Obat Tradisional Dari Asam Jawa

Obat Tradisional Dari Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa – Selain Digunakan untuk bumbu dapur, asam jawa memiki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Asam jawa atau Tamarindus indica juga digunakan untuk pengobatan tradisional, manfaat asam jawa sebagai obat tradisional yang paling terkenal adalah sebagai obat batuk berdahak dan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat asam jawa berasal dari kandungan beberaoa kandungan kimia di dalamnya seperti saponin, flavonoid dan tanin. Senyawa aktif tanin dan flavonoid dalam asam jawa dapat meningkatkan peluruhan lemak dengan meningkatnya metabolisme tubuh sehingga terjadi pembakaran timbunan lemak. Selain itu asam jawa mengandung asam tatrat, asam sitrat dan gula. Didalam 100 g asam jawa masak mengandung kalori 239 kal, Lemak 0.6 g, Protein 2.8 g, kalsium 74 mg, karbohidrat 62.5 g, zat besi 0.6 mg, Vit A 30.0 SI, Vitamin B 0.34 mg, Vitamin C 2 mg, Fosfor 113 mg, Air 31.4 g. yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

manfaat asam jawa untuk diet

Manfaat Asam Jawa Sebagai Obat

Karena banyaknya kandungan di dalam asam jawa, maka asam jawa dapat di gunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya. [ Baca juga :  Manfaat Kayu Manis

Asma
Gunakan 2 potong kulit pohon asam jawa, dan adas pulawaras secukupnya. Masukan kedua bahan tersebut kedalam panci berisikan 1 liter air dan rebus sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah 2 kali sehari secara rutin.

Batuk Kering
Siapkan 3 polong buah asam hawa, dan ½ genggam daun saga. Lalu rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai mendidih, biarkan air surut hingga 1 gelas lalu saring. Minum 2 kali secara rutin pagi dan sore.

Demam
Siapkan satu genggam daun asam jawa,  dan adas pulawaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan ½ liter air sampi mendidih, lalu saring. Minum 2 kali sehari secara rutin.

Sakit Panas Dalam
Siapkan 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya. Seduh kedua bahan tersebut dengan air hangat satu gelas, kemudian saring dan minum saat badan mengalami panas dalam. Ibu hamil di larang meminum resep ini.

manfaat asam jawa untuk kulit


Reumatik
Siapkan 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu). Lalu tumbuh kedua bahan tersebut sampai halus, lalu kompres kan pada bagian yang terkena rheumatik. [ Baca juga : Khasiat Beras Kencur

Sakit perut
Siapkan 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, air kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Lalu campurkan semua bahan dan ratakan, gunakan untuk obat gosok terutama pada bagian perut.

atau juga bisa dengan menggunakan 2 polong buah asam jawa, 1 sendok bubuk kunyit, 1 potong gula merah. Jika menggunakan kunyit biasa, dapat menggunakan 1 kunyit berukuran seibu jari lalu parut. Setelah itu campurkan semua bahan dan seduh dengan i gelas air panas dan disaring. Minum biasa ketika mengalami sakit perut.

Alergi
Gunakan 2-3 polong buah asam jawa yang sudah tua, garam secukupnya, dan ¼ sendok kapur sirih. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyurut hingga 2 gelas saja, lalu saring dan minum 2 kali sehari dengan takaran 1 gelas perminum.

Borok
Gunakan 3-4 biji asam jawa dan tumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan pada luka kemudian di perban.

Darah Rendah
Gunakan 5 gram asam jawa, bayam 250 gram, gula aren 10 g, bawang merah 50g, cabai 15 gram, garam dapur secukupnya. Rebus bayam, jangan terlalu layu atau masak. Tumbuk semua bahan kecuali rebusan bayam dan jadikan sambal. Siapkan juga sebelumnya nasi beras merah sebelumnya, gunakan nasi beras merah, sambal asam jawa, dan bayam rebus untuk menu makan siang yang dapat menormalkan kembali darah anda. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top