Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

loading...

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan – jambu biji merah atau Psidum Guava adalah jenis buah yang  banyak mengandung vitamin C. Jambu biji biasa di konsumsi dalam bentuk jus atau juga dapat langsung dimakan. Selain kaya akan Vitamin C, manfaat jambu biji merah untuk kesehatan dapat digunakan sebagai anti oksidan, obat diare dan penambah daya tahan tubuh.

Manfaat jambu biji merah untuk kesehatan tidak terlepas dari beberapa kandungan penting didalamnya. Seperti vitamin C dalam jambu biji mempunyai kadar lebih tinggi dari buah jeruk dan kiwi, jambu juga mengandung serat larut atau pektin. Selain itu jambu biji merah juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium. Jambu biji juga mengandung asam amino esensial seperti tryptophan.

Selain itu didalam 100g buah jambu biji merah jugan mengandung Energi 49 kal, Protein 0.9 g, Lemak 0.3 g, Karbohidrat 12.2 g, Serat 5.6 g, kalsium 14 mg, fosfor28 mg, zat besi 1.1 mg, Vitamin A 25 IU,  Vit C 87 mg,Vit B1 0.02 mg dan Air 86 g. Berikut manfaat jambu biji merah untuk kesehatan.

Manfaat Jambu Biji Merah bagi Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan


Mencegah Kanker
Vitamin C yang cukup akan mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, diantaranya kanker paru – paru, prostat, payudara, dan usus besar. Selain itu, senyawa flavonoid  yang bersifat antioksidan akan mampu menghambat produksi nitrosamin, nitrosamin adalah zat didalam tubuh yang memicu penyakit kanker. Likopen didalam buah jambu biji merah juga mampu menghambat oksidasi lemak sehingga dapat mencegah kanter.

Menyembuhkan Infeksi
Bila penderita radang tenggorokan atau flu mengonsumsi buah jambu dalam bentuk buah atau dimakan langsung, akan mempercepat penyebuhan penyakit yang di akibatkan seperti infeksi ini. Karena kandungan Vitamin C didalam buah cukup tinggi, dapan meningkatkan sestem kekebalan tubuh.

Baik Untuk Jantung
Buah jambu biji merah segar mengandung asam elagat, asam linoleat, asam korbigen dan serat yang mampu mengikat lemak. Lemak jahat yang yerikat akan menghindarkan dari terbentuknya plak. Plak adalah salah satu penyebab dari jantung koroner. Kadar kalium dalam jambu biji merah juga dapat membantu jantung berdetak lebih teratur.

Menurunkan Tekanan Darah
Serat didalam jambu biji dapat mengikat lemak sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu kadar kalium didalam jambu biji juga membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu jambu biji berukuran sedang dapat mencukupi 20 persen kebutuhan harian potasium didalam tubuh. Potasium juga berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Mengatasi diabetes
Manfaat jambu biji merah untuk kesehatan juga dapat mengatasi diabetes, karena serat pektinnya dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga  baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Menjaga Syaraf

Vitamin B3 dan B6 yang terkandung dalam jambu biji merah dapat membantu untuk merangsang otak. Agar ingatan tetap terjaga dengan baik, selain itu Vit B6 atau pyridoxine adalah zat yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan memberi nutrisi pada otak dan fungsi syarat.

Penangkal Radikal Bebas
Vitamin C pada buah ini dapat di gunakan sebagai penangkal radikal bebas dan sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Melancarkan Pencernaan
Didalam buah jambu merah, terkandung sumber serat larut sekitar 14 % dari DRA atau 5.4 g per 100 g buah, Serat larut inilah yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Juga dapat melindungi mukosa usus, mengurangi efek racun dalam makanan dan mengikat bahan kimia yang masuk ke usus besar.
Manfaat Jambu Biji Merah bagi kulit wajah


Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Kulit Wajah


Dengan banyaknya kandungan vitamin C, anti oksidan dan karoten sangan baik untuk kulit wajah, salah satu cara nya dengan menggunakan masker wajah. cara membuatnya dengan gunakan 2 – 3 jambu biji segar, ambil dagingnya saja lalu haluskan dengan blender, setelah halus campur dengan putih telur, dan gunakan sebagai masker selama 20 menit dan pemakaian rutin 2 minggu sekali akan menghilangkan sel kulit mati penyebab jerawat pada kulit anda.

Jus jambu biji dapat di adupadankan dengan jus buah lainnya. Seperti tomat dan wortel, kurangi pemakaian gula atau ganti dengan madu akan memberikan tambahan vitamin yang akan menjaga kesehatan anda. Terima kasih atas kunjungannya di blog kami perawatkulit.blogspot.com Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top