7 Cara Memilih Kosmetik Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

7 Cara Memilih Kosmetik Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

loading...
Cara Memilih Kosmetik Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat – Wajah berminyak dan berjerawat cenderung memiliki masalah lebih banyak. Produksi sebum berlebih membuat kuman mudah berkembang dan menutupi pori pori. Akibatnya terjadi peradangan pada pori pori wajah yang disebut dengan jerawat. Untuk memilih kosmetik perawatan untuk wajah berminyak dan berjerawat juga mudah.

7 Cara Memilih Kosmetik Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat


Kosmetik untuk jenis kulit ini diplih dengan mempertimbangkan kandungan zat zat dalam kosmetik itu sendiri. Misal untuk wajah berjerawat maka lebih baik memilij kosmetik dengan kandungan salycid acid yang berguna untuk membunuh kuman penyebab jerawat. Karena masalah yang cukup banyak ditimbulkan oleh adanya sebum atau minyak, maka cara memilih kosmetik untuk wajah berminyak dan berjerawat adalah mengandung zat yang bisa mengurangi produksi minyak pada wajah.


Cara Memilih Kosmetik Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat



1. Pilih Pembersih dan Penyegar Yang Sesuai

Pilihlah pembersih dan penyegar wajah yang sesuai dengan jenus kulit wajah. Untuk kulit wajah berjerawat, maka pilihlah pembersih yang mengandung bahan aktif yang membunuh kuman yang mengakibatkan jerawat. Selain itu, perlu juga memilih pembersih dan penyegar yang mengurangi produksi minyak pada kulit wajah sehingga kemungkinan timbul jerawat jauh lebih kecil. Rajinlah membersihkan wajah, baik dengan air atau menggunakan pemmbersih dan penyegar ini.

2. Pilih Pelembab Ringan

Kulit berminyak juga perlu pelembab. Tetapi jenis pelembab yang digunakan otomatis berbeda dari jenis kulit lainnya. Pilih pelembab yang ringan dan terserap sempurna ke dalam wajah. Gunakan plembab saat pagi hari sesudah mandi dan lebih baik jangan diulangi lagi. Kulit berminyak mempunyai minyak yang selalu melembabkan kulit wajah. Lebih baik perbanyak mencuci wajahd negan air untuk menghindari minyak berlebih dan membuat wajah mengkilat.

Aplikasikan pelembab tipis tipis saja pada kulit wajah berminyak dan berjerawat. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari tumpukan sisa sisa make up yang akan meperparah keadaan wajah bermasalah yang satu ini.

3. Pilih Krim Jerawat Dengan Asam Salisilat

Zat yang bagus untuk membunuh kuman pada pori pori wajah adalah asam salisilat. Asam salisilat banyak ditemukan terkandung dalam produk produk anti jerawat. Fungsi asam salsilat adalah membunuh kuman sampai folikel atau akar pori pori. Sayangnya, asam salisilat hanya bisa digunakan untuk menjinakkan jerawat ringan sampai dengan sedang. Hasilnya juga tidak serta merta hilang, namun diperlukan ketekunan dan kesabaran.

4. Pilih Krim Jerawat Dengan Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat sedang dan parah. Sifatnya yang membunuh kuman kuman penyebab bakteri sampai ke akar. Sama dengan asam salisilat yang juga digunakan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Benzoil peroksida banyak digunakan untuk mengatasi jerawat namun harus sesuai dengan resep dokter. Benzoil peroksida mempunyai banyaks ekali efek samping, seperti kulit kering, ruam, dada sesak, sesak nafas, dll. Karenany sebelum menggunakan obat ini diperlukan izin dokter.

5. Pilih Foundation Cair

Bila anda masih memerlukan foundation untuk menyempurnakan riasan walau kulit wajah berminyak dan berjerawat, maka pilihlah foundation cair dari yang padat. Hal ini disebabkan karena foundation ringan lebih ringan daripada yang padat. Gunakan tipis tipis pada wajah saat meng-aplikasikan foundation sehingga kulit masih bisa bernafas. Selain itu foundation cair lebih cepat diserap oleh kulit. Ingat untuk memilih foundtion yang mempunyai bahan untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

6. Pilih Bedak Tabur

Sebaiknya kulit berminyak dan berjerawat menggunakan bedak tabur daripada bedak padat karena lebih ringan. Pilih bedak tabur yang mempunyai agen untuk menyerap minyak sehingga bisa membuat wajah menjadi lebih halus dan tidak mengkilat. Untuk pilihan terbaik maka anda bisa memilih bedak tabur bayi karena mempunyai PH seimbang dan ringan untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat. Walau tidak akan tahan lama, namun kandungan kimia lebih sedikit dibanding dengan bedak pada umumnya.

7. Pilih Facial Wash Tanpa Scrub

Gunakan facial wash yang tidak mengandung butiran scrub. Kulit wajah berjerawat khususnya lebih sensitif sehingga akan lebih baik untuk menggunakan facial wash tanpa scrub atau gunakan yang berbentuk gel. Scrub bisa menipiskan kulit dan membuatnya kemerah merahan.
Demikian cara memilih kosmetik untuk wajah berminyak dan berjerawat yang bisa diikuti. Semoga menjadi solusi bagi wajah berminyak dan berjerawat anda.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top