Makanan Sehat, Obat Alami untuk Jantung

Makanan Sehat, Obat Alami untuk Jantung

loading...
Makanan Sehat, Obat Alami untuk Jantung  - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ungkapan klasik tersebut memang  bukan sembarang ungkapan. Pentingnya menjaga kesehatan perlu dilakukan sejak dini, mengingat siapapun bisa terkena resiko penyakit. Apalagi penyakit jantung yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Sakit jantung memang bukan main-main, untuk itu mencegahnya sebelum terlambat menjadi hal penting yang perlu disempatkan. Menjaga jantung agar tetap sehat bisa dilakukan dengan cara-cara dan kebiasaan sederhana, seperti dari makanan yang kita makan sehari-hari. Baca Juga : Ciri Ciri Gejala Sakit Jantung

Makanan Sehat, Obat Alami untuk Jantung
stetoskop, Obat herbal untuk jantung

Obat herbal untuk jantung menjadi solusi alami untuk mengobati penyakit jantung. Selain itu, makanan berikut ini juga dapat memperbaiki kerusakan jantung. Berikut beberapa makanan sehat yang mampu menjaga jantung.

Dark Coklat
Banyak yang menganggap bahwa coklat hanya sebagai makanan atau camilan pemanis. Namun ternyata, coklat juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga jantung. Coklat dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler hingga serangan jantung. Coklat yang baik bagi jantung adalah dark coklat, yang belum mengandung gula sehingga lebih terasa manfaatnya. Biji cokelat alami mengandung flavanol tinggi yang sangat bermanfaat bagi jantung. Dark coklat sendiri mampu memperbaiki kelenturan pembuluh nadi yang mengeras dan mencegah menempelnya darah putih pada dinding pembuluh yang menjadi penyebab penyakit jantung. Salah satu perusahaan coklat di Swiss bahkan telah menyiapkan coklat khusus bagi jantung.

Kacang-kacangan
Kacang memang mengandung lemak yang tinggi, namun lemak tersebut adalah lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh terutama untuk menjaga jantung tetap sehat. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, kadar kolesterol dalam darah bisa diperbaiki dan menurunkan resiko hipertensi, sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Kacang yang dapat dikonsumsi antara lain kacang tanah, hazelnut, almond, walnut dan lain-lain.

Alpukat
Buah alpukat memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Betakaroten dan likopen dalam buah alpukat memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan jantung, yakni mampu menurunkan LDL yang disebut juga sebagai kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini biasanya menjadi penyebab penyumbatan pada pembuluh darah yang berakibat pada penyakit jantung. Konsumsi alpukat secara langsung atau dalam bentuk jus buah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. 

Buah Pengunungan
Mengkonsumsi buah pegunungan atau yang sering tumbuh di daerah dingin seperti stoberi dan blueberry ternyata mampu membantu fungsi jantung lebih baik. Selain kedua beri tersebut, jenis beri lainnya dapat menjadi obat herbal untuk jantung yang juga memiliki kandungan vitamin B yang mampu memperkuat otot jantung, serat yang tinggi dan zat antioksidan seperti flavonoid yang bermanfaat bagi jantung. Beri yang rendah lemak serta kandungan folat dapat mengurangi kolesterol secara efektif. Konsumsi beri-berian untuk menjaga jantung tetap sehat.

Obat herbal untuk jantung
Jantung, Obat herbal untuk jantung


Ikan salmon
Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Dengan demikian, ikan salmon membantu memperbaiki kerusakan jantung. Selain itu, mengkonsumsi ikan salmon juga dapat memperkuat otot-otot jantung dan tentunya mengurangi resiko serangan jantung.

Bawang putih
Meski kerap kita kenal sebagai bumbu dapur, tenyata bawang putih memiliki manfaat untuk jantung. Penelitian membuktikan bahwa minyak bawang putih dapat mencegah kardiomiopati, yakni penyakit jantung yang merupakan komplikasi yang disebabkan oleh diabetes melitus yang tidak terkontrol. Mengkonsumsi bawang putih dapat menjaga keutuhan jaringan jantung dengan kandungan 20 lebih senyawa yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, bawang putih juga termasuk obat herbal untuk jantung yang mampu menurunkan peradangan jantung.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top