Berbagai Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Gandum Bagi Kesehatan


Manfaat Gandum – Gandum sebagai sumber makanan pokok sudah dikenal dalam masyarakat Indonesia. Gandum baik juga digunakan dalam diet menurunkan berat badan. Selain bagus digunakan pula bagi penderita jantung koroner serta diabetes. Hal ini tidak lepas dari kandungan gandum yang kaya akan serat. Serat berfungsi menyerap air dalam perut. Demikianlah serat akan menyerap banyak air dan membuat perut kenyang lebih lama.

Gandum kaya berbagai kandungan mineral, vitamin juga nutrisi lain. Gandum memiliki kandungan karbohidrat, serat, vitamin E, vitamin B6, vitamin A, folic acid, kalsium serta zat besi. Gandum mempunyai kandungan serat sangat tinggi jika dikonsumsi dalam keadaan utuh bersama kulitnya. Manfaat gandum biasa digunakan dalam membuat roti, oatmeal, tepung tanpa meninggalkan manfaat besar gandum. Berikut adalah manfaat gandum bagi kesehatan.



Manfaat Gandum Bagi Kesehatan


Manfaat Gandum


Mencegah Diabetes
Kandungan gula dalam gandum termasuk paling sedikit diantara sumber pangan lainnya, seperti beras juga jagung. Sebab inilaj gandum sangat cocok dimakan bagi mereka penderita diabetes. Kadar gula rendah bermanfaat mengontrol gula darah penderita diabetes. Gandum bisa diolah menjadi beraneka ragam panganan nikmat. Biasanya menjadi roti gandum, kue dari tepung gandum, gorengan dari gandum serta masih banyak lagi. { Baca  : Sehat Dengan Bawang Putih }

Karbohidrat pada gandum mungkin tidak sebesar karbohidrat pada terigu maupun beras. Namun, kandungan karbohidrat gandum sudah cukup menyuplai kebutuhan energi harian. Serat gandum berfungsi menyerap air dalam perut karenanya makan gandum akan terasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes disarankan mengganti beras putih dengan gandum untuk mengambil manfaat gandum secara maksimal.

Melancarkan Pencernaan
Manfaat gandum selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Manfaat gandum ini disebabkan oleh biji gandum memiliki kandungan serat paling tinggi. Serat dapat membantu masalah pencernaan, seperti susah buang air besar. Manfaat gandum lainnya adalah kandungan prebiotik alami. prebiotik membantu menjaga kesehatan usus serta pencernaan menjadi lancar. Selain juga menekan pertumbuhan bakteri merugikan dalam usus. Prebiotik mampu menambah pertumbuhan bakteri baik dalam usus guna membantu pencernaa. Manfaat gandum bagi kesehatan juga sebagai pengikat lemak jenuh yang merugikan. Karenanya gandum sangat bagus untuk penderita kolesterol tinggi serta jantung.


Manfaat Gandum Bagi Kesehatan




Membantu Diet
Manfaat gandum juga baik membantu diet. Utamanya diet menurunkan berat badan. Manfaat gandum karena kandungan serat tinggi, protein, karbohidrat serta mineral baik bagi tubuh. Manfaat gandum bagi diet ini tidak lepas karena kandungan serat gandum. Serat gandum membuat perut kenyang lebih lama. Menyerap air dalam perut sehingga mengurangi nafsu makan. Kandungan karbohidrat dalam manfaat gandum walau tidak banyak sudah cukup mencukupi kebutuhan energi harian. Mineral serta vitamin dalam manfaat gandum membuat asupan nutrisi terjaga selama menjalankan diet.

Menjaga Kesehatan Jantung
Gandum baik digunakan bagi penderita penyakit jantung koroner serta penderita masalah kolesterol. Selain akibat kandungan serat, gula rendah serta protein, manfaat gandum bisa mengikat kolesterol darah untuk dibuang keluar tubuh. LDL atau kolesterol menyumbat pembuluh darah sehingga asupan oksigen ke oatak, paru paru sekaligus oragn organ lainnya terhambat. Manfaat gandum akan maksimal jika dikonsumsi setipa hari. Biasanya lebih mudah menyantap manfaat gandum dalam bentuk oatmeal atau roti gandum. Demikian manfaat gandum bagi kesehatan tubuh.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top