4 Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil Dan Bayinya

4 Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil Dan Bayinya

loading...

Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil – Islam memberi keringanan bagi ibu hamil untuk tidak berpuasa ketika bulan ramadhan tiba. Meski demikian banyak ibu hamil memilih menjalankan puasa denagn alasan beribadah wajib. Syarat untuk bisa menjalankan puasa bagi ibu hamil adalah ibu hamil dan kandungan yang sehat sehingga bisa terhindar dari dampak buruk seperti pingsan, mual dan muntah. Puasa bagi ibu hamil tetap memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi.
Manfaat puasa untuk ibu hamil hampir sama seperti manfaat puasa bagi orang biasa. Namun karena keterbatasan kondisi dan beban dua kali lipat yang harus dirasakan ibu hamil. Kebutuhan gizi dan vitamin bagi ibu hamil lebih tinggi dibandingkan orang biasa sehingga porsi makanan pun berbeda. ibu hamil mengkonsumsi makanan 20 persen lebih banyak dibandingkan porsi normal. Salah satu manfaat puasa untuk ibu hamil adalah mencegah obesitas baik pada ibu hamil atau pada bayi did alam kandungan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai manfaat puasa untuk ibu hamil berikut. 

manfaat puasa untuk ibu hamil muda


Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil


1. Puasa dapat mencegah penyakit degeneratif pada bayi dan ibu hamil. Penyakit degeneratif seperti jantung koroner dan diabetes. Penyakit jantung dan diabetes adalah jenis penyakit yang dinobatkan sebagai pembunuh nomor satu di Indonesia. Sedangkan Diabetes di indonesia memiliki jumlah penderita yang terus meningkat setiap tahun. Puasa bisa mengontrol gula darah agar tetap stabil dan memperlebar pembuluh darah. Menurut penelitian ilmuwan, dengan berpuasa sel sel darah dan sel sel otak yang rusak diperbaharui dengan yang baru.
2. Puasa mencegah obesitas pada ibu hamil dan janin. Makanan yang berlebihan tidak baik bagi ibu hamil karena akan menyebabkan obesitas. Bayi juga bisa tumbuh terlalu besar sehingga mempersulit proses kelahiran. Puasa membuat asupan makanan dipilih dengan seksama menggunakan bahan makanan yang kaya nutrisi dan gizi. Bukankah sudah disebutkan bahwa puasa bisa mencegah penyakit degeneratif? Obesitas inilah salah satu penyebab munculnya penyakit degeneratif.
3. Puasa memberikan waktu bagi organ organ tubuh untuk beristirahat sejenak. Yang paling mendapatkan pengaruh adalah organ pencernaan, seperti lambung, ginjal, hati dan usus. Puasa memelihara organ pencernaan dengan mengembalikan fungsinya kembali. Sel sel tubuh akan diperbaharui dan setelah puasa usai organ tubuh kembali bekerja dengan performa lebih baik.
4. Racun racun di dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan berpuasa. Ibu hamil sangat rentan dengan berbagai penyakit. Puasa bisa dimanfaatkan sebagai detoksifikasi untuk mengelurkan racun racun yang ada di dalam tubuh. Zat zat anti oksidan yang diperoleh tubuh diaktifkan untuk mengeluarkan zat zat racun dari dalam tubuh ibu hamil.
Ibu hamil yang menjalankan puasa memerlukan tips tips puasa untuk ibu hamil guna melancarkan usahanya. Setelah mengetahui manfaat puasa untuk ibu hamil tentu ibu hamil termotivasi untuk melakasanakan ibadah puasa, baik wajib maupun sunah. Manfaat puasa yang sangat besar untuk menjaga kesehatan, baik ibu hamil sendiri dan bayi yang dikandung.
Berikut ini adalah tips puasa untuk ibu hamil sehingga dapat melakukan puasa dengan lancar juga tanpa halangan berarti. Misalnya saja memperhatikan apa yang disantap saat makan sahur dapat mecegah lemas dan lesu selama puasa. Perhatikan tips tips berikut ini :

manfaat puasa untuk ibu hamil dan janin

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil


1. Sahur dengan porsi lebih banyak yaitu dua kali lipat porsi makan normal. Ibu hamil memiliki kebutuhan energi dua kali lebih banyak karena ada bayi yang dikandung. Sebaiknya makan banyak buah dan sayur saat sahur untuk mencukupi kebutuhan serat untuk tubuh serta vitamin dan mineral yang diperlukan selama berpuasa. Serat bisa memperlancar pencernaan dan meringankan sembelit yang biasa terjadi pada ibu hamil.
2. Buka dan sahur dengan makan buah dan sayur lebih banyak memberikan tenaga karena lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding dnegan makan nasi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.
3. Perbanyak minum air putih selama puasa. Kebutuhan caiaran tubuh yang normal adalah 2 liter air putih setiap hari. Banyak manfaat yang didapatkan dengan memenuhi asupan cairansalah satunya adalah menghindarkan dari dehidrasi. Ibu hamil rawan mengalami dehidrasi dan efek dari dehidrasi sangat buruk bagi janin. Misalnya saja pingsan, badan gemetar, sakit kepala, keringat dingin dan pingsan. Kondisi ini tidak baik bagi bayi yang ada di kandungan karena akan menyebabkan kekurangan oksigen sehingga janin berkonstraksi.
4. Olahraga bagi ibu hamil menjaga kesehatand an kebugaran ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Lakukan olahraga ringan seperti jalan, yoga dan meditasi. Manfaat lain dari olahraga yang disebutkan ini adalah membuat rileks sehingga terhindar dari stress. Ibu hamil juga bisa mengikuti senam hamil yang berguna untuk memudahkan proses melahirkan.
5. Cukuplah beristirahat. Jangan biarkan tubuh terlalu lelah akibat aktivitas kerja karena dampaknya tidak baik. Salah satu dampak kelelahan berlebihan adalah keluarnya flek yang bisa berakibat pada terjadinya keguguran janin. Selama menjalankan puasa tubuh akan terasa lemas dan lesu, apabila ibu hamil merasa lelah dan tidak bertenaga sebaiknya beristirahat untuk memulihkan tenaga.
Tips tips puasa untuk ibu hamil serta manfaat puasa untuk ibu hamil di atas semoga bisa memperlancar ibadah puasa anda semua.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top