Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Diabetes

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Diabetes

loading...
Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Diabetes – Tanaman sirih subur tumbuh di semua wilayah Indonesia. Khasiat sirih untuk tanaman obat sudah terbukti selama berabad abad lamanya. Saat ini ada jenis sirih baru yang sedang diteliti manfaatnya. Sirih merah atau Piper Betle L. Var rubrum mengandung deretan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Seperti halnya sirih hijau, sirih merah mengandung flavonoid, saponin, tanin dan eugenol. Selain juga mengandung polifenol dan alkeloid.
Daun sirih merah bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, mengatasi jamur, antiseptik, menjaga kekebalan tubuh, mengobati sariawan dan mimisan. Saat ini penelitian tentang daun sirih menyebutkan bahwa sirih merah bagus untuk penderita diabetes dan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan alkeolid dalam sirih merah. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat daun sirih merah untuk diabetes.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk kecantikan

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Diabetes


Manfaat daun sirih merah untuk diabetes tidak lepas dari peranan senyawa flavanoid yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Flavonoid inilah yang mempunyai efek hipoglemik cukup tinggi. Beberapa penelitian lainnya menyebutkan bahwa penggunaan daun sirih merah bagi penderita diabetes harus dalam dibawah pengawasan ketat. Efek hipoglemik menjadi faktor pertimbangan utama. Karena apabila berlebihan, bukan kadar gula yang stabil, bisa jadi akan berefek buruk bagi penderita diabetes. [ Baca juga : Manfaat Daun Sirih

Selain dari manfaat flavonoid dalam daun sirih merah, polifenol juga mengambil peranan penting dalam menjaga kadar gula darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dr. Neil Solomon pada 27000 pasien yang mengindap berbagai penyakit, diantaranya adalah diabetes menyebutkan bahwa setelah melakukan perawatan rutin menggunakan daun sirih merah, pasien pasien tersebut menunjukkan peningkatan kesehatan. 82 persen dari pasien tersebut menunjukkan kemajuan. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang jauh lebih stabil dibanding sebelumnya.


Cara Mengeringkan Daun Sirih Merah
Daun sirih merah bisa dikonsumsi langsung saat masih segara. Namun jika anda menginginkan daun sirih merah tahan lama maka coba ikuti langkah langkah mengeringkan daun sirih merah berikut ini. Cara ini bisa membuat daun sirih merah bertahan selama 1 tahun ke depan.

  1. Siapkan daun sirih yang mempunyai kadar air 80 %
  2. Iris tipis tipis setelah dibersihkan
  3. Letakkan semua irisan daun sirih merah diatas nampan yang sudah dialasi kain berwarna hitam
  4. Jemur dibawah terik matahari sampai benar benar kering
  5. Masukkan dalam toples dan tutup rapat. Sebaiknya jauhkan dari area yang lembab.

Cara Membuat Obat Diabetes Daun Sirih Merah

Berikut adalah cara membuat obat diabetes dari daun sirih merah

  1. Siapkan daun sirih kering. Ambil kira kira tiga lembar daun sirih
  2. Siapkan kayu jamblang 40 gram
  3. Saipakan kayu gayam yang sudah dibersihkan kulitnya
  4. Rebus ketiga bahan tadi dalam air 400 ml sampai airnya tinggal 200 ml.
  5. Saring setelah dingin
  6. Minum 2 kali dalam sehari masing amsing 100 ml
Sekali lagi manfaat daun sirih merah untuk diabetes harus diawasi pengunaannya. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top