4 Obat Herbal Sinusitis Manjur

4 Obat Herbal Sinusitis Manjur

loading...
Obat herbal sinusitis dapat menjadi solusi alternatif untuk menyembuhkan sinusitis. Sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus yang kerap ditemukan pada penderita dengan pilek menahun akibat alergi debu atau sari bunga. Selain itu, sinusitis juga disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat dalam semprotan hidung maupun bahan kimia lainnya yang dapat masuk melalui hidung.
Gejala-gejala umum yang dirasakan oleh penderita sinusitis diantaranya sakit kepala, nyeri di bagian wajah serta demam. Selain itu, gejala khusus juga ditandai dengan perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, batuk serta terasa nyeri saat menelan makanan. (Baca juga: Coba Sembuhkan Flu Tanpa Obat Ampuh)


Obat Herbal Sinusitis


Ada beberapa obat herbal dan cara sederhana untuk dapat menyembuhkan sinusitis secara alami, diantaranya:

Air garam
Para ahli merekomendasikan air garam sebagai obat alami sinusitis yang manjur, dengan cara meredakan peradangan, karena air garam mirip dengan sel tubuh manusia. Beberapa cara untuk menggunakan air garam sebagai obat herbal sinusitis adalah dengan menghirup uapnya atau menggunakan media netipot. Netipot adalah alat yang bentuknya mirip dengan teko yang ukurannya lebih kecil dan lehernya dapat dimasukkan ke dalam lubang hidung. Air hangat dengan campuran garam tanpa yodium sebanyak seperempat sendok teh  dimasukkan ke dalam netipot. Kemudian, alirkan air melalui ujung net poci ke salah satu lubang hidung sehingga air akan keluar dari lubang hidung sebelahnya. Lakukan lagi hal tersebut dengan bergantian dari lubang hidung yang sebelumnya. Misalnya, apabila sebelumnya memasukkan netipot melalui lubang hidung kanan dan keluar air dari lubang  hidung kiri, selanjutnya masukkan netipot melalui lubang hidung kiri.
Selain menggunakan media netipot, cara lain yang lebih sederhana adalah menyiapkan air mendidih dalam baskom kecil yang ditambahkan dengan garam secukupnya. Dekatkan wajah Anda dengan baskom sehingga uap air yang keluar dapat masuk ke rongga hidung anda. Agar lebih efisien, tutup bagian kepala sehingga uap air dapat mengumpul di sekitar wajah.
Terapi dengan air garam tersebut dapat dilakukan dua kali dalam sehari secara rutin untuk kesembuhan sinusitis.

Jelly Gamat
Jelly gamat adalah olahan dari tripang atau timun laut yang memiliki banyak kegunaan karena kandungannya yang lengkap, seperti omega 3, omega 6 dan 9 serta terdapat antiseptik alamiah dan anti peradangan. Salah satu kegunaan jelly gamat adalah sebagai obat herbal sinusitis, yang dapat Anda konsumsi 1 jam sebelum makan, yakni 2 sendok makan Jelly Gamat sekali minum 3 kali sehari. Akan lebih ampuh lagi apabila Anda menambahkan daun sambiloto untuk mengobati sinusitis.

Gurah
Terapi gurah membersihkan dan mengeluarkan lendir kotor, beracun dan mengandung berbagai kuman penyakit, sehingga terapi ini dapat digunakan untuk membersihkan lendir di rongga hidung. Dua cara yang dapat digunakan untuk pengobatan yakni dengan menelan kapsul gurah atau menggunakan gurah secara langsung. Kapsul gurah dapat ditemukan di tempat-tempat yang menjual obat-obatan herbal. Lendir akan larut dengan keringat atau keluar dari saluran pembuangan. Selain itu, anda dapat mencoba gurah secara langsung meski cara ini sedikit kurang nyaman. Ramuan khusus diteteskan ke dalam hidung sehingga syaraf tubuh bereaksi mengeluarkan lendir-lendir kotor dan beracun melalui rongga hidung atau mulut.

Obat Herbal Sinusitis


Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu lendir yang padat menjadi lebih cair atau tipis. Dengan demikian, lendir akan mudah dihilangkan. Cuka sari apel dapat mengatasi gejala awal sinusitis. Untuk menggunakannya, siapkan 1-2 sendok teh cuka mentah yang dicampur dengan sari apel pada 6 ons air atau satu sendok teh madu agar lebih manis. Minum 3 kali sehari selama 5 hari sebagai obat herbal sinusitis gejala awal.

Incoming search Terms:

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top