Perawatan Wajah Secara Tradisional di Rumah Sendiri

Perawatan Wajah Secara Tradisional di Rumah Sendiri

Perawatan Wajah Secara Tradisional – Bahan tradisional adalah warisan alam yang banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Bahan tradisional juga menjadi bahan utama pembuatan kosmetik di tanah air. Lihat saja, beberapa produk kecantikan masih menggunakan bahan bahan tradisional, seperti kunyit, telur, jeruk nipis, serta beras sebagai bahan utama kosmetik. Bahan tradisional saat digunakan dalam perawatan wajah secara tradisional sudah digunakan selama berabad abad sebelumnya.

Perawatan wajah secara tradisional bisa dilakukan sendiri di rumah. Memetik manfaat bahan tradisional ini tergolong mudah. Kita bisa membuat masker atau scrub untuk perawatan kulit dari luar. Atau bisa juga meminumnya sebagai perawatan dari dalam. Berikut adalah perawatan wajah secara tradisional.


perawatan wajah secara tradisional dengan kunyit

Perawatan Wajah Secara Tradisional


Bekatul
Bekatul adalah kulit padi yang telah menjalani proses penggilingan. Bekatul mempunyai tekstur halus. Dahulu, bekatul sering dimasak menjadi bubur dan menjadi makanan alternatif bagi masyarakat. Kehalusan tekstur inilah yang dimanfaatkan dalam perawatan wajah. Bekatul juga mengandung Phytic acid, yaitu sejenis senyawa yang memicu produksi kolagen pada kulit wajah. Kolagen sangat bermanfaat dalam menjaga kekenyalan kulit secara alami. { Baca Juga: Cream Perawatan Wajah Alami Pada Masa Kehamilan }

Cara membuat masker atau scrub dari bekatul mudah saja. Ambil bekatul. Tambahkan sedikit air sampai adonan masker/ scrub terbentuk. Oleskan pada wajah sembari diberi pijatan ringan. Cara ini bisa mengangkat sel sel kulit mati di wajah. Bersihkan wajah setelah 15 menit pemakaian.

Bubuk Kopi
Bubuk kopi merupakan minuman paling umum ditemukan disetiap rumah tangga. Dalam perawatan wajah secara tradisional, pilihlah bubuk kopi kasar. Bahan satu ini bisa dimanfaatkan sebagai scrub. Manfaat scrub kopi adalah melembutkan wajah, membuat wajah kenyal, mengandung anti oksidan tinggi, serta bisa menjadi aroma terapi ampuh (jika menyukai kopi). Scrub kopi ini bagus digunakan bagi pemilik wajah normal dan kering.


perawatan wajah secara tradisional dengan jeruk nipis


Garam
Garam pasti ditemukan di setiap rumah. Bumbu wajib ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan ekfolian yang sangat bagus. Garam bisa mengangkat sel sel kulit mati. Sifatnya lebih keras namun jika digunakan sebagai , garam bisa dicampurkan ke dalam air. Atau bisa juga dicampurkan dengan minyak zaitun. Manfaat perawatan wajah secara tradisional ini adalah menangani kulit berminyak, mengangkat sel kulit mati, serta melembabkan kulit secara alami.

Oatmeal
Makanan dari biji gandum ini bukan hanya mengenyangkan perut saja. Oatmeal bagus dalam menjaga kesehatan jantung, menghindari tekanan darah tinggi, kolesterol, juga menurunkan berat badan. Oatmeal bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah secara tradisional. Caranya adalah membuat oatmeal menjadi scrub. Scrub ini utamanya berfungsi mengangkat sel kulit mati. Hasilnya adalah wajah menjadi lembut, segar, tampak muda serta berkilau alami. Jika saat memakai scrub wajah terasa perih, rasa perih ini bisa dihilangkan dengan memijat selama pemakaian scrub.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis biasa digunakan sebagai penyedap rasa. Campuran bahan makanan berasa asam ini ampuh digunakan guna membasmi jerawat. Manfaat lainnya adalah membuat wajah tampak cerah, anti oksidan tinggi, mengatasi jerawat, serta mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top