5 Cara Diet Puasa Yang Benar Dengan Sejuta Manfaat

5 Cara Diet Puasa Yang Benar Dengan Sejuta Manfaat


Cara Diet Puasa – Puasa bagi orang Indonesia bukan kata asing. Sebagai negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia, puasa dilakukan saat bulan ramadhan. Keistimewaan puasa sudah banyak diteliti oleh peneliti di dunia dan banyak dikupas oleh alim ulama. Membicarakan puasa tidak bisa dilepaskan dari hubungan spiritual sekaligus kesehatan. Aktifitas menahan makan dan minum dari semenjak fajar sampai matahari terbenam ini juga menjadi jalan untuk melakukan diet.
Diet dengan melakukan puasa dianggap efektif untuk meningkatkan kesehatan sekaligus untuk menurunkan berat badan secara sehat. Makanan dan minuman selama berpuasa dipilih hanya mengkonsumsi makanan yang tinggi gizi untuk menggantikan energi yang banyak hilang selama berpuasa. Manfaat cara diet puasa diantaranya adalah menjaga kadar gula darah normal, mengobati sakit lambung dan mengganti sel sel tubuh rusak. 
Manfaat puasa bisa didapatkan dengan melakukan puasa yang benar. Cara diet puasa dapat berhasil dengan memperhatikan pilihan bahan makanan yang membantu diet tersebut. Misalnya saja makan makanan yang mengandung banyak serat, mengurangi makanan yang mengandung gula buatan dan masih banyak lagi. Cara diet puasa dengan benar bisa diperhatikan dalam penejelasan berikut ini:

Cara Diet Puasa cepat

Cara Diet Sehat



1. Jangan tinggalkan air putih. Air putih adalah sumber cairan paling mudah selama puasa. Sebaiknya perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur untuk menghindarkan tubuh mengalami dehidrasi terlalu parah selama puasa. Jika normalnya kebutuhan air putih adalah 2 liter sehari maka saat puasa sedikit sulit memenuhi jumlah air putih ini. Namun jangan khawatir.  Cara mudah memenuhi kebutuhan air putih adalah minum 2 gelas air putih sebelum makan pada waktu berbuka dan 2 gelas lagi saat makan sahur sudah cukup. Dinatara waktu antara buka dan sahur, air putih bisa diminum namun apabila perut memang sudah penuh sebaiknya minum seperlunya.
2. Kurangi minuman manis. Kebiasaan masyarakat untuk terlebih dahulu minum minuman manis sebenarnya tidak sehat. Minuman yang mengandung banyak gula cepat menaikkan gula darah namun hanya sesaat saja. Akibat dari kelebihan gula ini adalah lemas dan mengantuk. Makanan manis sebenarnya bagus untuk memulihkan tenaga namun apabila berlebihan maka efek yang ditimbulkan adalah sebaliknya. Banyak minuman manis akan menggagalkan diet yang sedang dijalani.
3. Makanan banyak serat lebih diutamakan. Makanlah buah dan sayur untuk mendapatkan serat alami. Roti gandum atau memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah bahan makanan yang cocok untuk menggantikan nasi. Roti gandum terdiri dari serat alami yang mudah dicerna dalam lambung. Selain itu, ubi jalar dan pisang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mudah dicerna tubuh seperti halnya serat. Serat juga bisa didapat dari mengkonsumsi buah buahan dan sayuran hijau. Selain itu, gula disediakan dalam bentuk alami yang berasal dari rasa manis buah buahan.
4. Makan dalam porsi wajar dengan gizi berimbang lebih bagus daripada makan dalam porsi besar karena dorongan balas dendam. Manfaatnya adalah mengurangi lemak yang masuk ke dalam tubuh. Makan dengan porsi wajar akan membuat perut lebih nyaman karena tidak terlalu kenyang.
5. Jangan minum kopi dan teh saat makan sahur untuk menghindari gas pada lambung. Selain itu kopi dan teh mempunyai sifat deuretik yang mengakibatkan lebih sering buang air kecil. Efeknya adalah cairan tubuh ayng seharusnya disimpan akan banyak terbuang.
Cara-cara diet puasa di atas harus dilakukan dengan disiplin dan niat. Selama bulan ramadhan yang berlangsung satu bulan tubuh akan dipaksa untuk menjalani detoksifikasi alami. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan secara bertahap akibatnya tubuh menjadi lebih ringan, sel sel tubuh diperbaharui dan awet muda. Manfaat diet puasa tidak berhenti sampai dini saja. 
Berbagai penelitian dilakukan untuk membedah manfaat diet puasa bagi kesehatan yang dilakukan ilmuwan baik luar ataupun dalam negeri. Islam maupun non islam. Sebagian besar sudah diketahui yaitu salah satunya adalah  meringankan kerja organ, seperti ginjal, hati dan jantung. Untuk lebih jelasnya dapat disimak sebagai berikut:

Cara Diet Puasa sehat

 Manfaat Diet Puasa



1. Puasa terbukti mengurangi depresi dengan melakukan penengan diri. Orang yang berpuasa disarankan untuk beristirahat lebih banyak untuk menyimpan energi. Selain itu, orang yang berpuasa diharuskan untuk bersikap tenang, menahan amarah dan banyak melakukan kegiatan spiritual. Efek kegiatan yang disebutkan tadi membuat membuat pikiran tenang.
2. Puasa mampu mengobati penyakit seperti magh, diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, hati dan asma secara alami. Misalnya saja pada organ hati. Hati manusia bekerja lebih keras sekarang ini karena makanan yang dikonsumsi banyak menagndung pengawet dan racun alinnya. Selama berpuasa hati bisa bekerja lebih ringan karena makanan yang masuk juga lebih sedikit dan sehat.
3. Puasa memeperbaharui sel sel tubuh dan sel sel darah. Selama melakukan puasa tubuh membakar cadangan makanan dan menggunakannya untuk menyediakan energi, mengganti sel sel tubuh rusak juga sel sel darah merah dan sel sel otak. Aktifitas pembakaran yang tinggi inilah yang membuat tubuh menjadi sehat dengan sel sel muda.
Manfaat diet puasa di atas hanyalah sebagian saja dari puluhan manfaat puasa yang sudah dibuktikan. Demikianlah bahasan cara diet puasa dengan benar dan manfaat diet puasa yang bisa dipetik. 


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top