Obat Alami Asam Urat Dengan Herbal

Obat Alami Asam Urat Dengan Herbal

loading...
Asam urat bukan hanya mengkhawatirkan bagi para lansia. Pasalnya, tidak hanya pada usia lanjut, asam urat juga bisa menyerang orang muda pada usia 30-an akibat gaya hidup tak sehat. Penyakit asam urat biasanya disebabkan oleh protein berlebih dalam tubuh. Tubuh kita sendiri sebenarnya menghasilkan asam urat sebagai hasil samping metabolisme purin. Dalam keadaan normal, asam urat dapat ditemukan di urin maupun darah. Akan tetapi bila jumlah asam urat berlebihan dalam tubuh, maka tubuh cukup kesulitan untuk mengatur sistem pembuangannya. Akibatnya, kristal-kristal asam urat terbentuk dalam persendian sehingga mengakibatkan rasa sakit berupa nyeri pada persendian.

Obat herbal asam urat dapat menjadi pilihan alternatif yang mampu mengobati penyakit secara alami tanpa efek samping. Selain menghindari konsumsi jeroan, seafood, makanan berkaleng, daging merah serta durian dan beberapa makanan lainnya, penyembuhan asam urat juga dapat dilakukan dengan mengkonsusi tanaman obat atau herbal. Berikut ini tanaman obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat, diantaranya: Baca Juga : Tips Cara Menjaga Asam Urat Normal

Obat herbal asam urat
Obat herbal asam urat

Kumis kucing
Kumis kucing memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa penyakit, termasuk sakit asam urat. Garam kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu menghancurkan melarutkan batu ginjal. Selain itu, sifat diuretik pada tanaman ini juga mampu membuang asam urat berlebih melalui saluran urin.

Daun salam
Bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk penyembuhan asam urat. Senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tanin yang terkandung di dalamnya memiliki peran penting dalam mengontrol kolesterol.

Daun sambiloto
Tanaman obat yang satu ini juga mampu mengobati asam urat dan beberapa penyakit lainnya. Sambiloto memiliki kandungan flavonoid, kalsium serta kalium natrium yang juga dikenal sebagai antiradang dan penghilang nyeri. Tanaman ini juga berfungsi sebagai penawar racun. Di beberapa daerah, daun sambiloto dikenal dengan sebutan bidara, kayu mas dan lain sebagainya.

Buah ceri
Buah ceri juga bisa menjadi obat herbal asam urat. Buah ceri yang dikonsumsi secara rutin mampu membantu darah dan urin mengimbangi sifat keasamannya. Buah ceri juga mengandung kalium yang mampu mengatasi rasa nyeri yang kerap ditimbulkan oleh asam urat. Baca Juga : Cara Mengetahui Gejala Asam Urat

Obat herbal asam urat

Sidaguri
Dengan nama ilmiahnya Sida rhombifolia, sidaguri juga dikenal di berbagai daerah dengan nama bimutu, otok-otok, sadagori, kahindu serta siliguri. Tanaman ini mengandung senyawa seperti kalsium oksalat, alkalois, tannin, fenol, sponin, asam amino, minyak atsiri serta lubrikan. Dengan kandungan steroid dan aphredine pada akarnya, sidaguri mampu menjadi anti-radang, peluruh kencing san pembasmi rasa sakit. Sidaguri memiliki rasa yang manis namun sedikit panas dan sejuk. Untuk mengobati asam urat, gunakan akar sidaguri untuk menyembuhkannya.

Meniran
Sebagai tanaman obat penambah daya tahan tubuh, meniran juga mampu berfungsi sebagai anti-radang, peluruh kencing, peluruh dahak dan pereda demam. Meniran memiliki nama latin Phyllanthus Niruri dengan cara kerja yang sama dengan tanaman kumis kucing, yakni memiliki karakter diuretik yang mampu menyembuhkan asam urat.

Selain mengkonsumsi tanaman obat tersebut, menyembuhkan asam urat juga lebih maksimal jika dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti melakukan olahraga ringan dan diet yang sehat, serta kurangi makanan yang mengandung purin seperti udang, kepiting, kuning telur maupun daging sapi. Perbanyak minum air putih yang mampu membantu batu ginjal untuk mengeluarkan krostal asam urat dari tubuh. Demikian artikel mengenai obat herbal asam urat yang terbukti berkhasiat. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top