Ikan Lele Baik Untuk Ibu Hamil

Ikan Lele Baik Untuk Ibu Hamil

loading...

Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Hamil – ikan lele adalah ikan air tawar yang rendah merkuri. Maka dari itu manfaat ikan lele untuk ibu hamil sangat terasa, ibu hamil harus menghindari makanan yang mengandung merkuri tinggi. Kandungan merkuri tidak baik untuk janin karena dapat merusak sistem saraf pada janin.
Manfaat ikan lele untuk ibu hamil selain tidak mengandung merkuri, ikan lele akan membuat kebutuhan Vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh tercukupi hingga 40%. Sehingga ibu hamil akan cukup energi dan tidak mudah lelah saat beraktifitas, Vitamin B12 adalah nutrisi yang penting untuk tubuh yang dapat memecah makanan menjadi energi.

Ikan lele juga mengandung kalium, fosfor, kalsium, vitamin A, asam amino dan memiliki kadar leusin yang tinggi. Leusin sangat di perlukan untuk pertumbuhan anak, dan menurut ahli nutrisi gizi Dr. Achmad Subagio dari universitas jember mangatakan bahwa mengonsumsi ikan lele dalam jumlah tertentu akan memiliki kandungan gizi yang setara dengan daging sapi. Berikut manfaat ikan lele untuk ibu hamil, diantaranya :

Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Hamil


Memiliki Asupan Protein Yang baik
Satu porsi ikan lele mengandung 15,6 gram protein yang akan memenuhi kubutuhan asam amino yang di butuhkan pada masa kehamilan. Protein di butuhkan sebagai penyedia energi, asam amino yang terdapat dalam ikan lele adalah kualitas baik untuk membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan masa otot.

Sebagai Sumber Vitamin B12
Vitamin B12 adalah nutrisi yang penting untuk memecah makanan menjadi energi. Oleh karena itu, asupan vitamin B 12 akan terpenuhi dengan mengonsumsi ikan lele, dengan mengonsumsi ikan lele akan membuat ibu hamil akan lebih bersemangat dalam melakukan aktifitasnya sehari –hari. Didalam satu porsi ikan lele saja akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang di perlukan tubuh terpenuhi hingga 40%.

Rendah merkuri
Merkuri merupakan salah satu unsur kimia yang sangat berbahaya, akibat dari makanan yang mengandung merkuri diantaranya adalah memperlambat pertumbuhan janin, dan mengakibatkan keguguran serta kemandulan pada wanita. Merkuri ini memang sangat berbahaya, namun didalam ikan lele cenderung aman dan rendah merkuri. Karena ibu hamil membutuhkan ikan sebagai sumber protein, ikan lele dapat menjadi alternatif pilihan menu makan yang rendah kalori dan berprotein dengan kualitas yang baik.

Manfaat Ikan Lele Untuk kesehatan


Ikan Lele Rendah Lemak
Mangonsumsi ikan lele saat kehamilan akan memberikan banyak nilai positif dalam manfaat ikan lele untuk ibu hamil. karena ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang rendah lemak dan kolesterol sehingga para ibu hamil tidak perlu takut kenaikan berat badan yang berlebih saat masa kehamilan. Ikan lele memiliki kadar kolesterol yang rendah, selain itu juga termasuk ikan yang rendah lemak. Kandungan lemak yang ada di dalam lele tergolong sederhana, yaitu lemak Trigliserida yang bersifat netral. Tetapi, ada juga lemak kompleks  di dalam ikan lele yaitu fosfolipid dan sterol.
Namun lemak kompleks di dalam ikan lele bukan termasuk lemak jahat, lemak ini baik karena akan memberi energi pada ibu untuk berktifitas dan baik untuk janin.

Gizi Ikan Lele Mampu Setara Dengan Daging sapi
Ikan lele mengandung gizi yang sangat tinggi, dalam 2,5 kg ikan lele, gizinya setara dengan 1 kg daging sapi. Manfaat ikan lele untuk ibu hamil juga dikarenakan fosfor yang tinggi didalam ikan lele, fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang pada janin seta menghilangkan nyeri pada tulang ibu pada masa kehamilan.
Ikan lele juga mengandung kalium dan natrium,  Kalium dan natrium adalah sumber makanan yang baik untuk jantung dan pembuluh darah. khususnya untuk ibu hamil, mengonsumsi ikan lele, akan membantu kerja jantung sehingga jantung pun akan berdetak secara teratur, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

Makan ikan lele saat kehamilan sebenarnya tidak dipermasalahkan, dengan syarat pengolahan yang baik dan tetap menjaga kebersihan ikan lele yang akan di konsumsi, cara membersihkan ikan lele tidak lah sulit, dengan mencuci ikan lele pada air mengalir, lalu siapkan mangkok yang berisi air yang sudah diberi garam dan cuka secukupnya. Rendam lele pada wadah tersebut selama 10 menit, jika tidak suka dengan jeroan yang ada di dalam lele, bisa dikeluarkan setelah selesai di rendam. Lalu cuci kembai ikan lele pada air mengalir, dan lele siap untuk di masak. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top