4 Resep Herbal Mengobati Diare Secara Alami

4 Resep Herbal Mengobati Diare Secara Alami

loading...
Diare sering terjadi pada anak yang bermasalah dengan makanan. Biasanya, diare yang menimpa anak disebabkan karena  banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman manis. Lebih spesifiknya, diare pada anak juga bisa terjadi akibat bakteri, parasit, maupun gangguan pada usus. Air yang tidak bersih serta obat-obatan kimia tertentu yang kurang tepat juga berpengaruh dan mengakibatkan diare. Jika sudah begini, bunda kerapkali kebingungan mengatasi diare pada anak

Namun, diare juga bisa terjadi pada orang dewasa. Saat diare, rasa lemas juga mendominasi sehingga mengakibatkan beberapa aktivitas sempat tertunda. Untuk mengobati diare secara alami, menggunakan bahan-bahan alami bisa didapat dengan cukup mudah dari makanan-makanan atau herbal. Baca Juga : Obat Alami Asam Urat Dengan Herbal

Obat herbal diare
Obat herbal diare

Obat herbal diare adalah solusi alternatif untuk menyembuhkan diare secara alami yang dapat dibuat sendiri di rumah. Tanpa perlu pergi ke dokter atau apotek, bahan-bahan berikut ini bisa didapatkan dengan mudah untuk mengatasi diare tanpa harus memakai obat kimia. Berikut diantaranya:

Larutan oralit
Oralit biasanya paling diandalkan ketika salah satu anggota keluarga terkena diare. Selain tersedia di toko obat, oralit juga bisa dibuat sendiri dengan menggunakan gula dan garam yang dilarutkan dengan air. Lebih tepatnya, gula sebanyak 2 sendok teh, garam dapur sebanyak setengah sendok teh dan air matang sebanyak satu gelas. Larutan tersebut dapat dimimum untuk mengatasi diare baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Oralit bisa diberikan pada anak maupun orang dewasa, dengan diperhatikan terlebih dahulu dosisnya, yang tentunya orang dewasa lebih banyak dosisnya.

Daun jambu biji
Daun jambu biji juga dipercaya oleh masyarakat Indonesia serta dikenal manjur sebagai obat herbal diare. Maka tak heran jika bahan ini menjadi salah satu bahan untuk membuat obat sakit perut dalam kemasan. Jambu biji yang cukup mudah didapatkan bisa dikonsumsi selagi masih muda untuk mengobati diare. Atau, daun jambu biji bagian pucuknya bisa dikonsumdi bersama dengan garam dapur. Ramuan tersebut cukup ampuh dan bekerja langsung menghentikan rasa sakit di perut. Akan tetapi jus buah sebaiknya tidak dianjurkan terutama pada anak, karena biasanya diare terjadi karena makanan manis yang membuatnya diare. Baca Juga : Makanan Sehat | Obat Alami Jantung

Buah pisang
Serat yang terkandung dalam buah pisang mampu larut dalam air, sehingga mengkonsumsi pisang dapat melancarkan buang air besar. Selain itu, buah pisang juga mengandung kalium yang mampi membantu mengganti elektrolit yang hilang selama diare. Maka ketika diare membuat tubuh terasa lemas, makan pisang akan cukup bermanfaat untuk menyembuhkannya dan memberikan tenaga. Bagi anak atau balita, pisang bisa langsung dimakan atau dilembutkan terlebih dahulu agar mudah ditelan.

Obat herbal diare

Teh herbal
Ketika sakit diare menyerang, teh herbal berupa chamomile atau peppermint mampu membantu meredakan rasa sakit dan memberikan rasa nyaman pada perut. Peppermint yang mampu menghilangkan peradangan juga dapat menghilangkan rasa nyeri pada usus. Teh chamomile juga mampu mengatasi diare, dengan cara kerjanya yang membuat oto-oto menjadi rileks yang membuat gas dalam usus berkurang. Konsumsi teh herbal agar diare bisa sembuh.

Itu tadi cara mengobati diare secara alami yang efektif menyembuhkan bagi anak maupun orang dewasa. Selain itu, diare yang menyerang anak perlu diatasi juga dengan menjaganya agar tidak dehidrasi, melalui minuman yang bisa diberikan berupa air putih maupun susu. Semoga ulasan mengenai obat herbal diare tadi bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top