6 Herbal Berkhasiat Obati Diabetes

6 Herbal Berkhasiat Obati Diabetes

loading...
Penyakit diabetes memang cukup berbahaya, karena dapat menimbulkan kompilasi pada organ tubuh lainnya, diantaranya penyakit kardiovaskular, kerusakan syaraf hingga gagal ginjal. Diabetes disebabkan oleh kadar gula yang berlebih dalam darah. Sebagai pengobatan alami, beberapa tanaman obat mampu mengatasi penyakit diabetes tanpa efek samping.
Obat herbal diabetes berikut ini telah terbukti membantu menyembuhkan diabetes secara alami, diantaranya:

Ruellia Tuberosa
Pernah melihat anak-anak kecil bermain tanaman yang bisa meledak bila diberi air? Atau, dulu saat kecil pernah memainkannya. Tanaman tersebut ternyata mampu mengobati diabetes dan telah terbukti. Namanya Ruellia Tuberosa, nama yang sedikit asing namun kerap dijumpai dan tumbuh liar di sekitar rumah. Baca Juga : Tips Pencegahan Diabetes Mudah dan Efektif

Obat herbal diabetes

Cara mengkonsumsi tanaman tersebut cukup mudah. Pertama, cuci bersih dedaunan ruellia tuberosa yang telah didapat. Bila perlu, daun yang akan dimasak berjumlah cukup banyak dan mampu menutupi permukaan wadah. Lebih baik jika menggunakan wadah dari tanah liat untuk merebusnya. Rebus dedaunan dengan segelas besar air, kemudian diamkan lalu saring air rebusan daun ruellia tuberosa. Minum air rebusan tersebut di pagi hari sesudah sarapan dan sore hari ketika menjelang petang.

Fenugreek
Fenugreek atau kelabat adalah sejenis tanaman biji-bijian yang mampu mengobati penyakit diabetes. Tanaman ini sering dijadikan bumbu penyedap masakan oleh orang India dan banyak tumbuh di Asia. Cara kerjanya mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah. Kelabat atau fenugreek juga mampu menurunkan resistensi insulin, sehingga dapat membantu penyembuhan sakit diabetes. Namun perlu diketahui bahwa tanaman ini sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil atau sedang menyusui.

Kumis kucing
Biasa dikenal sebagai tanaman hias, kumis kucing ternyata mampu mengatasi penyakit diabetes. Dengan bentuk bunga yang unik, kumis kucing memiliki senyawa berkhasiat yang bermanfaat. Kandungan minyak atsiri, orthosihon glikosida, saponin, garam kalium serta myoinositol dalam tanaman kumis kucing mampu menurunkan gula darah. Terlebih, saponin dapat merangsang sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin, sehingga bermanfaat sebagai obat herbal diabetes yang cukup ampuh. Selain itu, zat anti peradangan dalam tanaman kumis kucing juga mampu mencegah amputasi akibat ulkus diabetes.

Daun sambiloto
Rasanya yang cukup pahit membuat daun sambiloto tidak begitu banyak dimanfaatkan. Akan tetapi, daun sambiloto memiliki manfaat besar dibalik itu. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam daun sambiloto mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, flavonoid juga terbukti mampu mengurangi produksi glukosa pada hati sehingga dapat mengontrolnya agar tidak mengingkat. Hal ini membantu dalam penyembuhan penyakit diabetes. Daun sambiloto juga mampu mengaktifkan aktivitas kelenjar tubuh, terkhusus sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin yang cukup.

Bawang putih
Banyak yang belum mengetahui bahwa bawang putih juga mampu menjadi obat diabetes. Bahkan, bawang putih dianggap sebagai herbal terbaik yang mampu menurunkan gula darah, memperbaiki sel-sel pankreas serta merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Dalam berbagai penelitian, bawang putih yang dikonsumsi terbukti mampu membantu penyembuhan diabetes. Baca Juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes

Obat herbal diabetes

Kayu manis
Sebagai penyedap rasa, kayu manis juga mampu membuat sel-sel lemak agar lebih mudah diakses oleh insulin. Selain itu, senyawa dalam kayu manis juga bermanfaat untuk meningkatkan konversi glukosa menjadi energi, dan menghamnbat pembentukan radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu, kayu manis berkhasiat untuk penyembuhan diabetes. Demikian ulasan mengenai obat herbal diabetes yang mampu menyembuhkan secara alami. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top