Tanaman Herbal Berkhasiat Untuk Demam Berdarah

Tanaman Herbal Berkhasiat Untuk Demam Berdarah

Musim hujan kali perlu benar-benar diwaspadai. Pasalnya, nyamuk demam berdarah kerap menyebar di saat musim penghujan dan menyebarkan virus dengue dalam gigitan nyamuk Aedes Aegepty, sehingga menimbulkan penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD yang lebih sering menyerang anak-anak. Yang lebih mengkhawatirkan, gejala awal DBD tidak nampak secara jelas dan sulit untuk dibedakan dengan penyakit lainnya. Secara spesifik, gejala penyakit DBD adalah demam tinggi mendadak 2-7 hari, badan menggigil dan nyeri untuk menggerakkan kedua mata, terdapat bintik-bintik merah, tekanan darah menurun sertaterjadi  penurunan trombosit hingga di bawah 100.0000/mm3. 

Obat herbal demam berdarah bekerja dengan kandungannya yang mampu meningkatkan trombosit dalam darah serta menyembuhkan penyakit DBD secara alami. Berikut ini tiga tanamn obat untuk mengatasi demam berdarah. Baca Juga : Obat Herbal Demam Yang Ampuh

Obat herbal demam berdarah

Jambu biji
Sudah menjadi rahasia umum bila jambu biji adalah buah andalan ketika demam berdarah menyerang. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa jambu biji mampu menghambat aktivitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue. Jambu biji mengandung tanin yang bisa menghambat enzim tersebut maupun DNA polymerase dari virus. Jambu biji juga mengandung minyak atsiri, minyak lemak dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Flavonoid dalam buah inilah yang mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sehingga menjadi perpaduan yang ampuh dalam mengatasi demam berdarah. Ekstrak daun kering jambu biji yang diberikan selama 5 juga mampu mempercepat pencapaian jumlah trombosit tanpa menimbulkan efek samping. Konsumsi buah jambu biji ini dapat menyembuhkan demam berdarah ringan. Selain langsung mengkonsumsinya, jambu biji juga dapat dinikmati dalam bentuk jus yang lebih nikmat. 

Meniran
Mungkin banyak yang belum paham dengan tanaman yang satu ini. Bernama ilmiah Phyllanthus Niruri, meniran merupakan tanaman obat yang berfungsi sebagai antivirus. Kandungan flavonoid, tanin, triterpenoid dan asam fenoleat merupakan sepaket ampuh untuk mengobati demam berdarah. Tidak hanya demam berdarah, meniran juga berfungsi sebagai anti-diare, anti-fungi dan penyakit gasttrointestinal.

Mengkonsumsi meniran sebagai obat herbal demam berdarah cukup mudah. Yakni dengan mmeminum rebusan meniran. Siapkan sebanyak 10 gram meniran beserta daun pegagan lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus keduanya dalam 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa 3 gelas. Minuman tersebut dapat dikonsumsi secara teratur sebanyak 3 kali sehari. Baca Juga : Tips dan Cara Mengobati Demam Pada Anak

Obat herbal demam berdarah

Angkak
Angkak adalah sejenis beras putih yang dibiakkan dengan menggunakan ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warnanya menjadi merah. Angkak mungkin sedikit terdengar asing, karena tanaman ini berasal dari Cina dan menjadi campuran masakan serta tanaman obat untuk mengatasi masalah kesehatan. Selain itu, angkak juga dikenal dengan nama Red Yeast Rice dan dijual dalam bentuk kapsul yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Untuk mengobati DBD, angkak memiliki cara kerja yang mampu menaikkan trombosit darah. Cara mengkonsumsi angkak ada dua pilihan, yakni diseduh dan direbus menjadi sup ayam angkak. Untuk menyeduhnya, 1 sendok makan angkak dapat diseduh dengan 2 gelas air. Sedangkan untuk membuat sup ayam angkak, ayam dapat direbus terlebih dahulu untuk mendapatkan kaldunya. Kaldu ayam lalu ditambahkan angkak sebanyak ½ hingga 1 sendok makan saja. Berikan bumbu penyedap lainnya agar sup tidak terasa hambar, seperti lada, garam, bawang putih serta minyak wijen. Obat herbal demam berdarah bentuk sup ini dapat juga dinikmati anggota keluarga lainnya.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top