7 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

7 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami


Cara Mengatasi Ketombe – Ketombe menjadi masalah di kepala yang bisa jadi sangat sulit dihilangkan. Mungkin anda adalah salah satu orang yang mengalami masalah ini. sempat hilang karena menggunakan produk perawatan rambut tertentu namun kembali lagi setelah tidak berapa lama. Bolak balik menggunakan produk perawatan rambut namun tetap saja kembali. Untuk rambut hitam, tentu ketombe menjadi mudah terlihat.
Ketombe bisa muncul karena beberapa sebab, seperti air yang tidak bersih, hormonal, kulit kepala yang kotor dan penggunaan produk rambut yang tidak cocok. Beragam sebab timbulnya ketombe inilah yang membuat langkah langkah jitu untuk menghilangkan ketombe harus digunakan. Berikut adalah cara mengatasi ketombe yang bisa anda lakukan dirumah.

7 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Cara Mengatasi Ketombe


1. Gunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis sudah terkenal dapat mengatasi ketombe dengan efektif. Cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat mengatasi ketombe adalah dengan memeras air jeruk nipis. Siapkan buah nanas dan peras airnya. Siapkan santan secukupnya. Campur ketiga bahan, yaitu air jeruk nipis, air nanas dan santan. Gunakan campuran ketiga air tersebut untuk memijat mijat kepala dan gunakan untuk keramas. Ambil handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Gunakan handuk untuk membungkus kepala selama 20 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih.

2. Gunakan Daun Pandan
Daun pandan juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara efektif. Ambil beberapa helai daun pandan. Cuci sampai bersih,  lalu tumbuk sampai halus. Campurkan air dan peras. Gunakan air perasan tadi untuk digunakan untuk membasuh rambut. Pijit pijit sebentar lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu keramas dengan air bersih sampai rambut benar benar bersih. Daun pandan juga bisa membuat rambut menjadi wangi dan lembut.

3. Gunakan Kangkung
Kangkung bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe yang tidak kunjung menghilang. Caranya cukup mudah. Ambil satu ikat kangkung lalu rebus didalam 2 gelas air. Tunggu sampai air mendidih dan menyisakan satu gelas air saja. Dinginkan. Gunakan air rebusan kangkung tadi untuk dibasuhkan pada rambut yang berketombe. Pijat pijat pelan lalu biarkan selama 30 menit agar khasiatnya meresap dengan baik. setelah itu cuci sampai bersih rambut anda. gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

4. Gunakan Cuka Putih
Cuka putih terkenal bisa mengatasi ketombe dengan sangat efektif. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampur cuka putih dengan satu gelas air. Gunakan campuran ini untuk membasuh kulit kepala. Cuka putih berfungsi untuk mengikis sel sel kulit kepala yang mati yang menjadi sebab ketombe. Biarkan selama 15 menit. Gunakan campuran ini stelah anda keramas. Setelah itu bilas kembali sampai bersih. Lakukan dengan rutin namun jangan terlalu sering. Cuka adalah bahan yang mempunyai efek panas.

7 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami


5. Gunakan Minyak Kelapa
Minyak kelapa mempunyai kandungan vitamin E dan asam lemak yang ampuh mengatasi ketombe. Gunakan minyak kelapa untuk melawan ketombe dengan menggunakannya sebagai minyak pijat, seperti menggunakan tonik rambut, lalu gunakan handuk panas untuk membungkus kepala anda. biarkan selama beberapa menit lalu bilas rambut dan kepala hingga bersih. Selain mengatasi ketombe minyak kelapa juga bisa membuat kulit kepala lebih sehat, menyuburkan rambut karena kandungan vitamin E nya dan membuat rambut berkilau dan halus.

6. Gunakan Garam
Garam berfungsi mengangkat sel sel kulit mati. Bila digunakan pada kepala, maka garam akan mengangkat kulit mati yang menyebabkan ketombe. Dengan demikian ketombe akan hilang dengan sendirinya. Caranya adalah dengan melarutkan garam pada air dingin. Gunakan untuk membasuh kulit kepala dan rasakan sensasi dingin yang menyenangkan. Anda juga bisa menaburkan garam apada kulit kepala dan menggosoknya selama beberapa menit. Bersihkan dengan air bersih jika sudah selesai.

7. Gunakan Minyak Zaitun
Gunakan minyak zaitun untuk mengatasi ketombe yang bandel. Minyak dengan seribu manfaat ini akan membuat rambut sehat, berkilau dan lembut secara bersamaan. Cara mengatasi ketombe dengan minyak zaitun adalah menggunakannya untuk memijat kulit kepala. Gunakan secukupnya. Pijat pijat sampai kulit kepala rileks. Bungkus dengan handuk hangat lalu bilas dengan air bersih.
Tujuh cara mengatasi ketombe di atas semoga bisa membantu masalah yang anda hadapi saat ini. Good luck!



loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top