Masalah Rambut dan Cara Mengatasinya

Masalah Rambut dan Cara Mengatasinya

Masalah Rambut dan Cara Mengatasinya - Pada tahap tertentu, kesehatan rambut Anda berangsur-angsur menurun dan Anda sering menjadi cemas karena Anda tidak dapat menemukan solusi yang tepat. Artikel ini akan memberikan beberapa perawatan dasar untuk setiap jenis rambut agar rambut Anda tetap sehat.
Banyak orang sering berkata, "rambut adalah mahkota." Karena itu, perawatan kecantikan rambut dianggap penting bagi banyak wanita. Ketika menghadapi masalah rambut seperti uban, rambut rontok, rambut rusak, apakah Anda tahu bagaimana mengatasinya?
Masalah Rambut dan Cara Mengatasinya
Masalah rambut dan cara mengatasinya
Masalah rambut beruban

Beberapa orang menjadi kurang percaya diri dengan rambut beruban karena mereka berpikir bahwa rambut beruban membuat mereka terlihat terlalu tua. Yang lain mengatakan bahwa uban hanyalah tanda penuaan yang normal.
Para ilmuwan telah melakukan beberapa penelitian untuk menyelidiki penyebab rambut beruban. Rambut diwarnai oleh pigmen yang disebut melanin yang diproduksi oleh sel-sel berpigmen di folikel rambut. Para peneliti telah menemukan bahwa sel-sel yang menghasilkan melanin mentoleransi lesi kumulatif selama bertahun-tahun dan bahwa mereka akhirnya tidak dapat menghasilkan melanin.
Penelitian telah menunjukkan bahwa kerusakan pada DNA dan akumulasi hidrogen peroksida dalam folikel rambut bertanggung jawab atas gangguan produksi melanin. Tanpa melanin, rambut baru tidak memiliki pigmentasi, sehingga rambut akan menjadi abu-abu, putih atau perak.
Pada beberapa orang, rambut mulai berubah abu-abu sebisa mungkin pada masa remaja. Karena rambut beruban diwariskan secara genetik, jadi jika orang tua Anda memiliki rambut uban dari usia muda, Anda berisiko tinggi untuk kondisi ini. Jika Anda tidak menyukai rambut berwarna ini, Anda dapat dengan mudah memperbaiki masalah dengan pewarna rambut yang tersedia.

Masalah dengan rambut rontok
Biasanya, rambut akan tumbuh di tahap perkembangan yang berlangsung 2-6 tahun atau lebih lama. Pada usia sekitar 3 bulan, rambut tidak banyak berubah. Pada akhir periode, rambut rontok diganti dengan rambut baru.
Orang normal bisa kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Kerontokan rambut juga dimungkinkan karena penggunaan stimulan seperti obat atau efek dari perawatan kanker tertentu seperti terapi radiasi atau kemoterapi.

Masalah dengan rambut rusak
Pengeringan, peregangan, mengikat, mewarnai berulang kali akan merusak rambut, membuat rambut rapuh. Rambut becabang dan rambut kering adalah dua manifestasi umum dari rambut yang rusak karena penataan rambut yang berlebihan.
Penataan rambut yang berlebihan akan menyebabkan ujung rambut bercabang, yang terjadi ketika lapisan terluar rambut rusak. Beberapa perawatan rambut rusak dan bercabang termasuk:
• Menysir rambut dengan lembut
• Hindari menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut Anda. Jika menggunakan handuk, Anda harus memijat rambut dengan handuk ringan
• Gunakan kondisioner setiap hari dan mandilah sekali seminggu.
Rambut membutuhkan kelembapan dan sejumlah minyak untuk menjaga kesehatan. Anda harus menghindari kebiasaan buruk rambut kering seperti:
• Cuci rambut Anda terlalu sering
• Gunakan sampo dengan deterjen yang kuat
• Mengeringkan, meregangkan rambut beberapa kali
• Paparan sinar matahari, angin dan udara kering
• Warnai rambut
• Tubuh kekurangan nutrisi
• Efek beberapa obat.

Untuk menjaga kelembaban rambut Anda, cobalah tips berikut ini:
• Jangan mencuci rambut setiap hari kecuali kulit kepala Anda berketombe dan berminyak. Saat keramas, gunakan sampo ringan yang dirancang untuk memberikan kelembaban yang cukup untuk rambut kering. Selain itu, Anda juga harus menggunakan kondisioner harian
• Batasi pengeringan, peregangan, pengeritingan
• Kurangi frekuensi penataan rambut seperti membungkuk dan mewarnai
• Kenakan topi pada hari yang dingin, berangin dan pakai topi saat berenang.

Sebaiknya anda baca juga :
- Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut
- Cara Merawat Rambut Rontok dengan Bahan Alami
- Cara Merawat Rambut Panjang dan Indah

Masalah rambut berminyak
Kulit kepala mengandung sejumlah alami minyak yang disebut sebum. Lendir diproduksi oleh kelenjar sebasea. Kadang-kadang kelenjar ini bekerja secara berlebihan dan menghasilkan terlalu banyak minyak, yang menyebabkan kondisi kulit kepala menjadi berminyak. Rambut berkilau terlihat lemah, lemah, kurang vitalitas dan sulit dikendalikan. Untuk mengatasi masalah rambut berminyak, cobalah sampo dengan sampo lembut yang menenangkan untuk mengontrol sebum.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top