Fakta dan Tips Kesehatan Wanita Usia 30

Fakta dan Tips Kesehatan Wanita Usia 30

loading...
Menginjak usia 30 tahun memang usia yang cukup tua secara kronologis. Akan tetapi usia 30-an belum tentu tua secara biologis. Menurut ahli kesehatan, tubuh kita pada dasarnya memiliki organ yang dirancang agar dapat bertahan lama dengan syarat untuk dirawat dengan baik. Apabila kita tidak menjaga dan merawat tubuh dengan baik, hal itu akan berpengaruh pada kerusakan bagian tubuh. Meski belum terlalu jauh, wanita ingin tetap aktif dan produktif perlu mengetahui beberapa fakta pada usia 30-an.

Kesehatan wanita usia 30-an perlu dijaga dengan baik, sebab memasuki usia 30 tahun biasanya merupakan masa-masa dimana organ tubuh mulai menurun fungsinya. Bila tak dijaga dengan baik, penurunan organ tubuh dapat berjalan lebih cepat. Oleh karena itu, berikut ini beberapa fakta dan tips untuk menjaga kesehatan wanita saat memasuki usia 30 tahun. Baca Juga : Penyebab Kulit Menjadi Cepat Keriput

Kesehatan wanita usia 30

Kulit mulai menua
Usia yang mulai beranjak dewasa memang cukup lazim dengan kulit yang menua. Namun perlu diketahui bahwa sejak usia 30-an, kulit sudah mulai mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin yang menjadi unsur kecantikan kulit. Sehingga pada usia tersebut mulai terjadi perubahan struktur dan tekstur pada kulit. Selain menjaga asupan nutrisi dan minum air putih yang cukup, konsumsi  vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Selain itu, nutrisi untuk kulit juga didapat dari sayur dan buah-buahan yang terutama mengandung vitamin C. terapkan pola hidup yang sehat seperti tidak mengkonsumsi alkohol dan merokok. Bila ada perubahan atau terdapat bintik hitam, periksakan kulit untuk mengetahui permasalahannya.

Jaga kesehatan tulang
Kepadatan tulang biasanya mulai menurun di usia 30-an. Apalagi jika sebelumnya pernah merokok dan terdapat riwayat osteoporosis pada keluarga. Untuk menjaga kesehatan tulang yang mulai rawan, mulailah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga ringan sampai angkat beban dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Selain itu, cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin dalam tubuh. Konsumsi makanan sehat seperti yoghurt, ikan dengan omega 3-nya, kacang-kacangan serta sayuran hijau dapat menjaga kesehatan wanita usia 30 agar tulang tetap sehat dan aktivitas dapat terjaga dengan baik. Baca Juga : Macam - Macam Penyakit Tulang dan Penyebabnya

Jaga kesehatan jantung
Seiring bertambahnya usia, beberapa organ tubuh mulai perkurang kemampuannya, termasuk jantung. Sebagai salah satu organ tubuh yang penting, jantung perlu dijaga kesehatannya untuk menghindari resiko penyakit-penyakit berbahaya yang menyerang. Mulailah memeriksakan kesehatan dengan memantau kondisi tekanan darah, kolesterol dan lainnya. Selain itu, resiko penyakit jantung dapat dihindari dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti tomat, buah delima merah, ikan salmon, dark coklat dan makanan lain dengan kandungan flavonoid yang bermanfaat menjaga jantung tetap sehat.

Kesehatan wanita usia 30

Metabolisme tubuh
Sekitar 12 kalori yang biasa dibakar oleh tubuh setiap harinya mulai berkurang pada usia 30-an. Oleh sebab itu pada usia 30-an tahun cukup sulit untuk menurunkan berat badan. Hal ini dapat disiasati dengan beberapa aktivitas, seperti misalnya mengontrol asupan kalori. Selain mengurangi dan mengontrol porsi makan dari biasanya, asupan kalori dapat dikontrol dengan memperhatikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh setiap harinya. Jumlah asupan kalori yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari adalah antara 1800 hingga 2200 kalori. Selain mengurangi asupan kalori, konsumsi pula makanan mengandung protein cukup yang mampu menjaga asupan nutrisi yang cukup sebagai langkah penjagaan kesehatan wanita usia 30.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top