Aneka Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Cabe Merah – Terkenal dengan rasa pedas, Cabai merah atau Cayenne Pepper mempunyai banyak manfaat khususnya untuk kesehatan. manfaat cabai merah diantaranya dapat mengurangi resiko kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan dapat menyembuhkan luka. Walau jika di makan berlebihan dapat menyebabkan nyeri perut dan diare, namun cabai merah memberikan manfaat bagi kesehatan jika di konsumsi secara tidak berlebihan.

Manfaat cabai merah tidak terlepas dari beberapa kandungan kimia alami dalam cabai merah, seperti kapsain, dihirokopsaisin, vitamin A dan C, dammar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein dan beberapa minerah seperti (zat besi, kalsium, fosfor dan niasin ). Dalam 100 gram cabai merah mengandung Energi 31 kilokalori, Protein 1 gram, Karbohidrat 7.3 g, Lemak 0.3 g, Kalsium 29mg, Fosfor 24 mg, dan zat besi 1 mg. selain itu dalam cabai merah segar juga mengandung vitamin A 470 IU, vitamin B1 0.05 mg dan vitamin C 18 mg dan jumblah bagian yang dapat dimakan sebanyak 85 %.


Manfaat Cabe Merah Untuk Kesehatan


Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan


Cabai merah dapat digunakan sebagai pengobatan beberapa penyakit, seperti :

Rematik
Sediakan 10 gram cabai merah kering, lalu tumbuk hingga halus dan seduh dengan ½ air panas. Oleskan ramuan ini ke pagian yang sakit. { Baca : Manfaat Daun Dewa }

Luka bisul
Untuk luka bisul kita menggunakan beberapa helai daun cabai merah, olesi lembaran daun dengan minyak sayur. Lalu layukan diatas api kecil, selagi masih hangat, tepelkan daun cabai pada bagian kulit yang terluka.

Manfaat cabai merah lainnya dengan di konsumsi secukupnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti :

Cabe merah meredakan pilek dan hidung tersumbat. Karena cabai merah mengandung capsaicin yang dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Sehingga hidung menjadi tidak tersembut.

Cabai merah mengurangi resiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena dengan mengonsumsi capsaicin secara rutin akan menjaga tekstur darah dankerak lemak pada pembuluh darah juga tidak akan terbentuk. Sehingga aliran darah menjadi lancar.


Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Cabai merah sebagai antibiotik alami. Ketika terjadi luka dan infeksi, kandungan cabai merah akan mempercepat laju jalan darah ke tempat yang terkena infeksi.

Cabai merah dapat mencegah penyaki kanker, cabai merah mengandung vitamin C, folat dan beta-karoten dapat mencegah kanker usus besar. Khusus cabai merah juga mengandung lycopene cartonoid yang dapat mencegah penyakit kanker.

cabai merah dapat menghilangkan racun.  Untuk saluran pencernaan, cabai bisa berfungsi sebagai pendetoks dan membantu melancarkan proses pencernaan.

Mencegah katarak berkat peranan vitami C dan beta karoten yang ada didalam cabai merahdapat mencegah katarak.

Cabai merah memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko serangan penyakit jantung dan mencegah penggumpalan darah bila dimakan dalam beberapa bentuk penyajian yang tepat.

Selain banyaknya kandungan yang ada dalam cabai merah, cabai merah menurut penelitian banyak mengandung banyak vitamin C dan asam askorbat. Selain itu kandungan vitamin B6 dalam cabai merah merupakan unsur penting yang dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Cabai merah juga memiliki asam folat dalam jumblah yang cukup besar dan merupakan nutrisi penting untuk tubuh. Perhatian mengonsumsi cabai merah setiap hari jangan berlebihan karena dapat menimbulkan diare dan maag.Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top