Menghilangkan Kapalan

Menghilangkan Kapalan

loading...
Kapalan adalah penebalan yang terjadi pada kulit. Sering terjadi pada bagian telapak kaki. Kapalan ini dapat terjadi karena adanya penekanan yang secara terus-menerus ataupun adanya gesekan yang berulang-ulang di lokasi yang sama pada kulit yang lama-kelamaan menjadi penebalan pada kulit. Penebalan kulit yang terjadi tersebut sebenarnya merupakan respon alamiah tubuh ketika menghadapi penekanan dan juga gesekan yang di lakukan berulang kali hingga akhirnya mengakibatkan sebuah luka pada kulit yang sering kali mengalami penekanan.

Menghilangkan Kapalan
Kaki kapalan sebenarnya tidak apa-apa, namun bikin risih.

Kapalan sendiri tidak memiliki efek membahayakan tetapi sangat mengganggu karena dapat menyebabkan adanya rasa sakit di lokasi yang mengalami kapalan dan sakit tersebut semakin lama akan semakin bertambah jika penekanan ataupun gesekan masih terus di lakukan dan tidak dihentikan. Untuk beberapa orang yang memiliki masalah pada peredaran darah dan juga untuk penderita penyakit kencing manis, kapalan dapat berdampak buruk dan serius karena dapat menimbulkan luka, terutama untuk penderita kencing manis, luka yang terjadi tersebut akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Untuk menghindari dan mencegah kapalan terjadi pada kaki anda, anda harus mulai memperhatikan alas kaki dan ukuran yang anda gunakan. Jangan sembarangan memilih alas kaki. Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang berukuran sempit. Lotion dapat membantu anda untuk melembabkan kulit dan dapat mengurangi daya gesek yang terjadi antara kulit kaki dan sepatu.

Sebenarnya kapalan tidak perlu dilakukan penanganan, namun saat terasa nyeri dan untuk penderita kencing manis, penyakit arteri perifer atau kondisi lainnya yang dapat menyebabkan masalah di aliran darah, maka harus dibutuhkan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter.

Anda bisa menggunakan cara ini di rumah untuk mengatasi kapalan dengan cara yang sangat sederhana.
  1. Langkah awal, rendam terlebih dahulu kaki dengan air hangat.
  2. Gosok dengan pelan-pelan dan gunakan batu apung di sekitar kulit kaki yang kapalan.
  3. Yang perlu anda perhatikan dan wajib anda tahu adalah, jangan sampai mengunting kapalan. Menggunting selain dapat mengakibatkan infeksi karena alat yang digunakan tidak steril juga akan membuat munculnya  luka yang akan menyusahkan dalam jangka panjang nanti, apalagi untuk para penderita diabetes. 
Cara di atas tersebut dapat membantu anda mengurangi ukuran kapalan dengan cata mengangkat sel kulit mati yang ada dalam kulit anda yang mengalami kapalan.

Anda bisa melakukan hal ini sendiri dirumah, anda harus teratur melakukan hal ini karena meskipun membutuhkan waktu yang sedikit lama tapi kapalan akan segera sembuh.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top