Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Secara Alami

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Secara Alami

loading...
Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan – Cengkeh adalah salah satu rempah nusantara yang sempat diperebutkan pada zaman kolonial. Manfaat cengkeh tidak hanya sebatas dalam kesehatan saja. cengkeh juga biasa digunakan sebagai bumbu dapur dalam masakan nusantara. Cengkeh memberikan cita rasa khas dan harum. Namun berbeda dengan kayu manis. Keberadaan cengkeh di Indonesia banyak digunakan dalam industri rokok.

Cengkeh mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah minyak atsiri dengan kadar 16 % sampai 20 %, eugenol sampai 80 % sampai 82 %. Sisanya adalah asetil eugenol, vanilin, metal amiketon, kariofelin, tannin, gom, serat, air, asam galatanat, kalsium oksalat, dan furfural. Dengan akndungan yang begitu kaya, maka tidak heran cengkeh sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai obat herbal. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat cengkeh bagi kesehatan simak keterangan di abwah ini:

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan


Meredakan Sakit Gigi
Minyak cengkeh bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Hal ini tidak lepas dari khasiat cengkeh sebagai analgesik. Analgesik juga dikenal sebagai pereda sakit. Selain sakit gigi, anda bisa menggunakan minyak cengkeh untuk meredakan sakit kepala, lelah dan sakit sendi. Yang digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah bunga cengkeh. Cara membuat obat sakit gigi dari cengkeh adalah ambil 5 kuntum bunga cengkeh. Keringkan lalu tumbuk sampai halus. Gunakan bubuk ini untuk dioleskan pada gigi yang sakit. Lakukan sampai sembuh. [ Baca juga :  Obat Alami Untuk Sakit Gigi ]

Sebagai Antiseptik
Cengkeh mengandung kadar eugenol tinggi. Eugenol ini bisa bermanfaat sebagai antiseptik. Atau juga sering dikenal sebagai anti jamur. Cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada perabotan rumah tangga. Selain juga karena harumnya. Cara menggunakan minyak cengkeh untuk menghilangkan jamur adalah dengan mencampur setengah sendok minyak cengkeh ke dalam satu air secukupnya. Semprot campuran ini pada tempat jamur tumbuh. Biarkan selama 5 menit baru gosok hingga bersih.

Manfaat Cengkeh untuk wanita


Menyembuhkan Mual
Minyak atsiri pada cengkeh bisa bermanfaat untuk menyembuhkan mual. Baik mual karena menstruasi atau sebab lain. Cara membuat obat mual dari cengkeh adalah siapkan 10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa dan gula jawa secukupnya. Rebus ketiga bahan tadi didalam 400 cc air. Didihkan sampai menjadi 200 cc. Singinkan dan saring rebusan cengkeh. Minum 2 kali sehari. Selain harum, ramuan cengkeh akan melancarkan pencernaan juga. [ Baca Juga :  Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan ]

Menyembuhkan Flu
Cengkeh bisa bermanfaat untuk mengobati flu. Minyak atsiri dalam cengkeh berguna untuk meredakan sakit kepala. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengencerkan lendir pada hidung dan tenggorokan. Cara menggunakan cengkeh untuk mengobati flu adalah campurkan beberapa butir cengker ke dalam minuman. Minum selama sakit 2 kali sehari. Atau anda bisa menyeduh cengkeh dalam air hangat. Guankan uapnya untuk menguapi hidung tersumbat. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi pernafasan.

Mengobati Perut Kembung
Cengkeh sangat baik mengobati perut kembung. Caranya adalah masukkan beberapa butir cengkeh lalu masukkan ke dalam buah pir. Terlebih dahulu lubangi pir yang akan dimakan. Tutup pir dengan cengkeh di dalamnya menggunakan alumunium foil. Bakar sampai matang. Keluarkan cengkeh dari dalam pir. Makanlah pir bakar tadi. Demikian adalah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top