Manfaat dan cara Mengetahui Masa Subur untuk Hamil

Manfaat dan cara Mengetahui Masa Subur untuk Hamil

Manfaat dan cara Mengetahui Masa Subur untuk Hamil
Memiliki buah hati merupakan anugerah yang terindah dalam hidup kita, dan hal itu juga tentu menjadi dambaan setiap pasangan yang sudah menikah, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui masa subur wanita dan pria karena hal tersebut bisa mempermudah proses kehamilan. Biasanya pasangan yang telah menikah ada yang langsung bisa hamil, dan ada pula yang tidak langsung mendapatkan keturunan, banyak terjadi pasangan yang sudah menikah cukup lama tetapi belum juga dikarunia anak. Jika mengalami hal yang demikian, Anda harus bersabar dan tentunya terus berusaha bagaimanapun caranya. Usaha yang banyak dicoba oleh banyak pasangan agar cepat hamil yaitu dengan melakukan hubungan suami istri ketika mereka memasuki masa subur. Kali ini saya akan membahas mengenai manfaat dan cara mengetahui masa subur untuk hamil, berikut penjelasannya.

Banyak sekali manfaatnya jika kita mengetahui kapan masa subur tersebut, karena dengan demikian pasangan suami istri bisa melakukan hubungan intim. Banyak yang mengatakan dan membuktikan bahwa melakukan berhubungan intim saat sedang masa subur di percaya ampuh untuk mempercepat proses kehamilan. selama ini yang sering dilakukan adalah mencari tahu kapan masa subur wanita, dan pria tidak terlalu diperhatikan. Padahal untuk mempermudah proses pembuahan yang optimal agar terjadi kehamilan, dua-duanya baik reproduksi wanita maupun pria harus dalam kondisi yang prima. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui kapan masa subur wanita dan pria agar dapat mempercepat proses kehamilan yang telah Anda rencanakan berdua.

Berikut penjelasan mengenai cara mengetahui masa subur untuk hamil pada wanita dan masa subur pada pria.

Masa Subur Pada Wanita
Ada berbagai cara untuk mengetahui masa subur wanita. Cara yang paling sering digunakan yaitu dengan menggunakan sistem kalender. Cara ini berdasarkan pada hitungan kalender setelah seorang wanita haid sampai siklus haid berikutnya. Masa paling subur wanita bagi yang mengalami haid teratur yaitu 14 hari dihitung sejak hari pertama mendapatkan haid. Perhitungan masa suburnya yaitu mulai hari ke-14 dikurangi 2 hari (hari ke-12) sampai hari ke-14 ditambah 2 hari (hari ke-16). Jadi dengan demikian bisa diketahui masa subur seorang wanita yang mengalami siklus haid teratur yaitu hari ke-12 sampai hari ke-16 dihitung sejak hari pertama mengalami menstruasi.
Sedangkan masa subur pada wanita yang tidak mengalami siklus haid yang teratur, cara menghitungnya yaitu dengan memperhatikan siklus terpendek dan siklus terpanjang yang terjadi dalam 6 masa siklus menstruasi seorang wanita. Cara menghitung rentang masa suburnya yaitu siklus hari terpendek dikurangi 18 hari untuk hari pertama masa subur, dan siklus hari terpanjang dikurangi 11 hari untuk hari terakhir masa suburnya. Selain itu ada cara lagi untuk mengetahui masa subur wanita yaitu dengan alat pendeteksi air liur. Cara ini dipercaya memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Caranya yaitu dengan mengoleskan air liur pada kaca/lensa di sebuah alat test kecil yang mirip lipstik, tunggu air liurnya mengering. Banyak cara untuk engetahui masa subur untuk hamil pada wanita dan selain itu mengetahui hal ini memang banyak sekali manfaatnya bagi para pasangan suami istri yang sedang menjalankan program kehamilan.

Masa Subur Pada Pria
Tidak hanya masa subur pada wanita saja yang harus diperhatikan, masa subur pria juga wajib diketahui,  saat ini masa subur wanita dan pria merupakan satu kesatuan yang harus diperhatikan agar pasangan cepat hamil. Untuk mengetahui masa subur pada pria tentunya berbeda jauh dengan bagaimana cara mengetahui masa subur wanita. Kesuburan pria biasanya sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas sel sperma. Waktu paling subur seorang pria yaitu terjadi pada saat suhu masih dingin, dan ini pada umumnya terjadi pada dini hari sampai pagi hari, yaitu sekitar jam 04.00 sampai jam 07.00 pagi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan cara mengetahui masa subur untuk hamil, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top