Tips Puasa Saat Hamil Dan Menyusui

Tips Puasa Saat Hamil Dan Menyusui


Tips Puasa Saat Hamil – Sebelum melakukan pemeriksaan ibu hamil sebaiknya tidak menjalankan ibadah puasa, namun jika ibu hamil telah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat oleh dokter maka diperbolehkan untuk berpuasa. Ibu hamil saat menjalankan puasa sangat berbeda dengan wanita normal, memerlukan tips puasa saat hamil khusus agar puasa menjadi lebih bermanfaat.

Bagi ibu hamil yang ingin tetap berpuasa ada tips puasa saat hamil khusus agar tetap menjaga kesehatan janin di dalam kandungannya. Berikut beberapa tips puasa saat hamil diantaranya.

Tips Puasa penderita Magh

Tips Puasa Saat Hamil


Sahur
Pilih makanan yang mengandung lemak 10-20%, karbohidrat 50% dan protein 30%. Makanan dengan prinsip gizi cukup dan seimbang akan bertahan lebih lama di pencernaan sehingga menghambat rasa lapar. Tips puasa saat hamil ada buah atau sayur berserat tinggi agar tidak tejadi konstipasi (BAB tidak Lancar) sehingga menyebabkan gangguan wasir pada ibu hamil. {Baca: Tips Sehat Puasa Untuk Ibu Menyusui }

Selain itu, saat sahur ibu hamil juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C serta mineral seng ( zink ) untuk menjaga vitalitas ibu. Tips puasa saat hamil juga menyarankan agar menghindari makanan manis saat sahur agar tidak mudah lemas akibat insulin shock. Tambahkan susu dan air putih untuk menghindari risiko anemia.

Saat Puasa
Saat berpuasa hindari stres dan berilah tubuh istirahat yang cukup. Kurangi aktifitas sehingga dapat menghemat energi, saat hamil energi mudah terkuras.

Berbuka puasa
Awali minuman hangat dan manis sebagai pembuka menu berbuka anda. dalam tips puasa saat hamil dan menyusui setelah meminum segelas air hangat dianjurkan makan makanan yang mengandung karbohidrat simpleks seperti kurma atau kolak karena lebih mudah diserap tubuh dan melengkapi tips puasa saat hamil. setelah shalat magrib, konsumsi makanan dalam porsi yang tidak berlebihan. Sebelum tidur malam atau setelah salat tarawih dalam tips puasa usahakan makan sedikit buah atau sayur serta konsumsi air putih.

Tips Puasa Saat Hamil
Saat hamil memerlukan tips puasa khusus agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, tips puasa saat hamil berikut untuk ibu sebelum melakukan puasa dan ketika melakukan ibadah puasa.


Tips Puasa Penderita Magh


Memeriksa Kondisi Tubuh
Pertama kali sebelum berpuasa tips puasa saat hamil mempunyai banyak manfaat. Manfaat puasa saat hamil salah satunya adalah mencegah obesitas. Untuk ibu hamil dan menyusui berpuasa dibulan ramadhan tidak diwajibkan tapi bisa di ganti di hari lain. Sebelum berpuasa ada baiknya untuk memeriksakan diri kedokter kandungan, hal ini untuk mengetahui kondisi tubuh dan janin apakah kuat untuk menjalankan ibadah puasa tersebut.

Menu makan
Asupan nutrisi gizi ibu hamil harus ditingkatkan porsinya. Untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil memerlukan porsi makan yang lebih banyak, dalam 1 hari ibu hamil setidaknya mengonsumsi Makanan pokok seperti nasi, roti, mi dan sereal 6 piring seukuran kepalan tangan, sayuran 3 mangkuk, buah 4 potong, protein susu, yogurt, keju 2 gelas (pilih), lauk pauk 3 potong, minyak 5 sendok dan gula 2 sendok makan, Makanan ini untuk sahur dan berbuka sebagai menu tips puasa saat hamil.

Tips puasa saat hamil harus segera di batalkan jika terjadi diare diikuti mulas dan melilit, mimisan, lemas, pusing, komtraksi, muntah dan keringan dingin sebagai pertanda bahwa kondisi fisik ibu sedang kurang baik untuk berpuasa. 

Terima kasih sudah berkunjung di blog perawatkulit.blogspot.com.
Salam.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top