Manfaat buah Durian

Manfaat buah Durian

Raja buah tropis satu ini memang memiliki banyak sekali kontroversi. Tidak smeua orang bisa menikmati bau dan rasanya, tetapi untuk penikmat buah durian pastinya musim durian adalah salah satu yang ditunggu kehadirananya. Durian dapat di variasikan menjadi beberapa makanan seperti pancake durian,dodol durian, dan es krim durian.

Buah durian sering dijadikan ‘kambing hitam’ dari segala masalah kesehatan yang terjadi, seperti gula darah, kolestrol dan lain-lainnya. Hanya sedikit yang melakukan penelitian tentang durian dan harus lebih banyak lagi dilakukan agar buah ini tidak dikenal sebagai buah yang ‘jahat’.

Buah durian yang kaya manfaatnya.
Buah durian yang kaya manfaatnya.

Ada beberapa kandungan yang ada dalam durian dan ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh :

1.    Mengandung beberapa antioksidan 

Durian memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Flavonoid dan juga polifenol merupakan kandungan tertinggi pada buah durian monthong.

2.    Mengandung banyak serat

Pada buah durian terdapat banyak sekali serat. Ini akan sangat baik sekali untuk memperlancar pencernaan anda.

3.    Mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks

Durian juga mengandung vitamin C dan juga Vitamin B kompleks yang jarang dimiliki oleh buah lainnya.

4.    Mengandung mineral dan elektrolit 

Zat besi adalah salah satu mineral yang baik untuk pembentukan darah. Pada durian juga terkandung kalium yang sangat tinggi dan juga elektrolit yang penting untuk kesehatan jantung dan stamina tubuh.

5.    Mengandung karbohidrat yang tinggi

Karbohidrat yang tinggi dalam durian memang harus diwaspadai.walaupun dapat dijadikan sumber energi namunkonsumsi durian harus dibatasi apalagi untuk yang memiliki diabetes mellitus.

6.    Kalori yang tinggi

Dalam satu biji durian mengandung 54 kalori, jadi 1 kg durian akan memiliki 1.350 kalori, untuk orang dewasa yang membutuhkan 1500-2000 kalori per hari dapat mengkonsumsi 1 kg durian per hari ayang sudah memenuhi 60-90% kebutuhan kalori per hari.

Durian memang memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, tetapi karena adanya karbohidrat dan kalori yang tinggi anda disarankan untuk tidak berlebihan ketika mengkonsumsinya.anda dapat mengalami kenaikan berat badan namun durian tidak mengandung kolestrol.

Saat mengkonsumsi durian dalam jumlah banyak maka akan mengalami beberapa hal seperti kembung, rasa tidak nyaman pada perut dan mual. Ini dikarenakan proses pencernaan lemak dan karbohidrat tinggi. Senikmat apapun buah durian anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top