Tips Sehat Puasa Untuk Ibu Menyusui

Tips Sehat Puasa Untuk Ibu Menyusui

loading...

Tips Puasa Ibu Menyusui – Ibu menyusui di perbolehkan puasa selama dala keadaan sehat. banyak ibu hamil yang bertanya tentang bagaimana tips puasa untuk ibu menyusui ? langkah awal ibu harus mengetahui betul kondisi ibu dan bayi sebelum melakukan ibadah puasa. Dengan begitu, akan tetap menjaga keamanan kesehatan ibu dan bayi. Ibu diperbolehkan berpuasa setelah lepas daru masa ekslusif asi pada anak. Ibu menyusi tidak di larang untuk berpuasa tapi tetap harus memberikan hak anak terutama pada bayi yang baru lahr sampai umur 6 bulan.

Tips puasa untuk ibu menyusui yang aman yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih dan nutrisi pendukung lain nya agar memenuhi standar asi sang bayi saat mengonsumsi asi ibu. Sebenarnya berpuasa tidak akan mempengaruhi asi ibu, hal ini yang banyak di takutkan ibu jika berpuasa. Asi tidak akan berkurang saat berpuasa, berpuasa tidak akan menyebabkan berhentinya asupan asi yang di hasilkan ibu untuk anak. Yang mempengaruhi asi adalah rangsangan stres pada ibu, ketika masa menyusui, hindari stres dan berilah cukup istirahat.

Berikut tips puasa untuk ibu menyusui yang aman dijalankan bagi ibu menyusui.

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui


Sebelum memutuskan untuk berpuasa, ibu harus memperhatikan beberapa hal seperti sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah tidak lagi mendapat ASI ekslusif dimana bayi sudah berumur 6 bulan, berkolsultasi pada dokter bila tetap ingin berpuasa saat bayi berumur dibawah 6 bulan, hormon aksitosin menyebabkan produksi susu berkurang saat puasa maka dari itu usahakan anda menyusui bayi lebih banyak saat berbuka dan menjelang berbuka sahur. { Baca: Tips Puasa Sehat Tubuh Tetap Bersemangat }

Selain itu, pastikan anda makan tetap 3 kali sehari, yaitu saat buka, sahur dan menjelang tidur atau sesudah tarawih, sama seperti tips puasa untuk ibu hamil konsumsi makanan yang mengandung 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak agar ASI tetap berkualitas, hindari stres dan banyak minum air putih 2 liter per hari.

Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui
Tidak jauh berbeda dengan tips puasa untuk ibu hamil, ibu menyusui juga harus menjaga pola makan dan asupan nutrisi dalam tubuh. berikut ulasannya


Tips Puasa Untuk Ibu hamil


Asupan Menu Sehat Gizi Seimbang
Baik ibu menyusui dan sedang berpuasa membutuhkan 700 kalori perhari. 500 kalori berasal dari makanan ibu dan 200 kalori dari cadangan lemak dalam tubuh. ibu harus tetap menjaga pola makan 3x sehari dengan menu sehat gizi seimbang. Hal ini juga berlaku untuk tips puasa untuk ibu hamil, penyebab asi berkurang berasal dari stres dan dehidrasi. Pencegahan dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari ditambah jus, susu dan teh manis saat berbuka.

Istirahat cukup
Semakin sering payudara dihisap oleh bayi, produksi asi akan semakin banyak. ASI akan tetap lancar hanya saja yang perlu di perhatikan bagi tips puasa untuk ibu menyusui adalah hindari tres dengan beristitirahat sejenak agar tetap relaks.

Tips Puasa Untuk ibu Menyusui
Hentikan segera puasa anda jika merasa pusing karena mungkin anda mengalami dehidrasi, urin berwarna gelap dan berbau menyengat tanda kurang cairan, lesu dan lemah. Tubuh ibu menyusui membutuhkan asupan energi dan nutrisi, puasa aman untuk ibu menyusui jika merasakan hal tersebut batalkan puasa anda dan segera periksakan ke dokter.

Terima kasih sudah berkunjung di blog perawatkulit.blogspot.com.
Semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top