Manfaat Berjalan Kaki Dipagi Hari

Manfaat Berjalan Kaki Dipagi Hari


Manfaat jalan kaki – Jalan kaki adalah olahraga ringan yang baik dilakukan dipagi hari. Manfaat jalan kaki di pagi hari akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya manfaat paparan sinar matahari pagi yang kaya akan Vitamin D. Vitamin D dapat membantu dan mencegah mengurangi berbagai penyakit yang beasal dari pertumbuhan tulang dan organ penting lainnya.

Manfaat jalan kaki bila dilihat dari sisi kesehatan adalah salah satu kunci mengelolah berat badan. Selain itu dapat mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko stroke, penyakit kanker payudara, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Bagi orang yang tidak begitu menyukai olahraga, jalan kaki dapat menjadi alternatif olahraga ringan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan olahraga. Tubuh juga membutuhkan olahraga karena akan membantu melengkapi fungsi makanan sebagai kebutuhan metabolisme tubuh.


Manfaat Jalan Kaki di pagi hari Untuk Kesehatan


Mendapatkan Manfaat Vitamin D
Berjalan kaki di pagi hari akan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D. vitamin D ini berguna untuk pembentukan struktur tulang dan gigi. Serta menyembuhkan dan mencegah datangnya beberapa penyakit. Seperti :

Pencegahan kanker Payudara
Kanker payudara dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin D. karena setelah di teliti dengan mendapatkan asupan vitamin D yang cukup akan menghambat terjadinya pengandaan sel kanker. [ Baca juga : Lari Pagi Menyehatkan Tubuh dan Kulit ]

Vitamin D menjaga kekebalan tubuh
Vitamin D memiliki molekul aktif yaitu kalsitriol. Kalsitriol adalah pemeran utama dalam metabolisme yang befungsi sebagai penyalur kalsium kedalam tulang, fungsi otot dan immunomodulator yang dapat mencegah datangnya beberapa penyakit, kita dapat mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari, buah dan sayuran.

Baik Untuk Kulit
Vitamin D dapat mengembalikan keremajaan kulit. Selain itu dapat menyegarkan kulit dan memperbaiki jaringan sel yang rusak didalam kulit.

Mengobati osteomalacia
Osteomalacia adalah penyakit yang terdapat pada jaringan tulang. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi lunak dikarenakan proses pembentukan mineral tidak terjadi. Peran vitamin D sebagai pembentuk mineral yang diperlukan untuk tulang.

Mencegah Oesteoporosit
Penyakit tulang oesteoporosit adalah penyakit yang di sebabkan penurunan kualitas tulang, dengan berjalan kaki tentunya kualitas tulang akan terus terjaga. Tulang tidak hanya membutuhkan mineral, kalsium dan vitamin D saja, tulang juga membutuhkan gerakan menyeluruh untuk menjaga kelenturan pada tulang.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Berjalan kaki secara rutin di pagi hari dapat membakar kalori di dalam tubuh. Hal ini karena semua anggota tubuh bergerak, lebih efektif bila juga melakukan jalan cepat dan lakukan hal tersebut secara rutin setiap hari, dapat menurunkan berat dan membuat tubuh menjadi ideal.


Mencegah Serangan Jantung
Dengan berjalan kaki, akan melatih detak jantung berdetak beraturan dan tetap terjaga. Berjalan kaki di pagi hari akan memberikan asupan oksigen yang berkualitas baik.

Menurunkan Tekanan Darah
Berjalan kaki cepat akan membuat tekanan darah menjadi stabil dan mengurangi pelengketan antar sel darah. Pelengketan antar sel darah dapat menyebabkan gumpalan pembekuan darah yang akhirnya akan menyumbat pembuluh darah. Selain itu, berjalan kaki akan membantu kerja kolesterol baik untuk menyerap kolesterol jahat didalam tubuh.

Menghilangkan Stres
Saat berjalan santai stres akan berkurang. Dikarenakan otak akan melepaskan senyawa endorfin. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang yang membuat seseorang merasa senang. Kerja hormon ini 200 kali lebih besar dari morphine (zat sejenisnya). Sehingga seseorang akan lebih berenergi karena perasaan tenang, nyaman dan senang,
Berjalan – jalan bersama teman di pagi hari akan membuat kita akan lebih bersemangat untuk melakukan olahraga ringan ini. Dengan memilih lokasi yang mudah diakses dan dilakukan secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan luar maupun dalam tubuh anda. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com dan ikuti artikel trbaru selanjutnya.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top