Manfaat Kulit Salak Untuk Diabetes

Manfaat Kulit Salak Untuk Diabetes

Manfaat Kulit Salak – Buah salak mempunyai gizi dan fitonutrien serta memiliki vitamin C, tanin dan serat yang baik untuk diet. Pada bagian yang bisa dimakan buah salak mengandung Protein, Kalori, Karhohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin B dan Air. Selain daging buah yang berguna, limbah kulit salak juga dapat digunakan sebagai obat, manfaat kulit salak dapat di gunakan sebagai obat diabetes.

Manfaat Kulit salak  tidak terlepas dari beberapa kandungan penting di dalamnya. Kulit salak mengandung air, karbohidrat dan protein, konsumsi kulit salak tidak dengan memakan mentah kulit salak yang keras dan runcing, tetapi diperlukan pengolah sebelum dikonsumsi. Dapat di olah dengan cara direbus dan diambil sarinya atau melalui proses extraction.

Kulit salak memiliki kandungan senyawa bioaktif yang dapat mengobati diabetes atau kencing manis. Berikut manfaat kulit salak dapat mengobati penyakit diabetes dapat di peroleh dengan cara berikut ini.

Manfaat Kulit Salak Untuk obat

Manfaat Kulit Salak

 

Cara Mengolah Kulit Salak Untuk Diabetes

Bahan yang diperlukan adalah kumpulkan 100 g kulit salak dan 1000 ml air bersih.

Cara membuatnya bersihkan 100 kulit salak yang telah dikumpulkan, masukan kedalam kuali tanah liat ( jangan gunakan alumunium atau besi)dan masukan 1000 ml air. Rebus dengan menggunakan api kecil hingga mendidih. setelah mendidih saring dan minum airnya 3 kali sehari selama 2 minggu, kulit salak yang sudah di rebus tidak dapat di gunakan kembali. [ Baca juga :  Manfaat Kulit Semangka ]

Kandungan Kulit Salak
Kulit salak dapat mengurangi dan  menyembuhkan penyakit diabetes dengan menormalkan kembali tekanan darah. Selain kandungan gizi dalam kulit salak, manfaat kulit salak juga tidak terlepas dari beberapa kandungan senyawa bioaktif yang terdiri atas.

Ferulic Acid dan Proline – adalah bahan yang membantu dan mestimulus pembentukan kolagen dan elastin dimana keduanya mempunyai peranan penting untuk membetuk jaringan sel baru dalam tubuh.

Cinnamic acid – adalah bahan aktif yang menggerakan  sel  sehingga dapat terjadi peremajaan pada sel epitel. Ferulic acid, proline dan cinnamic acid mempunyai peranan penting pada tahap perbaikan pankreas terhadap penderita diabetes tipe I .

Ptetostilbene – adalah senyawa anti diabetes yang dapat mengurangi konsentrasi gula pada darah.

Penyakit Diabetes
Diabetes melistus atau biasa dikenal dengan penyakit kencing manis adalah penyakit yang tergolong sulit diobati, dengan menggunakan menfaat kulit salak diabetes dapat di cegah dan dapat disembuhkan. Penyakit ini karena kadar gula dalam darah yang meningkat akibat gangguan metabolisme tubuh. Pankreas tidak mampu memproduksi hormon  insullin. Sehingga tidak dapat menghasilkan glukosa sebai sumber energi utama bagi otot.

Manfaat Kulit Salak Untuk kesehatan


Gejala Penyakit Diabetes
Penyakit ini sulit di deteksi karena gejala awal yang timbul sama dengan penyakit flu. Berikut gejala diabetes tipe 1 diantaranya :
  1. Sering berkemih, hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam darah. Serta  jika anak sering mengompol padahal anak tidak pernah mengompol sebelumnya juga menjadi gejala diabetes tipe 1 ini.
  2. Banyak minum dan mudah dehidrasi.
  3. Mudah lelah
  4. Berat badan turun dengan cepat.
  5. Sering kesemutan.
  6. Luka sulit sembuh.

Diabetes pada wanita mempunyai ciri khusus, diantaranya :
  1. infeksi pada vagina ditandai dengan munculnya keputihan tidak normal secara berulang.
  2. Daerah intim mudah terserang jamur karena mengalami kelembapan yang tiinggi.
  3. Gangguan fungsi hormon karena aliran darah tidak lancar.
  4. Kadar kolesterol meningkat.
Dengan menggunakan manfaat kulit salak dapat di gunakan sebagai obat tradisional tanpa efek samping dan mudah untuk di dapatkan. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top