Diet Ekstrim yang Sebaiknya Dihindari

Diet Ekstrim yang Sebaiknya Dihindari

loading...
Demi mendapatkan tubuh kurus ideal, nggak jarang segala hal ditempuh demi berat badan yang turun dalam waktu sesingkat mungkin. Namun tahukah bahwa diet ekstrim sebenarnya perlu dihindari? Memang, tubuhmu akan turun berat badan dalam waktu singkat. Tapi nggak menutup kemungkinan kalau sewaktu-waktu tubuhmu bisa kembali melar karena cara diet yang nggak sehat.
Tips diet ekstrim berikut ini sebaiknya kamu hindari, mengingat kesehatanmu juga lebih penting untuk dijaga. Baca Juga : Atasi Makan Berlebihan Dengan Tips Cepat Ini

Tips diet ekstrim

1. Diet bola kapas
Dari namanya aja memang nggak lazim. Dengan mengkonsumsi bola kapas yang dipercaya punya banyak serat dan sumber energi, bola kapas juga bisa menahan nafsu makan dengan efektif karena rasa kenyang lebih lama yang ditimbulkan. Meskipun sedikit aneh, diet semacam ini ternyata banyak diminati bahkan oleh orang-orang barat. Memang nggak langsung menelan bola kapas mentah-mentah, tapi dicelupkan ke dalam jus jeruk, perasan lemon atau smooties. Baru setelah itu ditelan.
Bola kapas sendiri memiliki kandungan zat yang sama dengan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk bikin baju atau pakaian. Otomatis, mengkonsumsi bola kapas sama saja kamu menelan baju-baju itu dengan sedikit rasa yang berbeda. Banyak ahli medis yang menentang diet semacam ini, karena resiko yang ditimbulkan berupa radang usus yang cukup serius.

2. Diet Alkohol
Mengkonsumsi alkohol memang nggak baik. Tapi siapa sangka, program diet ini menuntut pelakunya untuk mengganti makanan dengan alkohol. Lebih tepatnya, orang yang menggunakan cara diet ini mengurangi kalori makannya dan lebih banyak minum alkohol sebagai penggantinya. Diet ini mungkin sedikit populer di kalangan selebritis. Tapi terlepas dari berhasil atau tidaknya, diet semacam ini membuat tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan tubuh untuk bisa bertahan hidup. Kecanduan alkohol juga berdampak buruk untuk kesehatan. Sebaiknya, lakukan cara yang lebih normal untuk mengecilkan badan.

3. Diet Breatharian
Nggak makan dan minum apapun mungkin bisa menurunkan berat badan. Tips diet ekstrim satu ini memang berprinsip demikian, yakni hanya mengandalkan hidup dari udara dan tenaga matahari. Well, meskipun kedengarannya menarik, diet semacam ini ujung-ujungnya juga berdampak buruk pada kesehatan. Resiko dehidrasi, mal nutrisi hingga kematian bisa saja terjadi.

Selain diet yang memang sudah ekstrim seperti yang diulas di atas, diet yang mungkin terlihat normal juga bisa menjadi diet ekstrim yang sebaiknya kamu atasi kalau perilaku atau tubuhmu sudah mengalami hal-hal ini: Baca Juga : Diet Simple dan Efektif

Diet yang kamu jalani membuatmu susah tidur
Ketika diet yang kamu jalani mengakibatkan rasa lapar yang teramat sampai mengganggu tidurmu, diet semacam itu termasuk diet ekstrim yang bisa mengganggu. Nggak bisa tidur nyenyak justru akan membuatmu kesulitan melakukan aktivitas dengan lancar, bukan?

Tips diet ekstrim

Diet terlalu ketat
Jangan paksakan diri untuk terlalu keras demi menurunkan berat badan. Apalagi, jika kamu melakukan program diet secara tiba-tiba. Pahami bahwa tubuh kita juga perlu terlebih dulu beradaptasi, lakukan step by step pada program diet yang kamu lakukan. Diet ketat yang ingin kamu lakukan cepat-cepat bisa menimbulkan resiko sakit yang nggak main-main.

Pada akhirnya, mengurangi semua jenis makanan adalah sebuah pilihan
Alih-alih mengurangi karbohidrat atau lemak dalam tubuhmu, pada akhirnya kamupun membatasi semua jenis makanan yang sebenarnya kamu butuhkan. Cara semacam ini mungkin dapat membantumu menurunkan berat badan, tapi resiko kekurangan gizi juga nggak jarang kamu dapatkan dengan tips diet ekstrim semacam itu.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top