Tips Diet Berhenti Merokok yang Ampuh

Tips Diet Berhenti Merokok yang Ampuh

loading...
Bahaya merokok memang perlu disadari sejak dini. Akan tetapi, tidak serta merta kebiasaan merokok yang selalu dihantui dampak negatif berupa masalah kesehatan itu bisa langsung dihentikan begitu saja. Karena sudah terlalu lama kecanduan, kadang keinginan untuk berhenti merokok atau quitting smoking cukup sulit dilakukan. Namun, jika dalam diri sudah berniat keras untuk berhenti, maka jalan keluar akan didapati. Salah satunya dengan perubahan kecil yang akan membantu mengganti gaya hidup agar lebih sehat. Baca Juga : Tips Mengatasi Nyeri Pada dada

diet tips for quitting smoking

Diet tips for quitting smoking adalah salah satu cara ampuh untuk mengurangi kecanduan rokok. Diet untuk berhenti merokok ini dapat dilakukan dengan bantuan makanan sehari-hari atau kebiasaan kecil yang bisa dilakukan, diantaranya:

Berpikir positif
Sebab segala sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang tak mengecewakan, yakinlah bahwa usaha Anda tak sia-sia. Berpikirlah positif untuk terus meyakinkan diri bahwa Anda bisa melakukannya dengan baik.

Buat jadwal
Sebelum memulai segala sesuatunya, awali kegiatan Anda dengan menjadwalnya terlebih dahulu. Terlebih soal makanan apa saja yang perlu Anda konsumsi untuk membantu progra, diet quitting smoking ini.

Ganti makanan
Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, beberapa makanan termasuk daging yang Anda makan sebelum merokok membuat aktivitas merokok lebih memuaskan. Sedangkan makanan lainnya justru bisa membuat aktivitas merokok anda terasa mengerikan. Oleh karena itu, mulailah mengganti makanan untuk dapat berhenti merokok dengan maksimal. Berikut ini daftar makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum merokok agar saat merokok rasanya tidak lagi menyenangkan:

1. Sayuran
Cobalah mengkonsumsi sayuran seperti seledri atau wortel sebagai diet tips for quitting smoking sebelum merokok. Makanan tersebut akan memberikan rasa pahit setelah Anda merokok, sehingga menurunkan selera Anda untuk merokok dan mampu memadamkannya.

2. Vitamin C
Buah jeruk, lemon maupun jambu yang dikonsumsi akan menurunkan keinginan Anda untuk merokok. Sebab, kerika tidak sedang merokok, vitamin C akan menggantikan nikotin yang biasa didapatkan daat merokok

3. Makanan asin
Saat keinginan untuk merokok terasa kuat, cobalah makan makanan ringan yang rasanya asin. Selain itu ada cara yang lebih mudah, yakni berikan sedikit garam di ujung lidah. Ini ternyata mampu memadamkan keinginan Anda untuk merokok.

4. Buah kering
Buah-buahan kering seperti anggur kering, kismis, cranberry, buah ara serta buah plum memiliki aroma yang mampu mencegah dorongan untuk melanjutkan rokok. Buah-buahan kering tersebut, selain dapat mengurangi keinginan merokok juga memiliki jumlah antioksidan yang lebih banyak dari buah-buahan segar, yakni dua kali lebih banyak. Baca Juga : Manfaat Lari Pagi atau Jogging

diet tips for quitting smoking

5. Kunyah permen
Mengunyah permen karet membuat mulut anda akan sibuk mengunyah. Dengan demikian, rasa atau dorongan untuk merokok bisa sedikit ditanggulangi dengan aktivitas mulut yang sibuk mengunyah. Bila Anda kurang suka permen karet, permen bebas gula juga dapat menjadi pilihan lain. Selain permen, Anda juga bisa menggunakan sedotan minuman sebagai pengganti rokok yang biasa anda pegang serta membuat mulut tetap sibuk.

Minta dukungan
Faktor lingkungan biasanya menjadi pengaruh yang cukup kuat dalam aktivitas merokok yang biasa dilakukan. Cobalah meminta dukungan dari orang-orang di sekitar Anda agar berhenti merokok. Dengan dukungan dari orang-orang tersayang di sekitar, mereka akan senantiasa mengingatkan dan membantu prodram diet tips for quitting smoking yang Anda lakukan berjalan dengan lancar.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top