Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

loading...

Manfaat Beras Merah – beras merah secara genetik berbeda dengan beras putih. Warna merah yang berasal dari zat warna alami antisionin mempunyai sifat anti kanker, antioksidan, antihipertensi dan antihiperglikemik. Beras merah merupakan beras yaang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, manfaat beras merah terkenal sebagai salah satu pilihan menu diet karena juga mengandung serat yang cukup tinggi dan memberi energi pada tubuh agar tidak mudah lapar. Serat pada beras merah berasal dari kulit dari benih beras merah yang tidak terdapat pada beras putih.

Banyak nutrisi yang terkandung di dalam beras merah. Diantaranya kaya serat, fosfor, selenium, vitamin B1, B6 dan B12 yang cukup tinggi. Beras merah terdiri dari beberapa lapisan. Paling luar disebut epikarp, lalu perikarp yang mengandung lapisan kulit ari, biji beras atau endosperm, dan lembaga atau mata beras. Di dalam kulit ari beras merah banyak mengandung asam esensial, serat dan vitamin.sedangkan biji beras merah merupakan tempat pati dan protein, dan lembaga beras merah sering digunakan menjadi tepung. Manfaat beras merah jika di konsumsi sebagai penganti beras putih lebih mempunyai nilai positif, berikut penjelasannya.


Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan



Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan


Mengonsumsi beras merah secara teratur dapat mengatasi dan membantu menyembuhkan beberapa penyakit, seperti :

1. Menghaluskan kulit, mengatasi atau mengurangi alergi.
2. Mencegah, mengatasi dan meringankan penyakit degeneratif seperti, hipertensi, diabetes militus, pengerasan pembuluh darah, mata rabun, asma, lever, dan penuaan dini. { Baca  : Manfaat Gandum Bagi Kesehatan }
3. Kaya serat, mampu memperbaiki masalah pencernaan, perut kembung, sembelitm dan menurunkan kolesterol darah
4. Manfaat beras merah juga dapat meningkatkan stamina, menguatkan organ tubuh, mengatasi cepat lelah, sakit kepala, pusing, insomnia, flu dan vitalitas pada pria.
5. Beras merah kaya akan vitamin B, dapat mengatasi kesemutan pada kaki dan tangan, sakit pinggang, pegal bahu, beri-beri dan rematik.

Untuk mendapatkan nasi beras merah yang enak untuk dikonsumsi dan tanpa mengurangi manfaat beras merah didalamnya, berikut cara memasak beras merah yang bisa di terapkan di rumah.

Cara memasak beras merah sebaiknya tidak menggunakan rice cooker. Baiknya menggunakan cara memasak tradisional dengan ditanak atau di rebus dahulu kemudian dikukus sampai matang.


Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan



Cara Memasak Beras Merah
Pertama bersikan beras merah dibawah air keran dan bilas beberapa kali agar dapat mengurangi gelembung pati saat di masak. Lalu, saring dan pindahkan dalam mangkuk.

Siapkan panci besar dengan volume 10 sampai 12 liter. Takaran air untuk satu cangkir beras yaitu 10 cangkir, jika memasak 2 cangkir beras merah, maka menggunakan air 20 cangkir. Hasilnya sekitar 6 sampai 7 cangkir nasi matang ( 1 cangkir = 237 ml ).

Setelah air dalam panci mulai mendidih, masukan beras merah, lalu kecilkan api menjadi sedang dan masak selama30 menit tanpa di tutup. Setelah itu, saring air beras yang tersisa menggunakan saringan sampai semua air teritis.

Masukan kembali beras kedalam panci tertutup dan biarkan matang selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu buka tutup dan nikmati mersama menu sehat lainnya.

Gunakan panci yang lebih besar untuk menghasilkan nasi beras merah yang baik dan jangan biarkan beras merah lebih dari 20 menit, masukan kedalam penghangat nasi.

Cara Membuat Bubur Beras Merah Wortel
Beras merah juga baik untuk bayi, biasanya ibu menggunakan tepung beras merah yang di beli di toko atau membuatnya sendiri dirumah. Cara membuatnya dengan melarutkan 2 sendok tepung beras merah kedalam 100 ml air diatas panci menggunakan api yang kecil. 

Lalu, masukan potongan kecil ½ wortel dan aduk hingga sedikit layu. Setelah matang campurkan Asi atau susu formula cair sebanyak 200 ml dan ratakan. Porsi ini untuk 2 kali makan.

Salam.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top