Tips Merawat Kesehatan Kulit Anak

Tips Merawat Kesehatan Kulit Anak

Perawatan kulit bagi anak adalah hal yang penting, karena pada masa ini kulit anak-anak cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Beberapa tips berikut akan membantu bunda untuk melakukan perawatan yang tepat bagi kulit anak.

Berikut beberapa cara mudah untuk menjaga kulit anak



Saat memandikan
Jika air mandi terlalu panas, kulit anak bisa kering dan gatal. Pastikan air cukup hangat tapi tidak terlalu panas. gunakan sabun khusus untuk kulit anak. Saat mandi bersihkan juga daerah di belakang telinga, pada lipatan, sela-sela jari jari kaki dan tangan anak. Setelah mandi keringkan tubuh anak dan taburkan bedak yang sesuai dengan kondisi kulitnya.

Perhatikan kebersihan dan bahan pakaian yang cocok untuk anak
anak akan merasa nyaman bila mengenakan pakaian berbahan lembut dengan daya serap keringat yang baik. Produk terbaik adalah yang terbuat dari katun sehingga tidak membuat kulitnya iritasi. Gantilah popok anak bila memang sudah penuh atau kotor.

Jangan biarkan kulit anak Anda di bawah perubahan suhu yang mendadak
Salah satu yang sangat penting ketika merawat kulit anak adalah untuk melindunginya dari bahaya matahari. Bunda perlu memakaikan topi dan pakaian berlengan panjang ketika cuaca sedang panas bila perlu bunda dapat menambahkan krim tabir surya yang aman untuk anak untuk membatasi resiko serangan dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

Cuaca dingin juga dapat mengiritasi kulit, melemahkan vitalitas kulit dengan mengurangi kelembaban dan elastisitas. Oleh sebab itu Bunda juga perlu menyiapkan kaus kaki, sarung tangan, topi dan pakaian hangat Jika harus pergi ke luar rumah saat kondisi cuaca dingin.




Tutupi memar, goresan dan luka terbuka lainnya dengan balutan steril atau kasa untuk mencegah bakteri dan kotoran  yang dapat menyebabkan kulit  infeksi. Oleskan krim antibiotik untuk mempercepat penyembuhan dan rutin mengganti perban setidaknya sekali sehari sampai luka benar-benar sembuh.

Kulit adalah organ terbesar tubuh yang rentan terhadap berbagai masalah dan beragam penyakit jika tidak dirawat dengan benar. Merawat kulit anak-anak Anda dapat membantu mencegah beberapa masalah kulit yang mungkin terjadi .  Mengajarkan anak-anak Anda untuk merawat kulit mereka dengan mempraktekkan kebiasaan baik ketika mereka masih kanak-kanak sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit anak.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top