Yuk Mengenal Kulit Lebih Dekat

Fakta mengenai kulit - Kulit merefleksikan kehidupan yang kita jalani, kulit menjadi organ yang paling peka terhadap tubuh. Kok bisa? Sebab apa saja yang terjadi terhadap kulit kita diserap kedalam tubuh. Makanya kita perlu  mengenal kulit, caranya ?  Supaya lebih akrab dengan kulit, maka kita perlu tahu beberapa fakta mengenai kulit itu sendiri.


Fakta mengenai  kulit 



    Fakta mengenai  kulit wanita

  • Kulit adalah organ terbesar tubuh yang terdiri dari sekitar 15% dari keseluruhan berat badan
  • bagian tertipis kulit berada pada kelopak mata (0.05mm) dan yang paling tebal pada telapak kaki (5mm)
  • Satu inci kulit terdiri atas 65 helai rambut dan 100 kelenjar minyak
  • Kulit tersusun dari tiga lapisan utama, epidermis (lapisan luar), dermis dan jaringan bawah kulit atau lapisan lemak.
  • Kulit membutuhkan waktu sekitar waktu 28 hari untuk memperbarui dirinya, sebuah proses yang disebut deskuamasi.
  • Kulit kehilangan sekitar 30.000 hingga 40.000 sel kulit mati hampir setiap menit, walaupun Anda tidak melihatnya.
  • Kulit ari baru terbentuk tiap 25- 45 hari. 
Setelah mengetahui fakta mengenai kulit, kita juga di tuntut untuk memperhatikan juga apa saja faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Secara garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, yaitu faktor internal dan eksternal (luar tubuh)

Faktor internal ( dalam tubuh ) :
  1. Ketidakseimbangan hormon (siklus menstruasi pada wanita)
  2. Perubahan cuaca
  3. Umur
Sedangkan faktor dari luar tubuh :
Lingkungan (cahaya langsung matahari, angin dingin selama musim dingin, paparan AC, dll)

Sebagai organ luar tubuh, sudah pasti  kulit kita berjuang untuk mempertahankan kesehatannya dari beberapa faktor eksternal yang membuat penampilan dan kesehatan kulit terganggu.

Mengetahui apa jenis kulit dapat membantu anda menetukan perawatan yang tepat terhadap kulit. dan berikut merupakan jenis-jenis kulit yang perlu dikenal.

Kulit Normal
Kulit Anda akan terasa hidup, elastis dan kenyal serta bebas dari minyak maupun kekeringan. umumnya jenis kulit ini selalu terlihat sehat dan bertahan dengan baik seiring berjalannya usia.

Kulit Kering
Kulit kering paling rawan terhadap masalah kelembaban dan iritasi. bahkan kulit jenis ini bersisik, gampang terkelupas dan terasa kering setelah mencuci muka.

Kulit Berminyak
Umumnya jenis kulit berminyak sangat bersahabat dengan masalah jerawat, rajin membersihkan muka sangat dianjurkan bagi pemilik kulit ini.

Kulit Kombinasi
Sesuai namanya, kulit jenis ini merupakan perpaduan dari kulit kering dan berminyak sehingga butuh perawatan khusus.

Kulit Sensitif
Jenis kulit yang paling sulit untuk ditangani. kulit sensitif, selain terlihat kering juga mudah teriritasi, terutama oleh bahan-bahan kosmetik yang mengandung bahan kimiawi.

Setelah mengenal kulit jangan lupa untuk melakukan perawatan yang tepat untuk kulit. Ingat sesuaikan dengan jenis kulit ya, jika kurang yakin, silahkan tanyakan langsung pada ahlinya atau pada dokter kulit. Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan mengenai tips merawat kulit, jenis kulit dan cara menanggulanginya semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: