8 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

8 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

loading...

Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa – Bau mulut wajar terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Larangan makan dan minum mulai fajar sampai tenggelamnya matahari membuat mulut kering karena produksi ludah juga berkurang. Kondisi mulut kering inilah yang menyebabkan mikro-organisme berkembang pesat. Hal inilah yang menyebabkan orang yang berpuasa mengalami bau mulut. Situasi mulut berbau ini akan diperparah apabila mempunyai masalah pada lambung dan gigi berlubang.
Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka dan makan sahur. Yang paling mudah adalah menghindari makanan yang biasanya menyebabkan bau mult, seperti bawang putih, jengkol, petai dan makanan yang berbau kuat lainnya. Bau mulut juga bisa diatasi dengan banyak minum air putih. Untuk mengetahui cara mengatasi bau mulut saat puasa, pembahasan perhatikan berikut ini.

 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa


1. Gosok gigi setelah makan sahur dan berbuka. Hal ini untuk menghindari sisa sisa makanan tertinggal pada sela sela gigi. Kotoran yang tertinggalakan menjadi makanan bakteri. Sisa makanan yang membusuk inilah yang menyebabkan bau mulut saat puasa.
2. Bersihkan gigi dengan benang gigi. Cara ini efektif untuk mengangkat sisa sisa makanan yang terjepit disela sela gigi. Selain itu, bersihkan lidah dengan sikat lidah karena banyak dari bakteri bersembunyi di permukaan lidah.
3. Kumur dengan obat kumur atau obat antiseptik. Lebih dianjurkan untuk berkumur menggunakan obat anti-septik karena lebih efektif membunuh mikro-organisme. 
4. Hindari makanan yang berbau menyengat, seperti petai, jengkol, durian, bawang putih, dan bawang merah. 
5. Perbanyak minum air putih saat berpuasa. Selain bisa mengurangi bau mulut, minum banyak air putih menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang terlalu parah. Badan bisa tetap segar dan menghindarkan dari lemas selama berpuasa.
6. Berhenti merokok. Hentikan kebiasan merokok selama menjalani puasa. Bau mulut orang yang merokok sangat khas dengan tembakau dan asap. Rokok adalag salah satu sebab bau mulut paling umum walau tanpa berpuasa sekalipun.
7. Makanlah kayu manis, cengkeh, daun kemangi atau daun mint pada saat sahur dan berbuka untuk mengurangi bau mulut selama berpuasa. Daun mint, kayu manis dan cengkeh bisa dicampurkan dalam minuman, sedangkan daun kemangi bisa langsung dikonsumsi. 
8. Yang terakhir adalah jangan tidur siang terlalu lama. Meski tidur siang sangat dianjurkan bagi orang yang berpuasa namun saat tidur kuman kuman di mulut akan berkembang biak lebih cepat sehingga memicu bau mulut yang tidak sehat. Lambung yang mengalami kenaikan asam lambung juga mengeluarkan aroma tidak sehat selama berpuasa. 
Cara - cara mengatasi bau mulut saat puasa di atas bukan hanya bisa dipraktekkan saat menjalankan ibadah puasa saja.  Kedelapan cara diatas bisa digunakan untuk mengobati bau mulut. Terlebih lagi apabila mengindap penyakit tertentu, seperti gangguan pencernaan dan amandel.  Masalah pada lambung juga bisa menyebabkan bau mulut begitupun juga dengan radang tenggorokan, sariawan dan minum alkohol.
Setelah mengetahui cara mengatasi bau mulut saat puasa, akan lebih baik juga mengetahui cara mengobati bau mulut secara alami yaitu sebagai berikut:

 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Mengobati Bau Mulut Secara Alami


1. Makan banyak sayuran dan buah bisa mengobati bau mulut. Buah dan sayur memiliki air alami bisa digunakan untuk mencegah mulut kering. Selain itu kedua jenis bahan sehat ini mempunyai kandungan vitamin C yang cukup untuk menghilangkan bau mulut. Serat dari sayur dan buah bermanfaat untuk membersihkan gigi.
2. Satu potong keju besar setiap hari bisa mengobati bau mulut secara alami. Keju memicu produksi ludah sehingga mencegah mulut kering. Selain itu keju baik untuk gigi karena melawan terbentuknya karang gigi. Belum lagi kandungan kalsium dalam keju bermanfaat untuk memperkuat gigi.
3. Minum satu cangkir teh hijau setiap pagi bisa mengobati bau mulut. Teh hijau mengandung polyphenol yang bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Teh hijau juga terkenal kaya anti oksidan yang menangkal masuknya radikal bebas, salah satunya bakteri penyebab bau mulut.
Selain ketiga cara di atas, untuk mengobati bau mulut bisa juga dilakukan dengan melakukan cara-cara mengatasi bau mulut saat puasa. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi anda.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top