Turunkan Hipertensi dengan Herbal dan Cara Alami

Turunkan Hipertensi dengan Herbal dan Cara Alami

Obat herbal hipertensi – Hipertensi merupakan penyakit dimana tekanan darah pada pembuluh darah naik dalam waktu yang cukup lama. Naiknya tekanan darah tersebut diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah, sehingga menyebabkan timbunan lemak dan zat lainnya. Selain faktor usia, hipertensi juga biasa disebabkan oleh faktor keturunan, konsumsi garam berlebihan, stres, obesitas hingga kurangnya berolahraga. Baca: Tips efektif bagi ibu hamil darah tinggi


Obat herbal hipertensi
Obat herbal hipertensi | Tensi

Berikut macam obat herbal hipertensi yang bisa anda coba dirumah : 


Penderita hipertensi biasanya mengkonsumsi obat-obatan sebagai penurun tekanan darah. Akan tetapi, penggunaan bahan kimia yang berlebihan dan terus menerus berdampak kurang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, obat herbal hipertensi maupun cara alami diperlukan dalam mengatasi hipertensi. Apabila dikonsumsi dengan benar secara teratur, herbal berikut ini bisa menjadi obat hipertensi dan jantung.

Ramuan Daun Salam
Memiliki nama lain Syzigium Polyanthum, daun salam bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain sebagai obat herbal hipertensi, daun salam juga menurunkan kadar gula darah yang cukup efektif. Cara mengkonsumsi daun salam, yang pertama adalah menyiapkan 10 lembar daun salam segar yang dicuci sampai bersih. Rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, diamkan sampai dingin. Saring sari daun salam untuk diminum secara rutin hingga hipertensi sembuh. 

Bawang Putih
Seorang peneliti di Amerika telah membuktikan bahwa bawang putih yang diujikan dalam sebuah meta-analisis pengobatan darah tinggi menunjukkan pengurangan yang signifikan, yakni pada tekanan darah sistolik maupun diastolik. Tidak hanya itu, bawang putih juga mampu melancarkan peredaran darah oleh khasiatnya yang dapat mencairkan sel darah pekat. Oleh karena itu, bawang putih termasuk obat herbal hipertensi yang manjur.

Mengkudu
Tanaman yang satu ini memang biasa digunakan sebagai herbal, termasuk obat herbal hipertensi dan kolesterol. Bernama lain Morinda Citrifolia L., mengkudu dapat menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Untuk dapat mengkonsumsi buah mengkudu sebagai obat herbal hipertensi, terlebih dahulu pastikan buah mengkudu yang akan digunakan sudah matang. Blender sampai halus, lalu ambil sarinya dan campur dengan madu. Minum ramuan mengkudu tersebut setiap pagi sebelum sarapan. Baca: Manfaat Hebat Daun Alpukat Untuk Hipertensi

Tidak hanya menggunakan herbal, hipertensi juga bisa diatasi dengan pola hidup sehat yang sesuai sebagai berikut:

Konsumsi buah-buahan berkalium
Salah satu penyebab hipertensi adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam. Sedangkan buah pisang mengandung kalium yang mampu menangkal efek buruk sodium. Menurut sebuah penelitian dari Dietary Guidelines for Americans, penderita hipertensi harus mencukupi kebutuhan jumlah kalium dalam konsumsinya. Orang dewasa membutuhkan 4.700 miligram kalium dalam sehari. Mengkonsumsi buah pisang dapat memenuhi kebutuhan kalium sebanyak 422 miligram. Tidak hanya pisang, buah jeruk juga mampu memenuhi 496 miligram percangkir, yoghurt (tanpa atau rendah lemak) dapat memenuhi 531 sampai 579 miligram per 8 ons dan kentang panggang dengan kulit sebanyak 738 miligram.

Turunkan Berat Badan
Penyebab hipertensi yang lain adalah obesitas, sehingga menurunkan berat badan dengan diet yang sehat perlu dilakukan. Penurunan berat badan meskipun sedikit akan mempengaruhi tekanan darah. Sebab, kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras dan mengakibatkan hipertensi. Oleh karena itu, dengan konsumsi obat herbal hipertensi dan pola hidup yang sehat akan mengatasi hipertensi secara alami. 

Lakukan Olahraga
Salah satu penyebab hipertensi adalah kurangnya berolahraga. Menurut ahli jantung dari Mayo Clinic Florida, olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara efektif. Orang yang aktif secara fisik biasanya dapat mengurangi konsumsi jumlah asupan obat hipertensi. Olahraga bisa dilakukan secara sederhana sesuai selera, misalnya jogging, bersepeda atau berenang, dan juga melakukan yoga. 

Turunkan Hipertensi dengan Herbal dan Cara Alami
Bersepeda Obat herbal hipertensi

Demikian informasi seputar obat herbal hipertensi dan cara alami mengatasinya. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top