Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

loading...

Manfaat Daun Ciplukan – Daun ciplukan atau physalis angulata L merupakan tanaman semusim dengan tubuh tegaak, berongga dan berusuk pada batang. Daun berbentuk bulat telur sampai lanset, tetapi tepi bertekuk dan lancip. Manfaat daun ciplukan sangat bermanfaat untuk tubuh, tetapi sebenarnya seluruh bagian tumbuhan ini mempunyai khasiat yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Tanaman ini mengandung kandungan kimia seperti asam klorogenat, kulit buahnya mengandung c27H44O – H2O dan biji mengandung Claidic acid sedangkan daun dan batangnya mengandung physalin. Selain itu tumbuhan ini juga mengandung asam malat, alkaloid tanin, kriptoxatin, vitamin C dan gula. Manfaat daun ciplukan ini juga mampu mengencangan payudara dan macam – macam penyakit seperti hipertensi, kencing manis, bisul, borok, gusi berdarah dan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat Daun Ciplukan bagi Kesehatan


Manfaat Daun Ciplukan


Berikut manfaat daun ciplukan dan bagian lain untuk kesehatan tubuh diantaranya :
Borok
Borok adalah penyakit yang di karenakan infeksi dalam kulit luar. Berikut cara membuat ramuan untuk mengatasi borok dengan daun ciplukan.
Ambil 1 genggam daun ciplukan dan tumbuk sampai halus. Setelah itu berilah 2 sendok makan air kapur sirih, lalu langsung bisa digunakan dengan menempelkannya ke bagian yang bermasalah.
Gusi berdarah
Selain manfaat daun ciplukan, buahnya juga sangat bermanfaat karena kaya akan vitamin C, penanganan untuk gusi berdarah hanya dengan mengonsumsi 30 butir buah ciplukan untuk mengobati masalah gusi berdarah.
Bisul
Dengan menggunakan manfaat daun ciplukan, bisul akan cepat pecah dan kering. Dengan cara ambil 1 genggam daun ciplukan yang masih segar. I sendok teh adas pulasari, sedikit garam dan 1 lembar daun sirih. Setelah bahan terkumpul, campurkan semua bahan dan di remas atau tumbuk secara bersamaan hingga menjadi lembut. Lalu oleskan pada yang terkena bisul.
Hipertensi
Untuk penderita hipertensi juga dapat menggunakan manfaat daun ciplukan ini. Caranya siapkan 5 gram brangkas (herba kering) ceplukan dan masukan kedalam 110 ml air. Rebus semua bahan selama 10 meniy sambil beberapa kali di aduk, biarkan suhu menjadi dingin. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan takaran 100ml per minumnya. Air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam tidak boleh di minum karena khasiatnya sudah hilang atau rusak. [ baca juga : khasiat ciplukan untuk hipertensi ]
Manfaat daun Ciplukan Untuk Kencing Manis
Cara membuat dan menggunakan ramuan untuk kencing manis sama dengan hipertensi, hanya saja untuk kencing manis sediakan 10 gram brankas ciplukan dan 400ml air.
Manfaat daun ciplukan lainnya dapat di gunakan sebagai obat antipiretik, analgetik, dieuretik, antiksik, pereda batik dan penurun tensi. Didalam ciplukan juga mempunyai efek farmologis seperti diabetes melitus, penurunan tekanan darah dan antihepatosik.

Manfaat Daun Ciplukan bagi kesehatan

Manfaat daun Ciplukan Untuk Diabetes melitus
Cara membuat ramuan untuk penyakit ini dengan menyiapkan seluruh bagian tubuh tumbuhan termasuk akar, daun, buah, batang dan bunga. Dengan mencabut semua termasuk akar setelah dibersihkan, layukan tumbuhan ciplukan, setelah layu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas, saring dan minum 1 gelas perhari.
Untuk menurunkan tekanan darah cara yang digunakan hampir sama dengan membuat ramuan untuk penyakit diabetes melitus, tetapi hanya menggunakan rebusan daunnya saja tidak keseluruhan tubuh tumbuhan.
Manfaat daun ciplukan untuk payudara
Jika payudara mulai kendor dan mengkerut ada baiknya untuk mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan payudara agar tetap terlihat padat dan berisi, kita dapat menggunakan manfaat daun ciplukan untuk mengatasinya. Cara ini lebih aman dari pada menggunakan obat – obatan atau penanganan medis yang cukup mahal.
Caranya dengan menyiapkan 10 lembar daun ciplukan dan 2 buah pinang muda yang hanya di ambil dagingnya saja, lalu tumbuk hingga halus, campurkan 1 sendok teh, aduk rata dan campurkan segelas air putih.
Setelah itu oleskan di sekeliling payudara ang mulai kendur, cara mnggunakan nya sama dengan menggunakan masker,jangan sampai mengenai bagian puting payudara, biarkan hingga kering. Setelah kering bersihkan dengan air air hangat (suam – suam kuku).
Gunakan ramuan ini secara rutin 3 hari sekali, daun dan buah cuplikan ini berdasarkan penelitian juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kanker, Itulah beberapa manfaat daun ciplukan. Terima kasih atas kunjungannya di blog kami perawatkulit.blogspot.com Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top