dari kulit kusam dan kering adalah penumpukan sel kulit mati yang diakibatkan dari kurangnya kelenjar minyak dan keringat untuk mendorong sel kulit mati tersebut keluar dari kulit. Untuk mengeluarkan sel kulit mati tersebut, anda cukup olahraga dengan teratur. Dengan olahraga yang teratur, anda akan mendapatkan keringat, dan keringat tersebut akan membantu anda mengeluarkan sel kulit mati tersebut dari kulit anda.

2. Bersihkan Tubuh Secara Teratur ( Mandi )

Sering-seringlah mandi agar anda terbebas dari berbagai penyakit. Salah satu penyebab kulit kusam dan kering yaitu jarang mandi. Mandilah setiap hari secara teratur, setidaknya 2 kali sehari dengan menggunakan sabun mandi anti bakteri agar kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh anda akan segera rontok.

3. Pola Makan Anda Harus dijaga

Nutrisi yang terkandung dalam makanan juga sangat mempengaruhi kulit anda kusam dan kering. Dalam mermilih makanan, sebaiknya anda tidak hanya memilih makanan dilihat dari segi kuantitasnya akan tetapi juga dari segi kualitasnya. Hal ini akan sangat membantu perkembangan kesehatan anda terutama yang menginginkan memiliki kulit yang bersih dan bersinar (tidak kusam dan kering). Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang segar secara rutin sehingga kebutuhan nutrisi pada kulit anda dapat tercukupi dengan baik.

4. Usahakan Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh, juga dapat membuat kulit tampak segar dan bersinar. Sebaiknya anda rutin memperbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 2,5 liter air atau 8 gelas air putih/ harinya.

5. Pakai Lotion Pelembab

Dalam memakai lotion pelembab kulit, sebaiknya anda memilih lotion yang telah terdaftar dan mendapatkan sertifikat bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Hal ini sangat penting agar nantinya tidak membahayakan bagi kulit anda. Waktu yang terbaik untuk memakai lotion yaitu setelah anda selesai mandi.

6. Kontrol Pikiran ( Hindari stress )

Salah satu ciri kulit mudah terlihat kusam dan kering yaitu mempunyai kebiasaan mudah stress. Usahakan selalu rileks dan hindari dari stress berat. Apapun masalah yang sedang anda hadapi, hadapi dengan tenang. Bebaskan pikiran anda dengan hal-hal yang positif. Biasanya bila seseorang tengah stress berat lama-kelamaan kulit akan menjadi tegang, kusam dan kering.

7. Porsi Tidur yang cukup (jangan terlalu sering begadang)

Bila anda termasuk orang yang suka begadang, mulai saat ini anda sebaiknya mengurangi begadang. Begadang akan membuat jam istirahat anda akan berkurang dan akibatnya kulit anda akan cepat kusam dan kering. Istirahatlah minimal 7-8 jam dalam semalam untuk mendapatkan kulit segar dan tentunya untuk mendapatkan kesehatan badan anda.

Itulah sedikit ulasan dari kami tentang tips perawatan kulit kering dan kusam. Semoga sedikit ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan akhirnya dapat memecahkan permasalahan pada kulit kering dan kusam anda.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top