5 Hal Penting dalam Menjaga Kesehatan ReProduksi Wanita

5 Hal Penting dalam Menjaga Kesehatan ReProduksi Wanita

loading...
Sistem re-produksi merupakan salah satu hal yang sensitif pada tubuh wanita. Perubahan hormon, kelainan pada organ re-produksi, penyakit, infeksi dan juga stress bisa saja mengakibatkan kemandulan. Oleh karena itu, kesehatan re-produksi wanita adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Selain mencegah berbagai penyakit, menjaga kesehatan re-produksi adalah sesuatu yang tak boleh luput diperhatikan oleh semua wanita. Baca : Kebiasaan Yang Dapat Membahayakan Tubuh Anda

kesehatan reproduksi Wanita


1. Menjaga Kebersihan Organ Re-produksi
Penyakit yang menyerang organ intim salah satunya diakibatkan karena kurangnya menjaga kebersihan. Dalam membersihkan miss V, gunakan air yang benar-benar bersih dan hindari menggunakan sabun biasa. Sabun biasa mengandung pH yang tidak seimbang, sehingga bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan pada miss V.

Cara membersihkan miss V yang benar juga harus diperhatikan, yakni dengan membilas bagian depan lalu ke belakang, sehingga miss V tidak terkontaminasi oleh kuman dari anus. Saat haid, rajinlah mengganti pembalut setiap 2-3 jam sekali dan pastikan miss V anda bersih sebelum menggunakannya.

2. Menjaga Tingkat Keasaman Miss V
Organ kemaluan atau miss V pada wanita memiliki tingkat keasaman 3,5. Untuk menjaga tingkat keasaman ini dengan baik, anda dianjurkan untuk tidak menggunakan larutan dengan bahan kimia saat membasuh miss V, apalagi menggunakan sabun biasa. Agar tingkat kelembaban miss V tetap terjaga, tidak perlu menggunakan pantyliner saat tidak sedang haid.

3. Merapikan Bulu Kemaluan
Daerah miss V yang rawan biasanya rentan akan kuman. Rambut atau bulu kemaluan yang tidak dirapikan bisa menjadi sarang kuman dan mengakibatkan penyakit. Bahkan sebagian penyakit yang menyerang organ re-produksi diakibatkan oleh kutu kemaluan yang hinggap di rambut atau bulu kemaluan. Sebagai salah satu kiat menjaga kesehatan re-produksi wanita, rapikan bulu kemaluan dengan cara mencukurnya secara rutin. Tidak perlu mencabutnya karena justru akan menimbulkan iritasi pada miss V.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh Anda
Jaga daya tahan tubuh anda dengan olahraga rutin dan rajin mengkonsumsi makanan sehat. Dengan berolahraga, peredaran darah dalam tubuh akan meningkat. Hal tersebut dapat berguna mencegah lemak berlebih di sekitar miss V, sehingga anda terhindar dari kanker serviks dan penyakit lainnya. Pola tidur yang sehat dan teratur juga menambah daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit kesehatan re-produksi wanita.

5. Mengkonsumsi Kacang Kenari
Kacang kenari mengandung omega-3 asam lemak yang memproduksi hormon eikosanoid. Hormon tersebut meningkatkan aliran darah ke rahim sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan dan memfasilitasi perkembangan janin. Omega-3 dalam kacang kenari juga mampu menurunkan resiko kelahiran prematur dan berat lahir rendah. Konsumsi kacang kenari untuk meningkatkan kesuburan serta menjaga kesehatan re-produksi wanita.

Incoming Search Terms


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top