Diet Untuk Kurangi Asam Urat

Diet Untuk Kurangi Asam Urat

Diet Untuk Kurangi Asam Urat Asam Urat atau Gout arthritis merupakan sebuah peradangan sendi yang disebabkan oleh menumpuknya Kristal asam urat pada sendi, dan hal ini sering kali diasosiasikan dengan diet dan pola makan.

Adakah hubungannya pola makan dan asam urat?
Gout arthritis ini terjadi saat level asam urat yang tinggi dalam darah anda menyebabkan terjadinya pembentukan Kristal dan terakumulasi di sendi. Asam urat dalam tubuh di produksi dari pemecahan purin. Purin yang secara alami ada dalam tubuh tetapi purin biasanya banyak didapatkan dari makanan seperti ikan sarden, jeroan, kernag dan lain-lainnya.

Untuk mengurangi asam urat dan mengurangi keparahannya anda harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Diet bukanlah hal yang paling utama untuk mengatasi asam urat namun dapat mengurangi frekuensi serangan yang terjadi.

Bagaimana cara mengatur pola makan yang sesuai ?
Diet pada penderita asam urat ini adalah hanya membatasi makanan yang tinggi purin seperti produk hewani yang membantu kontrol produksi asam urat pada tubuh. Anda juga harus menghindari diet tinggi protein untuk menurunkan berat bada karena ini akan menyebabkan tubuh anda memproduksi lebih banyak asam urat.


makanan yang tinggi akan kandungan purin
makananan mengandung purin.

1.    Kurangi daging, unggas dan ikan
Protein hewani memiliki kandungan purin yang tinggi. Maka untuk anda penderita asam urat sebaiknya hindari dan membatasi konsumsi makanan yang memiliki purin tinggi seperi daging merah (meliputi sapi, baba, kambing), jeroan, makanan laut (tuna, scallop, lobster, udang). Anda bisa membatasi konsumsinya sebanyak 113-170 gr per hari.

2.    Batasi konsumsi lemak
Asam lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh untuk mengeliminasi asam urat. Makanan dengan lemak yang tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan akhirnya akan mengalami asam urat.

3.    Batasi konsumsi alkohol
Berbagia macam alkohol, terutama bis dapat mengganggu metabolism tubuh untuk mengeliminasi asam urat. Batas konsumsi sampai 150 ml per hari.

4.    Tidak semua sayuran hijau rendah purin
Beberapa sayuran hijau juga memiliki kandungan purin yang tinggi seperti,bayam, melinjo, kangkung dan juga daun singkong. Tahu dna tempe pun memiliki kandungan purin yang tinggi.

5.    Hindari makanan yang mengandung pemanis high fructose corn syrup
Fruktosa adalah satu-satunya karbohidrat yang dapat meningkatkan asam urat. Kurangi konsumsi jus buah yang tidak segar dan soda.

6.    Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks
Anda bisa perbanyak konsumsi buah, sayuran dan gandum, kurangi karbohidrat sederhana seperti kue, roti putih dna juga permen.

7.    Perbanyak konsumsi cairan, terutama air
Cairan/ air putih dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh anda.biasakan untuk meminum air putih 8-16 gelas per hari.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top