Beras Kencur Minuman Penyegar Tradisional

Beras Kencur Minuman Penyegar Tradisional

loading...

Manfaat Beras Kencur – Keempferia galanga L atau kencur merupakan rempah yang di jadikan untuk bahan minuman penyegar. Minuman ini masuk golongan minuman jamu, salah satu manfaat beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan dan dapat di jadikan obat tradisional untuk tubuh. Beras kencur adalah minuman yang berasal dari beras yang di haluskan dan rimpang kencur. Kombinasi ini banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar, rasa manis dari beras kencur berasal dari gula merah, gula kelapa atau gula aren.
Kencur bahan utama yang digunakan untuk beras kencur mempunyai beberapa kandungan yang melengkapi segala manfaat beras kencur untuk kesehatan. diantaranya kencur mengandung Mineral 13,73 %, Pati 4,14 % dan minyak Atsiri 0.02% yang berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinamic, Ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anicic, alkoid dan gom.
Baiknya mengonsumsi beras kencur tidak dalam bentuk bubuk, beras kencur bubuk tentunya juga memiliki beberapa kandungan kimia dalam pembuatannya. Berikut manfaat beras kencur untuk tubuh. Diantaranya.

manfaat beras kencur untuk kesehatan

Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan


Beras kencur  telah lama dipercaya memiliki khasiat untuk mengurangi dan menyembuhkan pegal pada tubuh, sehingga membuat terasa lebih segar dan rileks. Kandungan minyak atsiri pada beras kencur berfungsi sebagai zat analgesic sehingga dapat meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh, masuk angin, migrain dan rematik. [ Baca juga : Manfaat Kunyit

Obat Batuk 
Ambil beberapa beras kencur, kupas kulitnya dan parut. Peras dan ambil sarinya dan disaring. Tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari sampai batuk menghilang.
Keseleo
Satu rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Luma tkan pada air secukupnya tambahkan minyak kayu putih. Oleskan dan pijit halus pada bagian yang keseleo dan balut dengan kain kasa.
Menghilangkan  kembung
Gosok kencur yang telah di belah menjadi 2 bagian secara lembut kebagian perut, terus gosok hingga perut menjadi hangat dan kembung menjadi hilang.
Radang Lambung
Dengan meminum beras kencur secara rutin di pagi hari sebelum perut kosong dapat mengobati radang lambung.
manfaat beras kencur untuk kecantikan

Menambah Vitalitas Pria
Minum beras kencur secara rutin setiap hari minimal 1 hari sekali dapat menambah vitalitas pada pria. Dan beberapa manfaat beras kencur jika di konsumsi secara langsung juga dapat memperlancar wanita yang sedang haid. Mengatasi mata kelelahan, influenza pada bayi, mencegah jerawat dan masih banyak lainnya. Berikut cara membuat beras kencur. [ Baca juga : manfaat coklat
Cara Membuat Beras kencur
Siapkan 250 g beras, 500 g Kencur, 200 g gula pasir, 100 g gula merah, 1 jeruk nipis, 1,5 liter air, sedikit garam, kayu manis dan cengkeh.
Cara membuatnya dengan merendam beras selama 4 jam kemudian tiriskan, bersihkan kencur lalu tumbuk bersama beras, kencur, cengkeh dan kayu manis (bisa menggunakan blender). Rebus air bersama gula jawa, masukan bahan yang telah di haluskan tadi, masukan sedikit garam, aduk hingga mendidih kurang lebih selama 20 menit. Setelah mendidih, lalu saring dan tambahkan perasan jeruk nipis sesuai selera, minum selagi masih hangat. Resep ini untuk 8 – 9 gelas, untuk diawetkan dapat di masukan ke dalam kulkas.
Selain di minum, beras kencur juga dapat di gunakan untuk perawatan wajah. Khususnya untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam. Dengan menggosok kencur yang sudah di bersihkan dan di potong pada bagian yang berjerawat, diamkan selama setengah jam dan basuh dengan air hangat. Kemudian bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori – pori yang terbuka. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top