Obat Herbal Demam yang Ampuh

Obat Herbal Demam yang Ampuh

loading...

Bila anak Anda atau orang dewasa mengalami demam, sebaiknya gunakan langkah-langkah sederhana dan obat herbal demam yang alami. Sebenarnya, demam adalah salah satu cara tubuh memberikan tanda atau sinyal bahwa sel darah putih sedang melakukan perlawanan terhadap gangguan tubuh. Meskipun demikian, demam kerap mengkhawatirkan terutama bagi ayah dan bunda yang anaknya mengalami kenaikan suhu tubuh yang tinggi dari biasanya. Gejala demam biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, tubuh yang berkeringat, gemetar, sakit di bagian kepala, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dehidrasi hingga kejang-kejang. (Baca juga: Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan)

Obat Herbal Demam


Selain anak-anak, demam juga kerap dialami oleh orang dewasa. Hal ini tentu menjadi masalah apalagi bila Anda tinggal sendirian dan tidak ada yang merawat. Nah, apa saja bahan alami atau obat-obatan herbal yang dapat digunakan untuk mengobati demam? Berikut ulasannya.

a. Bawang Merah
Obat herbal demam pada bayi yang cukup ampuh adalah bawang merah. Bawang merah banyak digunakan untuk meredakan demam terutama pada anak. Bawang merah yang bersifat panas dan basah mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metialiinm kaemferol, kuersetin serta floroglusin. Demam pada anak dapat diredakan dengan menggunakan bawang merah, yakni dengan mengupas 5 butir bawang merah yang telah dicuci untuk kemudian diparut. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun secukupnya ke dalam parutan bawang merah tadi. Parutan tersebut lalu dibalurkan ke tubuh, terutama pada ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan serta telapak kaki. Setelah itu istirahatkan anak agar obatnya bekerja.

b. Kunyit
Kunyit dipercaya memiliki khasiat untuk menanggulangi berbagai penyakit, salah satunya demam. Kapasitasnya yang setara dengan parasetamol dapat membantu menurunkan panas tubuh yang tinggi. Untuk dapat mengkonsumsi kunyit sebagai obat herbal demam, kunyit kuning yang dibersihkan lalu dikupas dan diparut. Air yang keluar dari perasan kunyit yang telah diparut dapat dicampur dengan madu atau gula kelapa untuk diminum.

c. Minyak Zaitun
Minyak zaitun yang bersifat dingin dan lembab memiliki kandungan omega dan vitamin yang banyak berkhasiat bagi kesehatan. Karena sifatnya yang dingin dan lembab, minyak zaitun dapat menjadi obat herbal demam tinggi yang baik, yakni dengan cara mengoleskan minyak ke tubuh yang menderita demam.

d. Teh Lemon
Teh dan lemon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Minuman teh yang dicampur dengan lemon akan membantu Anda meredakan demam dengan cepat, apalagi jika ditambah dengan madu. Minum campuran ketiga bahan tersebut agar demam Anda segera reda.

e. Madu
Madu memiliki beraneka khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk meredakan demam. Kandungan fruktosa dalam madu yang juga bersifat antibakteri dapat memperkuat sel darah putih. Sel darah putih yang kuat akan dapat melawan bakteri dan penyakit yang disebabkan oleh virus. Untuk meredakan demam, gunakan madu sebanyak 3 hingga 7 sendok makan yang dicampur dengan segelas air dingin. Minum sebelum makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Terapi menggunakan madu ini juga dapat dilakukan di pagi hari satu jam sebelum makan sebagai detoksifikasi.

obat herbal demam


Demikian tadi ulasan mengenai obat-obatan herbal yang dapat membantu meredakan demam.

Selain kelima bahan di atas, demam juga dapat diredakan dengan istirahat yang cukup dan minum air putih terutama air hangat. Minum air putih akan membantu tubuh tetap mendapat pasokan air yang cukup, sebab saat demam biasanya orang akan mengalami dehidrasi. Semoga artikel mengenai obat herbal demam kali ini bermanfaat.

Incoming search terms:


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top