Tips dan Nutrisi Penting untuk Wanita Usia 40-an

Tips dan Nutrisi Penting untuk Wanita Usia 40-an

loading...
Kesehatan wanita usia 40 adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum atau sudah memasuki usia tersebut. Resiko penyakit di usia senja perlu dicegah sejak dini. Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga, makan makanan bergizi dan tidur yang cukup, resiko penyakit seperti osteoporosis, diabetes, obesitas maupun penyakit jantung dapat dikurangi. 

Istirahat yang cukup perlu diterapkan. Sebab usia 40-an adalah permulaan usia senja, maka gunakan waktu sebaik mungkin agar nantinya tetap produktif di usia senja. Dengan mengistirahatkan tubuh atau todur selama 7 hingga 8 jam dalam sehari, tubuh akan terbantu untuk meregenerasi sel dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Berkonsultasi dengan dokter akan membantu memantau kondisi kesehatan. Baca Juga : Tips Mengatasi Kulit Kusam

Kesehatan wanita usia 40

Selain itu, mulailah memperhatikan asupan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan wanita usia 40-an. Penyakit-penyakit yang bisa saja menghinggapi, seperti dampak menopause, osteoporosis hingga penyakit jantung setidaknya mampu dicegah dengan asupan nutrisi dari vitamin.
Nah, oleh sebab itu berikut ini beberapa referensi nutrisi yang bisa disiapkan dan bermanfaat di usia 40-an.

Vitamin A
Vitamin A sangat dibutuhkan pada usia 40, karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan dengan kandungan vitamin A seperti kentang, wortel dan sayuran lainnya yang kaya akan serat. Serat mampu mengurangu koleterol jahat penyebab penyakit.
Kalium berguna untuk mencegah penyakit jantung, dan vitamin D serta kalsium akan melindungi Anda dari osteoporosis.

Magnesium
Untuk menyeimbangkan sistem syaraf, buah alpukat serta pisang dengan kandungan magnesium dapat memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan wanita usia 40.

Vitamin E
Kulit yang mulai menua penting untuk diperhatikan. Selain menjaga kulit tetap sehat, vitamin E yang biasa terkandung dalam brokoli, kacang almond, alpukat maupun tahu juga bisa mencegah stres pada wanita. Kacang almond sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, hati, tulang dan gigi. Telur yang mengandung vitamin E juga membantu penyerapan kalsium. 

Vitamin B
Vitamin B memiliki sumber energi yang dibutuhkan tubuh, terutama bila gemar beraktivitas. Bayam, salmon dan kentang adalah contoh makanan yang mengandung vitamin B.

Vitamin D
Tak hanya dari asupan makanan dalam tubuh, vitamin juga dibutuhkan dari energi matahari. 15 menit saja dalam sehari mampu menambah jumlah vitamin D yang bermanfaat menjaga tulang dan kesehatan tubuh. selain itu, mengkonsumsi makanan seperti susu maupun salmon juga mampu meningkatkan asupan vitamin D dalam tubuh. Baca Juga : Macam Suplemen Untuk Merawat Kulit dari Dalam

Vitamin B12
Rawannya usia 40-an terhadap ancaman penyakit harus mulai diperhatikan dengan asupan makanan yang baik, salah satunya vitamin B12 yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit terutama hati. Tambahkan menu telur dan daging sebagai makanan yang kaya akan vitamin B12. Telur mampu membantu penguatan gigi dan tulang.

Kesehatan wanita usia 40

Zat besi
Anemia atau kurang darah menjadi penyakit yang kerap dialami sebagian besar wanita, apalagi yang sudah menginjak usia 40-an. Dengan menambah asupan zat besi dari konsumsi bayam dan brokoli, kadar zat besi dalam tubuh mampu bertambah untuk membuat tubuh lebih sehat.

Vitamin C
Vitamin C juga penting untuk tubuh, yang juga dapat meningkatkan daya penglihatan. Vitamin C dapat ditemukan pada buah alpukat yang bermanfaat bagi kulit serta buah jeruk yang segar dan mudah didapat. Konsumsi buah jeruk sebagai salah satu buah-buahan yang rutin dikonsumsi untuk menjaga kesehatan wanita usia 40-an.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top