Manfaat Buah Lengkeng Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Lengkeng Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Lengkeng – Buah lengkeng atau Euphoria Longana dikenal dengan buah yang mempunyai rasa manis dan mempunyai daging besar. Lengkeng biasa dikenal dengan nama buah kelengkeng biasa dikonsumsi secara langsung, di buat minuman penyegar bahkan dikeringkan. Manfaat buah kelengkeng diantaranya berupa vitamin A, B, sukrosa glukosa dan beberapa kandungan penting lainnya dalam buah kelengkeng. Berkat hal tersebut, manfaat buah lengkeng bagi kesehatan di antaranya memulihkan tenaga, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, hernia, sehat untuk usus, dan baik untuk pencernaan.

Berikut kandungan dalam 100 g buah kelengkeng yang melengkapi segala manfaat buah lengkeng untuk kesehatan berupa kalori 60 kcal, karbohidrat 15g, protein 1.3g, serat 1.1g, air 83g, vitamin B1 0.031mg, vitamin B2 0.14mg, vitamin B3 0.3mg, vitamin C 84mg, Kalsium 1mg, Besi 0.13mg, Mangan 0.05mg, Magnesium 10mg, Fosfor 21mg, kalium 266mg. mengonsumsi buah lengkeng memang bermanfaat untuk tubuh, tetapi dalam kadar yang secukupnya, jika berlebih akan menyebabkan tubuh menjadi panas, karena kelengkeng mengandung banyak energi.

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dapat di jadikan rauan obat beberapa penyakit, berikut penjelasannya.

manfaat lengkeng bagi ibu hamil

Manfaat Buah Lengkeng Bagi Kesehatan


Obat Penenang
Bersihkan 15g buang lengkeng dan 6 kurma cina yang telah di asamkan. Kukus dan berikan pada penderita 1 kali sehari. Manfaat buah kelengkeng ini juga sebagai obat tidur alami dan senyawa fitokimia dalam buah lengkeng dapat mengendurkan saraf yang tegang. { Baca juga: Beragam Manfaat Buah Leci penyegar Tubuh }

Diare
Siapkan 60gram daging buah lengkeng, buang kulit dan biji. Dan konsumsi buah lengkeng di 2 kali sehari setelah makan. Dengan takaran 30g per konsumsi di waktu pagi dan sore.

Buah Penyembuhan
Jika badan anda lemas setelah sakit, pusing dan pengelihatan kabur, Konsumsi 250 gram daging buah lengkeng setiap hari.

Menghilangkan Bau Badan
Manfaat buah lengkeng dapat di jadikan obat bau badan yang cukup manjur. Caranya tidak dengan menggunakan daging buah namun menggunakan biji buah lengkeng. Caranya ambil 15 gram biji lengkeng dan 9 gram cabe hitam atau lombok hitam. Tumbuk halus dua bahan tersebut dan oleskan pada bagian ketiak.


manfaat buah lengkeng bagi tubuh


Jari kaki Gatal dan Bernanah
Manfaat buah lengkeng terutama biji memang cukup banyak salah satunya mengobati kaki gatal dan bernanah, caranya ambil 3-5 biji buah yang sudah dikeringkan, bakar hingga menjadi arang. Lalu di tumbuk dan taburkan pada bagian yang bernanah.

Luka tubuh Bagian Luar
Ambil 2-4 biji lengkeng, bakar hingga menjadi arang, lalu campur dengan satu sendok minyak zaitun dan oleskan pada bagian yang mengalami luka.

Manfaat Buah Lengkeng Untuk Ibu Hamil
Buah lengkeng juga baik untuk ibu hamil muda karena mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan ibu pada masa kehamilan serta perkembangan janin. Manfaat buah lengkeng untuk ibu hamil dapat menambah energi pada ibu dengan mengonsumsi secukupnya saja. Selain untuk ibu, untuk anak buah lengkeng juga baik karena vitamin dan nutrisi dalam buah baik untuk pertumbuhan anak.

Salam.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top