7 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Rambutan – Rambutan adalah buah murah yang bisa didapatkan ketika musimnya datang. Buah dengan rasa manis ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Medis dapat memanfaatkan daging buah, kulit buah, biji buah dan daun rambutan untuk mengobati bermacam jenis penyakit. Pohon rambutan juga bermanfaat untuk meneduhkan halaman rumah bila sudah besar.
Salah satu manfaat buah rambutan adalah mengatasi kencng manis secara alami. Mengobati kencing manis dapat memanfaatkan biji rambutan. Selain itu, buah rambutan bisa digunakan untuk mengobati anemia, sariawan, demam dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui manfaat buah rambutan perhatikan penjelasan di bawah ini.

Manfaat Buah Rambutan bagi kesehatan

Manfaat Buah Rambutan


Rambutan Untuk Mengobati Anemia
Rambutan ternyata banyak mengandung zat besi. Zat besi digunakan untuk menjaga kadar oksigen dalam darah, mengurangi sakit kepala dan kelelahan yang diakibatkan anemia. Cara mendapatkan zat besi ini juga mudah yaitu anda cukup makan rambutan secara biasa saja. Sebaiknya tidak berlebihan dalam konsumsi rambutan karena rambutan mengandung gula cukup banyak.
Rambutan Untuk Membantu Diabetes
Yang dimanfaatkan untuk mengobati diabetes atau kencing manis disini jelas bukan daging buah rambutan. Daging buah rambutan mengandung banyak gula yang bila dikonsumsi berlebihan akan menambah kadar gula darah. Cara memanfaatkan buah rambutan untuk obat diabetes adalah dengan mendaur ulang biji rambutan. Ambil beberapa biji rambutan lalu sangrai di atas api sedang sampai matang dan kering. Setelah didinginkan, tumbuk biji rambutan sangrai sampai halus. Anda bisa mengayak terlebih dahulu serbuk biji rambutan baru ambil satu sendok makan untuk diseduh dalam air hangat. Minum seduhan bubuk biji rambutan 2 kali sehari.
Rambutan Untuk Mengobati Diare
Konsumsi rambutan dengan cukup bisa membantu anda yang mengalami masalah diare. Senyawa dalam rambutan bisa mengurangi jumlah parasit dalam usus. Dengan demikian buah rambutan sangat berguna untuk mengatasi diare. Sebaiknya jangan konsumsi berlebihan karena akan berdampak sebaliknya.
Rambutan Sebagai Anti Oksidan
Rambutan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan rambutan mengandung cukup vitamin C. Vitamin C adalah sumber anti oksidan yang berguna dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Daging buah yang masam maupun manis bisa sama sama mengandung vitamin

Manfaat Buah Rambutan untuk diet

Rambutan Menyehatkan Ginjal
Salah satu mineral yang banyak terdapat pada buah rambutan adalah fosfor. Fosfor membantu tubuh dalam memelihara pertumbuhan sel dan menggantikannya dengan yang baru. Mineral ini juga bermanfaat untuk membantu penyaringan dalam ginjal. Ginjal anda akan berkerja lebih ringan apabila mengkonsumsi dengan cukup fosfor.
Rambutan Mengobati Demam
Buah rambutan bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam. Cara menggunakannya yaitu ambil kulit rambutan secukupnya lalu cuci bersih. Setelah itu siapkan 3 gelas air kemudian didihkan. Rebus kulit rambutan yang sudah bersih tadi dalam 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin anda bisa saring air rebusan. Minumkan air rebusan kulit rambutan 3 kali sehari pada anggota keluarga yang mengalami demam.
Rambutan Mengobati Sariawan
Kayu rambutan bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Cara menggunakan kayu rambutan untuk mengobati sariawan adalah ambil kira kira 3 batang kayu rambutan satu ruas jari. Kemudian rebus kayu rambutan tadi dalam 3 gelas air sampai kira kira 15 menit. Setelah dingin saring air rebusan tadi lalu gunakan untuk berkumur setiap hari dua kali. Lakukan sampai sariawan sembuh. Ketujuh manfaat buah rambutan di atas semoga bisa berguna untuk menambah pengetahuan. Terima kasih atas kunjungannya di blog kami perawatkulit.blogspot.com Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top